Sunday 26 November 2023

Mewujudkan Kualitas Udara Bersih di Beberapa Kota di Indonesia

 

Mewujudkan Kualitas Udara Bersih di Beberapa Kota di Indonesia
Mewujudkan Kualitas Udara Bersih

Kamis, 23 Nopember 2023 YLKI dan KBR menggelar diskusi publik tentang Sinergitas Sektor Tranportasi dan Sektor Energi untuk mewujudkan Kualitas Udara Bersih di kota Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Medan, dan Makasar.

 

Mari kita bahas bagaimana cara mewujudkan kualitas Udara Bersih di masing masing kota di Indonesia : 

Bapak Danang Kurniawan dari Dinas Perhubungan Kota Semarang mengatakan pihak Dishub sudah merintis terobosan dengan Kepala Dinas Pendidikan setempat untuk memberlakukan aturan pelarangan anak sekolah membawa kendaraan pribadi ke sekolah. Nantinya akan ada pengawasan di sekolah-sekolah sehingga para pelajar didorong untuk menggunakan angkutan massal.

 

Di kota Semarang telah memiliki transportasi massal dengan kendaraan sebanyak 271 unit dan 12 koridor. Dishub juga memiliki 2 mobil patrol listrik dan bus listrik untuk pelayanan angkutan, sehingga diharapkan penggunaan mobil pribadi bisa ditekan. Wali kota Semarang menetapkan peraturan bahwa angkutan komersial harus mengadakan kendaraan listrik di dalam armadanya, ini merupakan salah satu wujud nyata yang bisa ditemui di bandara pengguna taksi listrik.

 

Di beberapa lokasi dibatasi operasional kendaraan seperti Car Frea Day antara jam 06.00 - 08.00 wib dari kota Demak – Purwodadi – Kendal dan Kabupaten Semarang, Untuk sore hari pada jam 15.00-16.00 wib kendaraan angkutan barang dilarang masuk, karena kendaraan tersebut merupakan kendaraan drngan emisi tinggi guna untuk mengurangi kemacetan.


KBR, Narasumber dan Insfluence Diskusi Publik
KBR, Narasumber, Insfluence Diskusi Publik
 

Bagaimana cara menggalakkan masyarakat agar menggunakan transportasi umum ?

è Untuk pelajar dan lansia hanya Rp 1.500,- sekali jalan

è Bila membawa kendaraan pribadi diharuskan mempunyai sim dan sudah cukup umur dan dinyatakan layak membawa membawa kendaraan

è Bus Transjakarta sudah bekerjasama dengan Pertamina, namun belum semuanya masuk koridor. 

Kota Semarang mendapat bantuan dari World Bank melalui Kementerian Perhubungan berupa 3 koridor khusus untuk menggunakan kendaraan listrik. Selamat … buat kota Semarang.

 

Lain Halnya di kota Surabaya, polusi tinggi menciptakan udara tidak bersahabat menyebabkan penyakit ISPA melonjak. Bapak Budi Setiawan dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyatakan bahwa, ada beberapa hal yang sedang digalakkan untuk bekerjasama dengan perusahaan bus listrik untuk meminimalkan emisi gas buang. Dengan uji emisi yang telah dilakukan secara acak untuk kendaraan probadi, angukutan umum dan bus namun masih belum begitu nyaman dan belum tepat waktu.

 

Kota Bali merupakan daerah kota wisata yang mulai ramai dikunjungi setelah 2 tahun covid-19 melanda Indonesia. Saat ini penjualan Kendaraan pribadi meningkat sehingga kemacetan terjadi pada titik tertentu dengan polusi yang sulit untuk dihindari, karena banyak kendaraan luar daerah yang masuk ke kota Bali. Sehingga dampaknya prnyakit ISPA meningkat.

 

Selain emisi gas buang, banyak faktor Penyakit ISPA dikarenakan konsumsi makanan kurang sehat, suhu udara yang tidak dapat di prediksi, cuaca tidak menentu. Untuk menyikapi hal tersebut, Bapak Mudarta dari Dinas Perhubungan kota Bali sudah mengupayakan untuk mendorong transportasi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik.

 

Kualitas Udara Malam hari Kota Yogyakarta
Kualitas Udara Malam Hari Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta yang dikenal sebagi kota pelajar, alhamdulillan penyakit ISPA sudah menurun sejak 3 bulan yang lalu, namun kita tetap waspada atas peningkatan virus dan bakteri yang tetap merajalela. Disamping itu, Bapak Wara dari Dinas Perhubungan Yogyakarta, menghimbau bahwa kualitas udara harus didukung oleh banyak pihak, seperti mengupayakan untuk penanaman pohon.

 

Di Kota Makasar ada bus Trans mamminasata yaitu sistem bus raya terpadu yang mulai beroperasi di kota Makasar mulai beroperasi pada tgl 14 Nopember 2021. Moda transportasi ini dimanfaatkan melalui aplikasi Teman Bus yang merupakan implementasi program Buy The Service dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

 

Narasumber Diskusi Publik YLKI - KBR
Maulana Isnarto Diskusi Publik YLKI - KBR

Semoga lima kota besar di Indonesia ini, dapat Mewujudkan Kualitas Udara Bersih untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang. Terima kasih kami ucapkan kepada YLKI dan KBR sudah memaparkan perkembangan transportasi massal di kota Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan Makasar dalam diskusi publik yang diselenggaran oleh Kantor Berita Radio pada tgl 23 Nopember 2023 yang lalu.

 

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Nomor WA : 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

No comments :

Post a Comment