Wednesday, 9 December 2020

Daftarkan Segera Perusahaan Direct Selling ke APLI

Liputan APLI Talkshow
Liputan APLI Talkshow
 

Sejak Bulan Maret 2020 yang lalu seluruh Indonesia mengalami pandemi covid-19, kaerna itu pemerintah membuat aturan untuk pencegahan virus ini dengan cara mematuhi 3M yaitu menggunakan masker, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan jaga jarak, begitu juga sekolah-sekolah diliburkan untuk belajar secara online, para pekerja untuk WFH dan pusat perbelanjaan ditutup agar tidak terjadi kerumunan banyak orang. Sejak itulah perekonomian Indonesia menurun drastis, banyak pekerja yang terkena PHK, usaha UMKM bangkrut, sehingga dampak virus ini mengalami kerugian bagi pengusaha.

Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) merupakan wadah organisasi perusahaan direct selling atau MLM, berdiri sejak tanggal 24 Juli 1984 yang bekerja sama dengan pemerintah, Menteri Perdagangan dan Bareskrim dalam mengatasi maraknya Money Game. Banyak masyarakat yang menilai bahwa Multi Level Marketing memandang negatif, untuk itu APLI mengadakan talk show 3 hari yang berlokasi di gedung Nu Skin dan ternyata setelah mendengar memaparkan dari bapak Kanny Soemantoro sebagai Ketua Umum APLI mengatakan bahwa pengusaha yang telah terdaftar di APLI ini telah menghasilkan keuntungan 14,7 trilliun dari produksi lokal, pencapaian yang luar biasa. 

Siapa saja sih yang bisa ikut dalam Perusahaan Direct Selling ?

Setiap orang dapat menjalani bisnis dengan modal kecil, tidak diperlukan keahlian khusus, tidak bekerja sendiri karena ada mentornya dan tersedia pelatihan serta training agar bisnis MLM ini dapat membantu banyak orang. Inilah visi dan visi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia.

Bicara soal bahaya Money Games, Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) mencatat kerugian masyarakat dengan adanya perusahaan MLM bodong sepanjang tahun 1975 hingga tahun 2015 sebesar Rp 126,5 trilliun. Disini ketua APLI napak Djoko Komara mengatakan setiap tahunnya, kerugian yang dialami masyarakat akibat ulah MLM bodong selalu meningkat. Beliau melihat ada kecenderungan money game terus menjamur di saat perekonomian negara sedang melemah, sehingga tingkat PHK dan pengangguran meningkat.

Permasalahan utama masyarakat mudah tergiur bonus tinggi, dimana masyarakat belum belum paham investasi MLM sehingga pelaku menggunakan tokoh agama, tokoh masyarakat dan selebritis dan para member yang upload di e-commerce. Sehingga dampak yang ditimbulkan ketidakpercayaan dan image negatif terhadap produk MLM, serta menimbulkan potensi instabilitas (korban yang cukup besar), sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar terhadap perusahaan dengan sistem penjualan langsung .

Perbedaan MLM berlisensi dengan MLM Bodong yang melakukan money game dapat dilihat dari bonusnya. MLM berlisensi memberikan bonus kepada anggotanya berdasarkan profit dari penjualan produk. Sedangkan MLM bodong memberikan bonus ke anggotanya berdasarkan perekrutan anggota. Jadi bagi usaha bisnis berhati-hatilah dengan money games, harus pandai memilah-milih dalam berbisnis

Narasumber APLI Talkshow
Narasumber APLI Talkshow

Inilah 8 poin untuk memastikan apakah sebuah perusahaan Penjualan langsung legal atau tidak, yuk kita cek :

1. Apakah ada produknya

2. Apakah komisi dibayarkan pada penjualan produk dan bukan pada uang pendaftaran

3. Apakah penekanan pada penjualan produk, bukan pada peringkat

4. Apakah tidak ada kolerasi langsung antar jumlah yang di rekrut dan konpensasi

5. Jika rekrutmen dihentikan hari ini, apakah peserta masih bisa menghasilkan uang

6. Apakah ada kebijaksanaan pengembalian produk yang rasional

7. Apakah produk memiliki nilai pasar yang wajar

8. Apakah ada alasan yang menarik untuk pembeli

Buat para pebisnis yang ingin memulai usahanya, inilah Proses Perizinan Online Single Submission (OSS)

👉 Mengajukan permohonan melalui OSS untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan SIUP KBLI 47999

👉 Memenuhi persyaratan komitmen khusus dalam waktu 45 hari agar SIUP KBLI 47999 dapat berlaku efektif

👉 Pengusaha bisa mengajukan secala online melalui sistem informasi perizinan terpadu di website Kementerian Perdagangan

20 Orang Blogger & Vlogger
20 Orang Blogger & Vlogger
Nah … jangan ragu lagi ya … daftarkan bisnis anda di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) sampai jumpa pada ulasan berikutnya di talkshow APLI hari ke-2. See you again


 
    

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

No. Wa : 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

No comments :

Post a comment