Tuesday 24 August 2021

Teman Kreasi Dheny Zoo Optik Dian Bekasi

Teman Kreasi Dheny Zoo Optik Dian Bekasi
Teman Kreasi Dheny Zoo Optik Dian Bekasi 
 

Pada tulisan saya terdahulu Smartfren telah meluncurkan “Teman Kreasi Indonesia” yaitu wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kreasi bersama dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuh-nya sektor ekonomi UMKM secara kreatif dan digital, cerita selengkapnya bisa lihat disini, kali ini saya akan membahas Optik Dian dari salah satu Teman Kreasi Smartfren untuk lokasi wilayah Bekasi.


Apa itu Teman Kreasi ?

Teman kreasi merupakan 100 % lokal pengusaha yang dibina dan difasiltasi oleh Smartfren agar memberi dampak kepada masyarakat luas, dimana peserta program Teman Kreasi Indonesia ini, didukung dan diberi modal koneksi internet 4G LTE yang dapat membantu menjalankan kegiatan wirausaha online.

Optik Dian beralamat Jl. Narogong Molek Ujung No.2A Rt.002 Rw.019, Bekasi Timur 17115. yang dikelola Bapak Agus Tarsono dan dibantu oleh anaknya Ramdeny Hartanto. Optik ini berdiri tgl 10 Agustus 1998 sebagai salah satu Teman Kreasi yang berorientasi pada usaha dan profit yang telah dikukuhkan Smartfren pada tanggal 11 Maret 2021. Optik Dian ini menjual kacamata, lensa dan softlen, selain itu bisa konsultasi mata bagi penderita mata cilinder, minus ataupun plus. 

Tujuan dari Teman Kreasi Indonesia ini untuk menciptakan sinergi seluruh elemen sehingga terwujud kemandirin ekonomi dalam sektor pengembangan UMKM berbasis digital. Nah … bicara soal Teman Kreasi Indonesia, Smartfren sudah dua kali mendapatkan penghargaan pengukuhan sebagai operator telekomunikasi terbaik bagi masyarakat.

Jum'at, 20 Agustus 2021 yang lalu, Bapak Djoko Tata Ibrahim selaku Deputy CEO Smartfren mengatakan "Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dengan meraih Penghargaan “Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021" Dengan adanya Smartfren Community Teman Buka Peluangmu dapat menumbuhkan perekenomian yang kreatif di Indonesia.      

 

Djoko Tata Ibrahim
Djoko Tata Ibrahim

Hingga saat ini Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia telah ada 32 UMKM yang tersebar di 30 kota antara lain : 

1. Teman Kreasi Kopi & Topi Bambu, Kerajinan Bambu & Kopi dari Tangerang

2. Teman Kreasi Kuma Kamu Kreatipiti, Kuliner & Conten Creator dari Bandung

3. Teman Kreasi Putra Cirebon, Banana Chips & Fashion dari Cirebon

3. Teman Kreasi Kuningan, Digital Accesoris dari Kuningan 

4.Teman Kreasi Dheny Zoo, Optik & Digital Marketing dari Bekasi

5. Teman Kreasi Jajan Mamake, Jajan Khas Cilacap dari Cilacap

6. Teman Kreasi Pati, Madu dari Pati

7. Teman Kreasi Pasar Sayoor, Starup aplilasi belanja rumahan dari Pekalongan 

Itulah Beberapa contoh Teman Kreasi Indonesia yang dibina dan difasilitasi koneksi internet 4G Smartfren dalam kegiatan Marketing Online.

Penghargaan IDX Award bidang Suatainability
Penghargaan IDX Award bidang Suatainability

Saya sebagai pelanggan merasa bangga terhadap Smartfren yang telah memanfaatkan teknologi dan inisiatif yang membawa perubahan masyarakat agar menjadi pengusaha yang kreatif. Inilah berbagai program Smartfren, Salah satunya Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital. 

Ada beberapa Dampak dari inovasi dalam bidang sustainability / CSR antara lain

1. Meningkatkan reputasi/nama baik perusahaan dengan berbagai liputan media

2. Kegiatan CSR berbasis potensi ekonomi lokal yang dilakukan oleh leaders Smartfren

3. Community di berbagai kota, diukur dengan PR value, misalnya kegiatan launching Teman Kreasi

4. Intangible benefit berupa recognition dan apresiasi berbagai pihak yang dapat mendukung pemulihan ekonomi selala pandemic dovid-19

5Meningkatkan customer loyalty dengan memenuhi kebutuhan aktualisasi diri di Teman Kreasi dan Smartfren Community dengan berbagai aktivitas.

6. Efisiensi biaya dari pelaksanaan program CSR ini karena bersifat bottom-up dan organik, maka dengan biaya program CSR yang ditetapkan dampaknya bisa lebih besar dan menjangkau masyarakat yang lebih luas dibandingkan dengan program yang top down.

7. Secara tangible, kegiatan social marketing di program ini berhasil meningkatkan awareness dan penjualan dari channel komunitas, yaitu selain repeat buying di komunitas UMKM di berbagai kota dimana Teman Kreasi ada.

 

Dengan demikian upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat, Smartfren telah mewujudkan dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Smartfren terus melakukan inovasi berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra kerja dan masyarakat. Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Terima kasih telah mempercayakan Smartfren sebagai Teman Buka Peluangmu sehingga 2 tahun ini, Smartfren dapat mempertahankan Penghargaan IDX Award bidang Sustainability.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No. 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

 

6 comments :

  1. Wah.. Dengan dukungan dari Smartfren para umkm bisa meningkatkan pemasaran dan juga bangga deh prestasi Smartfren .. He mantap deh Smartfren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smartfren sudah 2 tahun memberi dukungan kepada teman kreasi umkm dan telah pendapatkan penghargaan IDX Award bidang Sustainability

      Delete
  2. Teman Kreasi ini bentuk CSR dari Smartfren ya. Keren nih klo banyak perusahaan yg bikib program bermanfaat seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smartfren sudah 2 tahun dalam membantu teman kreasi umkm sehingga mendapatkan penbghargaa IDX Award bidang Sustainability

      Delete
  3. Aku juga pakai kartu Smartfren karena Smartfren ini emang jaringannya luas dan harganya terjangkau gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. smartfren kuota besar internetan lancar dan memberikan dukungan kepada teman kreasi UMKM selama 2 tahun sehingga telah mendapatkan penghargaan IDX Award bidang Sustainability

      Delete