Saturday, 25 December 2021

Perempuan Tani HKTI Mencari 40 Wirausaha Perempuan

 

Perempuan Tani HKTI Mencari 40 Wirausaha Perempuan
Perempuan Tani HKTI Mencari 40 Wirausaha Perempuan

Di akhir tahun, tepatnya tgl 24 Desember 2021 kami mewakili IWITA untuk meliput event “Mencari 40 Wirausaha Perempuan” bersama Perempuan Tani HKTI. Diawali dengan narasumber motivator Ibu Avanti Fontana, PhD mengatakan bahwa perempuan itu harus kreatif dalam arti kemampuan yang kita buat merupakan keterkaitan koneksi dari hal-hal yang tidak terkait menjadi satu pencitraan mutiara. 

Diskusi yang sangat menarik dengan para perempuan hebat, terkadang apa-apa yang diharapkan belum tentu keinginan-nya tercapai, sama seperti halnya ibu Murni sebagai UMKM jual nasi berkat yang tinggal di tangerang, dimana omzetnya menurun drastis yang biasanya terjual dari 300 box menjadi 100 box selama pandemi ini, disinilah kreatifitas dan inovasi diperlukan. Karena itu bagaimana caranya mencari akar permasalahan yang terjadi, jangan langsung tanya ke pelanggan, melainkan kita harus koreksi intern dengan berdiskusi bersama tim sehingga kita dapat menemukan solusi dan nilai manfaatnya yaitu kita harus meningkatkan kepuasan pelanggan dalam kualitas, rasa, harga dan pengiriman yang tepat waktu. 

Penerapan Keuangan UMKM 

Secara umum laporan keuangan biasanya dilaporkan mengenai posisi keuangan UMKM tentang modal yaitu laporan rugi laba selama satu periode satu tahun sekali. Laporan keuangan sangatlah beragam tergantung siapa saja pihak-pihak yang berkepentingan dalam suatu kegiatan usaha seperti :

1. Owner / investor

2. Manajemen, laporan keuangan yang dibuat dalam satu periode tertentu

3. Pegawai / analis RnD

4. Pemberi Pinjaman

5. Pemerintah

6. Masyarakat

Narasumber Pujianto Bank DKI
Narasumber Pujianto Bank DKI

 Fungsi, Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan 

Fungsi laporan keuangan dapat menyediakan informasi mengenai posisi aktiva, kewajiban dan ekuitas sehingga dapat mengambil keputusan bila terjadi penyelewengan dalam keuangan. Sedangkan Tujuan laporan keuangan untuk mempertanggung jawabkan manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya, dan manfaat sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman. 

Bicara soal pengajuan pinjaman, dari pihak Bank DKI hadir pula di acara Perempuan Tani HKTI yang memberikan pembahasan tentang “Pengembangan Kewirausahaan Terpadu”. Bank DKI mempunyai Program Monas Pemula yaitu fasilitas kredit untuk wirausaha baru dengan keuntungan yang berlipat ganda. Target program ini ditawarkan untuk pelaku UMKM :

1. Kategori Wirausaha seperti wirausaha pemula (start up) yang lama menjalankan usaha tidak diperhitungkan dan wirausaha naik kelas minimal 2 tahun

2. Jaminan Agunan, wirausaha tanpa memiliki jaminan/agunan tanah dan bangunan, kendaraan, deposito.

3. Radius zona penjualan kurang lebih 10 km dari kantor layanan Bank DKI 

Syarat yang diperlukan untuk pengajuan kredit yaitu : mengisi formulir pinjaman, foto copy KTP DKI suami istri, foto copy kartu Keluarga, Surat Nikah, Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Ssertifikat pengembangan kewirausahawan terpadu, pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar suami istri.

 

Alur Proses Pengajuan Permodal
Alur Proses Pengajuan Permodalan

Monas Mikro dengan Jaminan
Monas Mikro dengan Jaminan

Narasumber ke empat disampaikan oleh July Tjindrawan tema mengoptimalkan Konten Marketing Untuk UMKM. Ada 2 tahap yang perlu kita perhatikan dalam konten Marketing :

1. Copywriting yaitu memberikan informasi kepada pembaca melalui tulisan yang kita buat, seperti : buatlah konten dengan headline menarik dalam paragrap pendek, tawarkan solusi dan jadilah pemecah masalah, buat konten yang mengundang percakapan ketimbang konten hardsell, paparkan keuntungan yang akan didapatkan oleh pelanggan, lengkapai dengan call-to-action yang meyakinkan dan mempermudah pelanggan, tautkan kalimat dengan konten lain(situs, artikel, postingan, ecommerce)

2. Konten marketing yaitu strategi pemasaran yang dibuat semenarik mungkin melalui foto di sosial media, artikel di blog, infografis dan video. Untuk pembuatan Video tolong perhatikan panjang durasi maksimal 2 menit, lalu angkat topik menarik yang dekat dengan penonton, pastikan topik tersebut bisa dipahami penonton, Kemudian tawarkan solusi melalui penggunaan produk dan pastikan konten mudah diingat dan tidak membosankan.

Digital marketing mempunyai 2 tools yang dapat membantu dalam mencari inspirasi konten seperti :

1. Google Trends merupakan alat penelusuran online yang memungkinkan penggunanya untuk melihat seberapa sering kata kunci, subjek dan frasa tertentu ditanyakan selama jangka waktu tertentu.

2. Google Alerts adalah fitur dari Google yang akan mengirimkan notifikasi email mengenai kata kunci tertentu. Layanan ini sangat membantu dalam memonitor informasi yang paling sering dicari.

 

4 Perempuan Aktif Digital Marketing
4 Perempuan Aktif Digital Marketing

Yuk maksimalkan smartphone dalam genggaman dan mulai berani untuk mengekspresikan diri, koneksikan handphone dengan seluruh customer karena sebagai dasar jualan jangan cukup update status via social media atau story saja, namun kita dapat melangkah lebih maju ke Market place tempat dimana semua orang belanja online dan jangan lupa install aplikasinya. Semoga dengan liputan ini para pengusaha UMKM lebih memahami lagi, sampai jumpa di liputan berikutnya.

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No. 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

 

     

No comments :

Post a Comment