Tuesday 30 August 2022

Inspiring Indonesia Look 2022

 

Berlima Entrepreneur
Berlima Entrepreneur

Saya mengenal Berlima Entrepreneur sejak bulan April 2022 yang lalu, untuk meliput Mini Show tentang “Perempuan berkarya menuju ekonomi kreatif sebagai pilar perekonomian masa depan menuju Empowerment Womens". Masih teringat dengan masa pandemi covid-19, dimana perekonomian turun drastis, tentunya tidaklah mudah untuk bangkit mengatasi kesulitan keuangan yang dialami masyarakat.

 

Saat ini Teknologi dan Informasi berkembang sangat pesat, karena itu gunakan sebaik mungkin teknologi yang ada. Sama halnya dengan Berlima yang mempunyai tagline “Ekonomi Kreatif di tangan perempuan berkarya” dengan misi pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi kreatif berbasis teknologi dan komunitas.

 

Inspiring Look 2022
Inspiring Look 2022

Nah … untuk membuktikan perempuan berkarya, Berlima Entrepreneur menggelar Inspiring Indonesia Look 2022 di Mardin Fine Baklava Café – Kemang Jakarta. Di acara ini juga menampilkan Guest Speaker yaitu :

è Ina Rachman, S.H, M.H sebagai Professional Lawyer & Business Owner mengatakan sebagai perempuan karir, banyak tantangan yang harus dihadapi, namun harus tangguh menghadapinya. Ina Rachman juga pernah mengalami kegagalan, karena itu Ina Rachman memberikan tips kunci sukses : Jaga keluarga, Jaga circle pertemanan dan jangan lupa berdoa. Kemudian Ina Rachman memberi quote kepada kita semua “Jangan pernah mengambil keputusan disaat emosi dan jangan pernah memberi janji disaat senang atau bahagia, karena otak kita akan berjalan dengan suasana hati” 

Ina Rachman, S.H, M.H
Ina Rachman, S.H, M.H


Nirmala Chandra
Nirmala Chandra

è Nirmala Chandra adalah seorang penggiat “Perempuan Berkebaya Indonesia”. Beliau bercerita bahwa kebaya itu berawal dari kemben yang dilampirkan selendang, kemudian kemben itu dijahit hingga akhirnya membentuk kebaya berbentuk kutu baru. Nirmala Chandra menekankan pentingnya menjaga warisan budaya Indonesia supaya tidak diklaim oleh negara lain. Untuk itu Nirmala Chandra mendukung gerakan Kebaya goes to Unesco. Beliau berharap semoga pemerintah secepatnya mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, dan seharusnya generasi muda peduli serta cinta warisan budaya yaitu kebaya, karena kebaya itu mempunyai nilai-nilai luhur budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.

 

Fashion Show 3 Designer

 

Brand Classy By Julia Warman
Brand Classy By Julia Warman

Julia Warman menampilkan koleksi “Stay Simple Classy” dengan menggabungkan icon-icon khas Indonesia ke dalam baju rancangan-nya yang bergaya modest, dimana modest fashion itu merupakan gaya busana yang tidak mengekspos lekuk tubuh, tertutup tapi tetep modis. Koleksi Stay Simple Classy ini, Julia Warman menggunakan warna hitam dan putih yang terinspirasi dari nilai kehidupan dengan tema Brand Classy By Julia Warman dan inilah sekelumit arti dari hitam putih :

Dimana Hitam putih tidak sekedar Gelap dan Terang,Kotor dan bersih,

Hitam dan Putih memiliki makna lebih dalam lagi, Sebagai

Perlindungan dan Kedamaian, Keanggunan dan Kerendahan hati,

Kekuatan dan Pengampunan.

 

”Party Lover by Kia Fashion”
Party Lover by Kia Fashion

Kia Wael seorang desainer menampilkan koleksi dengan tema ”Party Lover by Kia Fashion” merancang busana dengan penuh warna ceria.

 

Martha Sumanjuntak designer dari brand Chathaulos menghadirkan gaya fashion terupdate dengan design Baju Ethnic yang merupakan kombinasi Ulos dan jenis kain lainnya dengan tema “Ethnic with K.I.S.S“ (Keep It Simple Self)

Ulos dikenal sebagai kain khas dari suku di Sumatera Utara yaitu Batak. Kain ulos ini kerap digunakan pada upacara adat, pada awalnya kain ulos ini digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat Batak. Kain ulos ini dipakai untuk pengganti baju maupun sarung, bisa juga dipakai sebagai penutup kepala hingga selendang.

 

“Ethnic with K.I.S.S“ (Keep It Simple Self)
“Ethnic with K.I.S.S“ (Keep It Simple Self)

Ulos Sadum dengan warna-warna cerah menjadi pilihan karena memiliki motivasi yang kuat dalam bersuka cita dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dipadukan dengan jenis kain corak etnis ulos tidak lagi terkesan kuno. 

Outerwear Ulos Kombinasi, dapat dijadikan sebagai dress atau baju terusan maupun luaran dari mini dress menciptakan tampilan yang memberikan kesan chic dan keren dalam segala suasana. Bargaya ethinc, nyaman dipakai, simple, bebas dan tidak membosankan    

Martha Simanjuntak menerapkan konsep Zero Waste Fashion dalam design design-nya, dimana sisi potongan bahan dirancang menjadi pakaian sejak awal proses. Penerapan zero waste fashion untuk meminimalisir limbah produksi busana. Tidak hanya bentuk pakaian, namun juga dalam bentuk kreatifitas lain seperti : belt (tali pinggang dan obi), topi, kalung dan fashion bag

 

Salah satu lelang baju karya Chathaulos
Salah satu lelang baju karya Chathaulos

Content Creator
Content Creator

Di acara penghujung diadakan lelang baju hasil karya designer untuk charity. Tak ketinggalan terdapat juga undian doorprize dengan hadiah menarik. Selain itu di lantai 2 ada bazar terdapat baragam kain etnik berupa tenun ulos, kriya, tas batik batak dan fashion lainnya bisa dilihat dan dibeli. Sampai jumpa di Inspiring Indonesia Look berikutnya.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No.085779065707

Email : sumniyatisapriasih@yahoo.com

 

 

20 comments :

  1. Aakkkk kece² semuaaaa nih, karya desainer keren sih yaa

    Klo bu Martha cathaulos ada showroom nya d Sby, bagus2 bgt beneran bikin makin cinta wastra nusantara

    ReplyDelete
    Replies

    1. iya memang betul surabaya adalah showroom chathaulos

      Delete
  2. Seru banget acaranya ya mbak. Selain menginpirasi kita sebagai wanita untuk semangat berkarya juga jadi moment cuci mata liat kain tenun yang dijajakan. Btw di rumah juga ada limbah kain setelah buat pakaian sama mamaku dibuat obi juga jadi gak kebuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ternyata mamanya kak dessy seorang penjahit juga ya ... pastinya banyak koleksi pakaian jadi, bisa tuh kakak dipasarkan lewat online

      Delete
  3. jadi inget Anne Avantie
    bedanya Anne bergerak sendirian dan merangkul perempuan2 UMKM
    (termasuk penyandang difabel), kemudian barengan bikin pameran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dukung UMKM Indonesia untuk memajukan keuangan agar bangkit lagi

      Delete
  4. Hitam putih memang gak hanya sekadar terang dan gelap saja, tapi warna-warna ini adalah warna yang bagus untuk dikenakan dalam setiap kesempatan. Suka dengan koleksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi Designer Julia Warman, dengan warma hitam puitih memenag lebih elegan

      Delete
  5. Empowerment melalui karya desain dan fashion, menginspirasi pemberdayaan ekonomi dan usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dukung UMKM Indonesia dengan cara membeli produk lokal

      Delete
  6. Bagus banget ini acaranya ya Bu. Inspiring Indonesian Look. Kisah perempuan Indonesia yang menginspirasi. Saya juga suka nih Liat Kain ulos yang jadi fashion woman. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kain ulos sekarang sudah menjadi puat perhatian untuk produk mulai dari tas hingga fashion

      Delete
  7. Fashion show yang diselenggarakan Berlima Entrepreneur dalam Inspiring Indonesia Look 2022, ini sangat menginspirasi sekali. Model baju menggunakan kain Ethnic kombinasi Ulos, akan membuktikan bahwa meski kain motif Indonesia, nyatanya tetap bisa mewarnai keseharian para wanita Indoonesia di berbagai suasana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motivasi baru dari kain ulos bisa digunakan karya terbaik dalam fashion show

      Delete
  8. Aku suka deh kalau ada designer yang pakai kain Ethnic karena khas gitu rasanya.

    ReplyDelete
  9. 3 designer yang cerdas dengan inovasi baru dari kain ulos menjadi koleksi ethnic yang khas

    ReplyDelete
  10. Keren event nya untuk charity. Desainnya juga unik dengan konsep etnik, indonesia banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khas Daerah Batak khusus Ulos designer Martha Simanjuntak

      Delete
  11. Wah ini para desainer Indonesia yang sangat keren ya mbak. Dari kain ulos daerah Menjadi sangat luar biasa hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 designer yang luar biasa inovasi baru, bahan dari kain ulos Sumatra Barat

      Delete