Wednesday, 25 August 2021

Ruang Publik KBR Yang Muda Yang Progresif

 

Ruang Publik KBR Yang Muda Yang Progresif
Ruang Publik KBR Yang Muda Yang Progresif

Dari judulnya saja “Yang Muda Yang Progresif Untuk Indonesia Inklusif” ini pasti ada hubungannya dengan pemuda kreatif yang mempunyai kelebihan skill, siapakah dia ? tidak semua disabilitas dipandang sebelah mata, hal ini diungkapkan oleh ibu Agustina Ciptarahayu yang mempekerjakan seorang disabilitas low vision namun mempunyai indra penciuman yang tajam sehingga dapat membantu produksi di PT. Botanina Hijau Indonesia dalam hal menciptakan kualitas aroma produk tetap terjaga, dimana PT. Botanina ini bergerak dibidang health dan beauty. 

Dalam rangka memperingati hari International Youth Day, Ruang Publik KBR menghadirkan live streaming yang dipandu oleh Ines Nirmala dengan dua narasumber :

1. Agustina Ciptarahayu selaku Founder & CEO PT. Botanina Hijau Indonesia

2. Widya Prasetyanti dari Program Development & Quality Manager NLR Indonesia.

 

Dari data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 bahwa kelompok orang muda di usia 18-24 tahun merupakan populasi disabilitas terbesar ketiga setelah kelompok usia lansia dan dewasa akhir. Mereka dapat dipandang sebagai peluang dalam mewujudkan Indonesia yang Inkusif dengan perubahan dan inovasi yang digagas oleh disabiitas dan OYPMK.   

Terkait gagasan disabilitas dan OYPMK, selaku Manager NLR Indonesia ibu Widya Prasetyanti memberikan Program bagi disabilitas antara lain :

1.     Ketenagakerjaan Inklusif baik secara fomal maupun kewirausahaan

2.     Bagi anak dan remaja dalam aspek tumbuh kembang

3.     Pendampingan khusus kesehatan seksual dan reproduksi bagi remaja

4.     Pemagangan Insklusif yaitu memberikan kesempatan orang muda disabilitas dan OYPMK untuk bekerja di NLR Indonesia maupun di mitra NLR

 

Widya Prasetyanti
NLR Indonesia : Widya Prasetyanti

Widya Prasetyanti mengatakan bahwa stigma masyarakat terhadap kusta sangat berpengaruh buruk dan begitu kuat sehingga disabilitas dan OYPMK merasa mider dan takut diejek, oleh karena itu NLR Indonesia melakukan pendampingan di masyarakat untuk melatih disabilitas menjadi konselor handal agar bisa melakukan peer counseling bagi teman sebaya dan sependerita untuk tetap semangat dan bangun dari keterpurukan agar bisa bangkit kembali.

 

Bukti Nyata NLR Indonesia 

NLR Indonesia adalah yayasan organisasi non pemerintah yang berdiri tahun 1967 di Belanda, dengan tujuan untuk menanggulangi kusta di seluruh dunia menggunakan pendekatan tiga zero, yaitu

·        Zero transmission (nihil penularan)

·        Zero disability (nihil disabilitas)

·        Zero exclusion (nihil eksklusi)

NLR Indonesia mempunyai visi dan misi untuk bebaskan kusta di Indonesia, dan telah terbukti bahwa beberapa provinsi sudah terbebas dari kusta, dan kini NLR Indonesia akan fokus memberantas di 13 provinsi dalam 34 kota dan kabupaten.   

 

Interaktif Live Streaming dengan  Gaby pemuda NTT
Interaktif Live streaming Gaby Pemuda NTT

Di Ruang Publik KBR turut hadir pula, Gaby seorang pemuda dari NTT memberikan opini bahwa dia pernah mengalami lumpuh ringan akibat disabilitas kusta. Pertamanya Gaby tidak paham akan kusta, melalui NLR Indonesia Gaby mengenal kusta sebagai penyakit yang menyerang sistem syaraf sehingga menyebabkan kemampuan fisik terbatas. Dan saat ini gaby masih menjalani terapi di sebuah yayasan sosial, sedikit demi sedikit Gaby sudah mulai bisa berjalan namun belum benar benar stabil. Bagi Gaby walaupun kaki saya lumpuh, masih bisa menjalankan aktifitas kegiatan menenun dengan menggunakan tangan ini semua berkat adanya bukti nyata NLR Indonesia.

 

Agustuna Ciptarahayu
Narasumber Ibu Agustina Cipta Rahayu

Di akhir live streaming Ibu Agustina Ciptarahayu Selaku founder dan CEO PT. Botanina Hijau Indonesia mengatakan bahwa perusahaan-nya membutuhkan skill personal yang sangat spesifik dan lengkap, kami membutuhkan pekerja based on skill bukan berdasarkan keterbatasan mobilitas atau fisik melainkan mempunyai skill dibidangkan. Dan siapapun bisa berkarya di Botanina ini seperti disabilitas low vision, dia bisa menjadi bagian produksi yang handal dalam penciuman aroma produk tetap terjaga.

 

Yuk … selagi kita diberi kesempurnaan, mari saling membantu, karena disabilitas dan OYPMK (orang yang pernah mengalami kusta) mempunyai kehidupan untuk maju. Hilangkan Stigma terhadap kusta, karena kusta dapat disembuhkan. Semoga Indonesia bisa terbebas dari Kusta, sampai jumpa di cerita lain-nya.

 

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No.085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

16 comments :

  1. Tadinya aku fikir kusta dah punah loh. Ternyata ada sodara bbrp th lalu kena dan dah sembuh. Pastinya kita dukung agar mreka tidak dikucilkan karena sakit kusta dapat sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itu kita sebagai blogger untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih paham lagi . hilangkan stigma karena kusta dapat disembuhkan dan obatnya ada di puskesmas

      Delete
  2. Bagus sekali campaign seperti i ini ya?

    saya juga baru tahu tentang kusta, kirain udah gak ada di Indonesia

    dengan banyaknya tulisan bermanfaat seperti ini, masyarakat (termasuk saya) jadi aware ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bantu edukasi lewat tulisan agar masyarakat lebih paham lagi tentang kusta yang dapat disembuhkan karena obatnya gratis di puskesmas

      Delete
  3. Dari dulu memang saya diajarkan oleh orang tua untuk sopan santun dan menghargai sesama. Saya sungguh apresiasi dengan penderita disabilitas kusta (OYPMK) yang masih bisa bertahan dan terus berinovasi demi kemajuan bangsa dan negara.

    Bahkan di ranah karir OYPMK juga tentunya punya basic skill yang tidak berbeda dengan orang normal, mereka juga kreativ dan bahkan di JAWAPOS.COM juga banyak mempekerjakan karyawan dari OYPMK ini, dan tidak ada diskriminasi untuk mereka yang menyangdangnya. Semua dianggap sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ... kak Wahid kita bantu untuk meng-edukasikan lewat tulisan kepada masyarakat agar lebih paham lagi, stop stigma karena kusta dapat disembuhkan, obatnya ada di puskesmas

      Delete
  4. Terima kasih infonya, ternyata ada yayasan yang bergerak di bidang kesehatan penanggulangan penyakit kusta. Sharing yang bermanfaat. salam sehat dan selamat beraktifitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NLR Indonesia adalah wadah bagi OYPMK dan disabilitas untuk membina dan memberikan perlindungan dan pekerjaan untuk mereka

      Delete
  5. Memang stigma masyarakat tentang Kusta ini perlu ditepis dengan melakukan edukasi berkelanjutan. Memang benar disabilitas pun punya kelebihan dan perlu mendapatkan kesempatan yang sama baik dalam hal pendidikan maupun pekerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kaka Lia bantu meng-edukasi lewat tulisan agar masuarakat lebih paham lagi tentang kusta

      Delete
  6. Disabilitas emang bukan penghalang, menurutku. Mereka cuma punya ability berbeda dari kita yang dianggap normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu NLR Indonesia adalah wadah dan tempat perlindungan serta pelatihan bagi disabilitas dan OYPMK untuk bisa bekerja

      Delete
  7. Aamiin Semoga Indonesia bisa terbebas dari Kusta.
    Setuju, untuk saling bantu, jika kita diberi kesempurnaan, karena disabilitas dan OYPMK (orang yang pernah mengalami kusta) mempunyai kehidupan untuk maju. Mari kita hilangkan Stigma terhadap kusta, karena kusta dapat disembuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk bantu meng-edukasi dengan tulisan agar masyarakat lebih paham lagi tentang kusta

      Delete
  8. Makasih bnyak infonya Mba, banyak orang2 yg berhasil dan sukses meski ditengah banyak keterbatasan. Insya Allah kita juga bisa berprestasi di tiap bidang yg kita tekuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karen itu NLR Indonesia adalah wadah dan tempat perlindungan serta pelatihan bagi disabilitas dan OYPMK untuk bisa bekerja di perusahaan

      Delete