Sunday, 18 September 2022

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

 

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja
Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Hi … moms kita jumpa lagi di pembahasan kesehatan, kali ini kami hadir di liputan offline berlokasi di SMP SMA Pancar Bhakti – Bogor dengan tema GEMAS (gerakan remaja sehat) untuk Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja . 

Selaku sekretariat bagian ilmu kedokteran komunitas dr. Nia Reviani, MPAS mengatakan bahwa acara ini rutin dilakukan 10 minggu sekali yang dilakukan oleh FKUKI sebagai salah satu bagian matakuliah ilmu kesehatan masyarakat yang wajib dijalankan oleh seluruh Co-ass. 

Kegiatan ini merupakan salah satu penilaian dari ilmu kesehatan masyarakat, dimana kita mulai menyusun kegiatan dari merencanakan, melaksanakan dan juga mengevaluasi, ini adalah salah satu kejasama pemerintah daerah untuk mendukung program yang ada di daerah masing masing. 


Setelah pembukaan dari ketua pelaksana, kepala bagian IKM dan kepala sekolah, Kegiatan dimulai dengan permainan Ice breaking yaitu sebuah kegiatan untuk memecahkan kebuntuan dan pencairan suasana. Permainan ini dilakukan sebelum penyuluhan agar pelajar tidak bosan untuk mendengarkan penyuluhan yang akan disampaikan oleh Oviani Rezanti, S.Ked, Valentine Kanetty, S.Ked, Reggina Rahma Hayati, S.Ked dan Fricisilya Meilynda, S.Ked. 


Siswa siswi SMA Pancar Bhakti - Bogor
Siswa siswi SMA Pancar Bhakti - Bogor


Kesehatan Reproduksi Remaja 

Masa remaja merupakan masa transisi yang unik ditandai oleh berbagai perubahan fisik emosi dan psikis, dengan perubahan secara cepat yang tidak seimbang merupakan perubahan kejiwaan. Perubahan yang terjadi pada laki-laki adalah keluarnya air mani / ejakulasi atau mimpi basah, sedangkan pada perempuan terjadinya haid pertama (menarce). 


Permasalahan Organ Reproduksi 

Permasalahan organ reproduksi pada perempuan terjadinya keputihan, biasanya keputihan yang bertekstur kering, itu dalam masa tidak subur, bila terjadi infeksi (trikomoniasis) keputihan berwarna kuning, tebal tidak berbau busuk, dan keputihan berwarna kecoklatan yang disertai keluar darah setelah menstruasi berakhir, flek yang lebih berat akan berindikasi keguguran. Keputihan yang normal itu, tidak berwarna, amis, tekstur sesuai siklus mens, tidak gatal, tidak perih ataupu panas/terbakar.

 

Organ intim Manusia

Tips Menjaga dan Merawat Organ Intim Perempuan :

1. Membasuh vagina secara rutin -> membasuh atau membersihkan vagina yang benar dapat dilakukan dari arah vagina menuju ke anus (dari depan ke belakang)

2. Menjaga keseimbangan pH alami vagina -> hindari pemakaian sabun berpewangi, gel atau antiseptic karena dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik pada vagina

3. Membersihkan vagina saat menstryasi -> bersihkan vagina 2 kali sehari dengan rutin membasuh dan mengganti pembalut saat sudah terasa lembab atau basah

4. Menggunakan pelindung saat berhubungan seksual -> penggunaan kondom, penting dilakukan saat hendak berhubungan seksual dengan pasangan yang sudah sah, untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual     

5. Menggunakan pakaian dalam yang tepat -> gunakan celana dalam berbahan katun agar memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan dapat menyerap keringat

6. Mencukur bulu kemaluan seperlunya -> saat mencukur, gunakan gel atau krim khusus saat mencukur bulu kemaluan, agar vagina tidak lecet.

 

Tips Menjaga dan Merawat Organ Intim Pria

è Rajin mandi dan bersihkan daerah kemaluan 2x sehari

è Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat

è Pilih pakaian dalam yang nyaman dan berbahan yang menyerap keringat

è Rutin memotong rambut kemaluan

è Ganti pakaian dalam 2x sehari atau segera ganti jika kotor

è Sirkumsisi / sunat untuk menghindari infeksi

 

Ovoani Rezanti, S.Keb
Oviani Rezanti, S.Keb

Target penyuluhan bagi Oviani Rezanti, S.Keb sebagai pemberi materi adalah memberikan wawasan dan pengetahuan bagi siswa siswi semasa pubertas untuk lebih memahami arti kesehatan reproduksi, karena organ intim bagi perempuan dan laki laki adalah modal masa depan, dimana organ intim sangat penting sekali  untuk kelanjutan hidup seperti keturunan dengan anak yang lebih sehat untuk menuju masa depan bangsa


Di akhir acara ini dr. Nia Reviani, MPAS memberikan statement bahwa dokter harus melayani masyarakat dengan hati sesuai tagline FKUKI “melayani dengan hati” Nah … sampai disini dulu review penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, sampai jumpa di liputan kami berikutnya

 

Salam Blogger

 

Sumiyati Sapriasih

085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

36 comments :

  1. Jaga organ intim agar terhindar dari bakteri maupun virus apalagi bisa memicu kanker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus dijaga organ intim karena kebersihan adalah pangkal kesehatan

      Delete
  2. Meski ada pelajaran yang membahas tentang reproduksi tapi memang menurutku perlu tambahan. Supaya nggak segan juga dalam tanya jawab ya kan. Bagus nih kegiatan seputar reproduksi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia remaja memang harus diberi edukasi tentang penyuluhan kesehatan reproduksi agar dapat menjaga diri lebih waspada terhadap pergaulan bebas

      Delete
  3. ternyata pemahaman reproduksi remaja ini gak cuman ditujukan kepada remaja putri yaa, remaja putra pun harus mengerti dan tahu tentang kesehatan reproduksi mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, kalau tidak dibekali dengan ilmu meraka awan terhadap organ intim bagaimana cara menjaga dan memberishkan organ intim tersebut

      Delete
  4. Sosialisasi menjaga kesehatan reproduksi pada remaja itu penting ya Bu
    Agar mereka bisa menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, dengan pembekalan ilmu tentang organ intim mereka lebih paham tentang menjaga dan merawat organ intim mereka

      Delete
  5. Saya agak ambigu dengan poin nomor 4 pada tips merawat organ intim wanita, Mbak.. soalnya ini kan untuk remaja ya.. jadi tips penggunaan pelindung saat berhubungan seksual rasanya kurang tepat bagi mereka yang belum menikah.. Tapi materi dari penyuluhan ini pasti sudah melalui pertimbangan yang ketat, jadi mungkin ada alasan kuat kenapa ada tips seperti itu yang disarankan bagi remaja ya, Mbak.. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak Remaja se-usia SMA memang harus dibekali dengan penyuluhan kesehatan reproduksi karena agar mereka lebih paham lagi

      Delete
  6. Memang harus sejak remaja peduli dengan kesehatan reproduksi. Karena jangan sampai menyesal di kemudian hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Organ intim merupakan sangat penting untuk kehidupan mereka dimasa yang akan datang, agar tidak salah langkah

      Delete
  7. Masya Allah FKUI hebat ya, terjun langsung ke lapangan utk menyasar ke generasi muda supaya lebih peka dgn kesehatan reproduksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. FKUKI melakukan penyuluhan reproduksi setiap 10 minggu dilakukan untuk para Co-ass

      Delete
  8. wah kerennn...
    selama ini masalah organ reproduksi selalu dianggap tabu
    sehingga mayoritas remaja kurang memahami cara memeliharanya
    sementara kemampuan sekolah untuk memberi bimbingan tersandung tenaga ahli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, karena itu FKUKI memberikan penyuluhan kepada siswa siswi SMP SMA Pancar Bhakti - Bogor untuk memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi, bagaimana cara membersihkan dan merawat organ intim

      Delete
  9. Kesehatan tubuh terutama bagian ini harus diperhatikan, benar-benar diperhatikan ya. Keren banget FKUI melakukan penyuluhan reproduksi setiap 10 Minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener memberikan penyuluhan setiap 10 minggu sekali kepada siswa siswi agar meraka lebih memahami cari membersihkan dan merawat organ intim

      Delete
  10. Wah baru kali ini saya lihat ada juga penyuluhan untuk laki-laki ya.
    Iya dong, harus sama sama dirawat masa maunya cew aja yang dirawat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada intinya organ intim wanita maupun pria sama sama harus dijaga dan dirawat agar tidak terjadi infeksi virus yang menular

      Delete
  11. Remaja pada masa pubertas memang perlu mendapat edukasi ini, karena dengan informasi yang tepat akan berpengaruh pada kebiasaan mereka mendatang hingga dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena orga intim merupakan masa depan yang harus dirawat dan dijaga agar kelak nanti ketika mempunyai keturuna lebih sehat

      Delete
  12. Bagus juga penyuluhan kesehatan seperti ini ya, Bu. Biar para remaja perempuan atau laki-laki tahu bagaimana cara menjaga kebersihan atau kesehatan reproduksinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila remaja sudah mendapatkan penyuluhan ini, maka kehamilan diluar nikah tidak akan pernah terjadi

      Delete
  13. Seperti kata mbak Elisa, saya pun agak mikir di poin menggunakan pelindung sih, karena ini kan remaja yaa. Usia SMP dan SMA, mungkin poin ini pun perlu dijelaskan lagi, bahwa hubungan seksual tersebut hanya dilakukan suatu saat nanti, dengan pasangan yang sah. Hehehe. CMIIW. Tapi di luar itu, pastinya semua edukasi yang disampaikan bermanfaat banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke kakak terima kasih atas kunjungannya di blok kami

      Delete
  14. Seperti kata mbak Elisa, saya pun agak mikir di poin menggunakan pelindung sih, karena ini kan remaja yaa. Usia SMP dan SMA, mungkin poin ini pun perlu dijelaskan lagi, bahwa hubungan seksual tersebut hanya dilakukan suatu saat nanti, dengan pasangan yang sah. Hehehe. CMIIW. Tapi di luar itu, pastinya semua edukasi yang disampaikan bermanfaat banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. edukasi ini sangat penting, agar para remaja mengetahui tentang kesehatan reproduksi

      Delete
  15. Bagus nih programnya, memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi pada para remaja. Semoga waktunya lebih diperbanyak lagi ya, bukan cuma 10 bulan sekali dan menyasar makin banyak sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegiatan ini dilakukan oleh FK UKI dalam waktu 10 minggu sekali untuk penyuluhan reproduksi remaja

      Delete
  16. Penting ya edukasi ini , shg semua tahu tentang kesehatan reproduksi yang bisa cegah banyak hal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan penyuluhan yang dilakukan oleh FKUKI remaja semakin lebih paham tentang reproduksi organ intim

      Delete
  17. Masa remaja, masa pubertas adalah masa transisi, dimana terjadi perubahan hormonal termasuk hormon yang berhubungan dengan organ genital. Perubahan ini membuat kesehatan reproduksi jadi berubah. Harus bisa jaga kebersihan dan kesehatan. Edukasi yang benar sangat diperlukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang penyuluhan Kesehatan reproduksi harus disampaikan kepada generasi remaja agar masa depan mereka lebih baik

      Delete
  18. Program yang keren. Apalagi kemaren-kemaren banyak info beredar tentang kasus HIV/AIDS di beberapa kota yang meningkat. Penyuluhan begini semoga bisa menekan itu. Supaya remaja tahu konsekuensi dari hal-hal negatif yang mungkin dilakukan. Semoga semakin banyak digelar ya program begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Penyuluhan Reproduksi Organ intim terhadap remaja harus tetep di edukasikan agar para remaja lebih memahami tentang cara menjaga dan membersihkan organ intim tersebut

      Delete