Saturday 2 December 2023

Partisipasi Remaja Disabilitas dalam Pemilu 2024

 

Partisipasi Remaja Disabilitas dalam Pemilu 2024
Partisipasi Remaja Disabilitas dalam Pemilu 2024

Tahun Baru 2024 sudah menghitung hari, itu artinya sebentar lagi kita akan mengadakan pesta demokrasi Pemilihan Umum tahun 2024, dimana kita semua sebagai warga negara Indonesia yang baik harus ikut berpartisipasi dalam menentukan hak pilihnya, tidak terkecuali disabilitas maupun OYPMK mempunyai hak yang sama untuk memilih calon pemimpin bangsa ini, yang mana telah tercantum dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 pasal 13 tentang hak Politik bagi Penyandang Disabilitas.

 

Selasa, 28 Nopember 2023 kami mengikuti live streaming yang diadakan oleh Ruang Publik KBR dan NLR Indonesia dengan tema yang sangat menarik “Partisipasi Remaja dengan Disabilitas dalam Pemilu 2024” dengan narasumber Ibu Noviati, S.IP sekaligus Tim Panitia Pengawas Rehabilitasi Pemilihan Umum (Panwaslu). Untuk narasumber kedua  Kenichi Satria Kaffah sebagai Remaja dengan Disabilitas, dipandu oleh Rizal Wijaya sebagai Host

 

Peran Panwaslu dalam memberikan keadilan hak pilih bagi diasabilitas 

Sebagai tim Panwaslu, Ibu Noviati, S.IP mengatakan bahwa, saat ini edukasi tentang pemilu dari pemerintahan masih sangat kurang. Namun, sebagai rujukan ada platform yang bisa digunakan untuk mengecek data pemilih melalui website KPU. Pemilihan Umum tahun 2024 disebut sebagai pemilu inklusif, yang artinya pemilu di rancang untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untukberpartisipasi dalam pemilihan umum.


Beberapa hal yg harus diperhatikan sarana dalam Pemilu
Beberapa hal yang harus diperhatikan sarana dalam Pemilu

 

Ada Beberapa hal yang perlu diperhatikan Sarana dalam Pemilihan Umum untuk disabilitas :

1. Aksesibilitas Akses, Tempat pemungutan suara harus mudah diakses oleh semua orang, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda atau memiliki permasalahan mobilitas lainnya. Rambu-rambu dan fasilitas yang ramah disabilitas harus tersedia untuk memastikan akses yang mudah dan aman.
2. Aksesibilitas Informasi tentang kandidat, partai politaik atau program pemilu harus tersedia dalam format yang dapat diakses oleh semua orang. Ini bisa meliputi penerjemahan ke bahsa isyarat, materi kampanye yang mudah dibaca atau infoemasi dalam format audio untuk mereka dengan hambatan penglihatan.
3. Bantuan dan dukungan, para pemilih dengan disabilitas mungkin membutuhkan bantuan  

Partisipasi Remaja Disabilitas dalam Pemilu 2024 

Saat ini sebanyak 52% pemilih merupakan pemula yang harus lebih banyak mendapatkan edukasi terkait dengan visi misi Indonesia, sayangnya remaja dfisabilitan dan OYPMK masih banyak yang tidak perduli dengan berbagai isu politik.

 

Kenichi Satria Kaffah sebagai Remaja dengan Disabilitas berpendapat bahwa Indonesia mempunyai masa depan yang cerah, salah satunya Indonesia harus memperbaiki system demokrasi dan politik di dalam-nya, jika pemerintah serius mempersiapkan Indonesia menuju pendidikan, kesehatan, pastinya negara ini akan lebih maju lagi.

 

Noviati, S.IP
Noviati, S.IP

Kenichi Satria Kaffah
Kenichi Satria Kaffah

Berkaitan dengan persiapan pemilu, Kenichi mempunyai 3 cara agar penyandang disabilitas lebih nyaman menggunakan hak pilihnya, antara lain :

1. Edukasi dari orang terdekat seperti lembaga pendidikan dan circle terdekat penyandang disabilitas sangat berpengaruh terhadap arus informasi tentang politik. Keluarga dan lembaga harus lebih sering dan semangat untuk memberikan edukasi dan informasi persiapan pemilu, misalkan info tentang misi dan visi calon presiden, aplikasi si lapor, cara cek data pemilih tetap.

2. Bijak nersosial media, khususnya bagi yang aktif menggunakan sosial media harus double cek segala informasi, jangan langsung percaya dengan potongan video yang beredar, perlu untuk membaca informasi dari website pemerintah atau website media terpercaya.

3. Sosialisasi pemilu 2024, lembaga pendidikan atau perangkat desa memberikan edukasi terkait tata cara memilih di TPS, platform online yang digunakan dalam cek data, jangan sampai jelang pemilu masyarakat masih bingung, harus bagaimana jika namanya tidak terdaftar atau belum tau siapa calon presiden dan wakil presiden yang akan dipilih.

 

Demikianlah informasi yang diberikan oleh Kenichi terkait Pemilu 2024 untuk kalangan masyarakat yang belum paham, dan teman teman disabilitas maupun OYPMK penjelasan yang cukup detail. Semoga pemerintah lebih memperhatikan segala informasi yang valid untuk menghindari berita hoax. Sehingga tidak ada lagi stigma penyakit kusta di masyarakat.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No. : 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com



No comments :

Post a Comment