Saturday, 23 April 2022

Mini Show Berlima Enterpreneur Part 1

 

Shanty, Febriana, Selvi, Rukia Wael, Sumiyati, Erika
Shanty, Febriana, Selvi, Rukia Wael, Sumiyati, Erika

Awal berdirinya Berlima Enterpreneur dari persahabatan dengan pertemuan arisan bulanan dan membentuk perempuan berkarya menuju ekonomi kreatif sebagai pilar perekonomian masa depan menuju Empowerment Women’s (pemberdayaan perempuan)

Pemberdayaan perempuan adalah sebuah gerakan yang melibatkan rasa hormat, kemuliaan dan pengakuan terhadap semua perempuan, karena saat ini perkembangan internet di Indonesia sangat pesat dan telah menyebabkan transformasi di berbagai bidang, seperti pendidikan, sosial dan budaya. Anggota Berlima Enterpreneur terdiri dari Ibu Martha Simanjuntak, Fitri Wigati Mumpuni, Yulie Anita Bangun, Rukia Wael dan Yulia Warman. Rukia Wael menjelaskan bahwa Berlima Enterpreneur mempunyai fashion berbeda yaitu :

1.     Fitri Wigati Mumpuni sebagai marketing komunikasi

2.     Yulie Anita Bangun sebagai bendahara

3.     Martha Simanjunta sebagai designer brand Cathaulos dan membangun aplikasi ecommerce yang nantinya para designer lokal juga bisa bergabung mempromosikan dan menjual produknya

4.     Yulia Warman sebagai designer brand Julia Warman

5.     Rukia Wael sebagai designer brand KIA Fashion dan MUA Hairdo


Berlima Enterpreneiur
Berlima Enterpreneur


Fitri Wigati Mumpuni

Setelah melalui wawancara dari Fitri Wigati Mumpuni bahwa Berlima Enterpeneur terbentuk dari grup arisan yang sudah 7 tahun, mereka berinisiatif untuk menjadikan dirinya sebagai Empowerment Women’s. Rencana-nya mereka akan membuat evet fashion dan lomba di bulan agustus 2022 yang akan datang, dan akan memberikan edukasi kepada perempuan-perempuan agar mau berkarya membuat produk lokal dan bangga menggunakannya.

Martha Simanjuntak

Dalam wawancara ini Febriana Ratnasari mengajukan pertanyaan kepada ibu Martha Simanjuntak “Dalam suatu bisnis apalagi dengan anggota berlima pastinya mempunyai karakter dan sifat yang berbeda, Bagaimana tips cara mengatasi perbedaan pendapat?

Kebetulan pertemanan berlima sudah berjalan 8 tahun, dan setiap bulannya kita kumpul bareng, seiring dengan bertambahnya umur, maka kita harus mempunyai sesuatu karya sebagai Empowerment women’s dan bila ada perdebatan kecil itu bisa diatasi dengan mencari solusi bareng-bareng, ungkap Martha Simanjuntak.


Berlima Enterpreneur + Model BY KIA
Berlima Enterpreneur + Model BY KIA


Visi dan misi dari Berlima Enterpreneur akan mendukung karya-karya perempuan agar lebih diminati oleh bangsa Indonesia terutama mendukung para umkm untuk lebih maju lagi. Jangkauan dari berlima Enterpreneur ini, akan menembus pasar fashion di indonesia, setelah itu kita akan melaju go internasional, karena salah satu anggota berlima entrepreneur mempunya akses pasar ke luar negeri.

Ekonomi kreatif adalah kegiatan produksi barang maupun jasa yang diciptakan melalui proses kreatifitas dan kemampuan intelektual. Menurut data Kementerian Pariwisata Indonesia " Perempuan mendominasi ekonomi kreatif di Indonesia yaitu mencapai 56%. Dimana sektor kuliner, fashion dan kriya menjadi kontributor terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) dalam industri kreatif "                


By KIA Makeup
BY KIA Makeup

Rukia Wael

Dulu, awalnya Rukia Weal berkecimpung dibidang salon kecantikan selama 30 tahun, karena dalam keluarga semua-nya mempunyai bisnis mulai dari masak, baju dan makeup. Jadi Rukia Wael mengembangkan bisnis designer sudah berjalan 11 tahun, namun seiring berjalannya dengan waktu, ketika Rukia Wael menjalankan salon kecantikan, dia sudah memasukkan bisnis designer-nya. 

Diantara Berlima Enterpreneur, 2 anggota lainnya yaitu Yulie Anti Bangun dan fitri Wigati Mumpuni sebagai koordinator, untuk 3 orang sebagai designer yaitu Yulia Warman “Modest Fashion”, Martha Simanjutak “Ethnic Chathaulosa” Rukia Wael “Party Lover”. Terlepas dari kegiatan Berlima Enterpreneur mempunyai tema masing-masing, jadi kita merupakan satu kesatuan yang solid.


Nibi Show Fashion BY KIA
Mini Show Fashion BY KIA

Inilah Karya-Karya Perdana Mini Show BY KIA Fashion Design “Party Lover” 

Martha Simanjutak
Martha Simanjuntak

Rukia Wael
Rukia Wael

Fitri Wigati Mumpuni
Fitri Wigati Mumpuni

Yulia Warman
Yulia Warman

Tyas Model BY KIA
Tyas model BY KIA


Nah … bagaimana menurut moms pernampilan perdana dari mini show Berlima Enterpreneur, kita nantikan karya-karya berikutnya, dimana setiap bulan mereka akan mengadakan mini show hingga bulan Agustus 2022 akan di launching Berlima Enterprenur ini, Yuk … moms lakukan sesuatu agar perempuan Indonesia lebih mandiri seperti Ibu Kita Kartini, sampai jumpa di liputan berikutnya.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

WA No.085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com 



24 comments :

  1. Sudah saatnya perempuan itu berdaya, apalagi bisa menghasilkan sebuah karya ya mbak. Semoga dari Berlima Enterpreneur ini banyak karya-karrya yang bermanfaat ya. Ditunggu untuk mini fashion show selanjutnya, penasaran soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mini show yang ke 2 nulan mei ini, segera saya review untuk kelanjutan show berlima enterpreneur

      Delete
  2. asik banget ya mbak dari pertemanan kemudian bikin bisnis bersama. karena sudah kenal lama insyaAllah sudah kenal karakter masing-masing dan juga kelebihan dan kekurangan tiap personil

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin semoga lancar dan berkembang dengan baik hasil karya perempuan indonesia. sukses selalu buat berlima entrepeneur

      Delete
  3. Dennise Sihombing1 May 2022 at 07:57

    Wow keren sekali ini 5 wanita cantik, smart sekaligus pengusaha membentuk Berlima Enterpreneur. Sukses untuk semuanya & semoga bisa tembus ke manca negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ... kita dukung berlima entrepenur untuk menuju gerbang kesuksesan

      Delete
  4. Wah, seorang perempuan yg berkarya itu memang patut untuk dibanggakan.. Apalagi sampai bisa menghasilkan suatu karyanya sendiri.. Semoga kdepannya bisa memberikan karya" yg luar biasa lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itu kita dukung berlima entrepeneur untuk menuju kesuksesan di gerbang perempuan indonesia

      Delete
  5. Semoga sukses trus untuk berlima Enterpreneur karya2nya bisa diterima smua kalangan dan pastinya keceh2 smuaa bisa menembus jangkauan internasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kita dukung para perempuan indonesia untuk membuar karya karya terbaiknya

      Delete
  6. wah salut banget dengan persahabatan beliau semua ya bu, jarang banget persabatan bisa bertahan sampai 8 tahun, berlima pula, sampai bisa berkarya. salut, salut banget dengan ke kompakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ... kita dukung perempuan indonesia untuk menuju kesuksesan, ditunggu ya mini show berikutnya dari berlima entrepeneur

      Delete
  7. Mereka sangat menginspirasi ya Bu. Perempuan harus juga bisa berkarya dan mengispirasi seperti mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ... kita dukung Berlima Enterpreneur semoga peremopuan Indoensia lebih maju lagi

      Delete
  8. Persahabatan yang positive vibes banget nih.. Bisa saling mendukung, saling memberikan semangat dan bisa sama bidangnya yaa.. Enterpreneur.
    Jadi kalaua ngerumpi, pasti seru dan nyambung.

    Sukses selalu KIA Fashion Design.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ... kita dukung Berlima Entrepreneur, agar Perempuan Indonesai lebih maju lagi

      Delete
  9. Kolaborasi Berlima Enterpreneur ini memberikan inspirasi untuk sama-sama saling mendukung dalam menghasilkan karya bermanfaat buat banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Kita dukung berlima entrepreneur agar perempuan Indoneia lebih maju lagi dalam emansipasi wanita

      Delete
  10. Bikin semangat nih kalau udah lihat women preneur . Jadi pengen spt mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita juga bisa kok, yuk niatkan diri untuk jadi perempuan indonesia dalam memperoleh cita-cita yang diinginkan

      Delete
  11. Waah..keren ya, bermula dari arisan jadi pegiat UMKM. Moga Berlima ini bisa menginspirasi banyak wanita untuk semakin berdaya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ... kita dukung berlima entrepreneur agar perempuan indonesia bisa lebih maju lagi dalam bidangnya mereka

      Delete
  12. Semoga dengan adanya Berlima Enterpreneur ini bisa jadi contoh tuk kaum wanita agar tetap berdaya dengan usaha sendiri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes bener kakak, yuk kita dukung berlima entrepreneur agar perempuan indonesia lebih maju lagi

      Delete