Monday, 2 March 2020

Penelitian Farmakodinamik Untuk Efek Penurun Glukosa


Pengambilan contoh darah di lengan
Awalnya saya dapat WA dari sebuah komunitas yang sedang mencari peserta untuk riset penelitian tentang efek penurunan glukosa. Kemudian saya mendaftarkan diri. Sebelum lolos ke penelitian tentunya diadakan skrining tes darah dll, apakah masuk kriteria atau tidak untuk uji silang Farmakodinamik secara acak, terkontrol plasebo, tersamar ganda, 3 perlakuan, 3 kelompok dalam 3 periode dan tolerabilitas dosis tunggal dua polipil diabetes baru pada orang dewasa dengan kencing manis tipe 2.

Apa tujuan penelitian ini ? perlu kita ketahui tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efek penurunan gula darah dan keamanan dosis tunggal dari dua polipil diabetes pada orang dewasa baru tipe 2. Penelitian ini akan dilakukan terhadap 30 orang paserta selama 4 minggu dengan 1 kali kunjungan skrining dan 3 kali kunjungan studi yang berjarak masing masing 7 hari .

Berbagi Pengalaman

Pertama saya melalukan skrining pada tanggal 28 Januari 2020 di Equilab International, semua peserta diwajibkan untuk berpuasa selama 8–10 jam, sekitar jam 22.00 malam hingga pagi hari untuk melakukan cek darah. Besok paginya tepat jam 08.00 wib pengambilan darah sebanyak 10 ml atau setara 2 sendok teh. Pengambilan darah ini untuk mengetahui kondisi kesehatan harian termasuk kadar gula. Contoh darah yang akan diambil dengan menggunakan jarum sekali pakai selama penelitian berlangsung. 
Obat metformin+sitagliptin+glimepirid
Peserta sedang makan setelah pengambilan contoh darah 1x
Jam 17.00 wib pengumuman skrining lolos diumumkan, dan saya termasuk pasien yang lolos dalam skrining, jadi bisa dilanjut dengan penelitian selanjutnya tanggal 7 Pebruari 2020. Seperti terdahulu pasien diwajibkan untuk berpuasa sebelum melakukan penelitian dan tidak boleh mengkonsumsi pengobatan penurun gula apapun sekurangnya 7 hari sebelum kunjungan pertama hingga penelitian ini berakhir. Langkah urutan penelitian sebagai berikut :
  1. Cek tensi darah untuk mengetahui apakah pasien tensinya memenuhi untuk ikut penelitian 
  2. Setelah dinyatakan tensi normal, maka dilakukan pengambilan contoh darah dari pembuluh darah di lengan dengan jumlah pengambilan darah 160 ml atau kurang dari segelas air minum. Risiko yang berhubungan dengan pengambilan contoh darah ini. lengan terasa nyeri akibat tusukan jarum suntuk, pendarahan, radang dan warna biru yang biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari
  3. Pengambilan contoh darah ini dilakukan 30 menit sekali sebanyak 9x (di mulai dari jam 08.00 wib hingga jam 12.00 wib)
  4. Setelah pengambilan contoh darah pertama dilakukan pada jam 08.00 pagi, pasien diberi obat metformin+sitagliptin+glimepirid atau metformin+sitagliptin+dapagliflozin dengan segelas air putih, kemudian diberi sarapan pagi dengan menu : nasi,sayur oyong campur soun, 3 potong tempe bacem, telur dadar iris dengan takaran yang telah disesuaikan oleh dokter sebagai penelitian uji coba farmakodinamik dan harus dihabiskan agar stamina lebih kuat ketika pengambilan contoh darah
  5. Tiga puluh menit kemudian sekitar jam 08.30 pagi pengambilan contoh darah yang ke 2x nya. Begitu seterusnya hingga jam 12.00 siang (pengambilan contoh darah yang ke 9x)
dr. Danang Agung Yunaidi dan para peserta penelitian
Itulah pengalaman saya selama Penelitian Farmakodinamik Untuk Efek Penurun Glukosa, dibadanpun terasa segar karena selama 4 minggu pengambilan darah, sehingga darahku tergantikan dengan peredaran darah yang baru, sama halnya seperti kita donor darah saja. Sebagai tanda terima kasih tim peneliti dari Equilab International atas partisipasi dalam penelitian ini, para peserta diberi uang saku sebesar Rp 1.500.000,- (Satu juta lima ratus ribu rupiah) setelah selesai menjalankan penelitian ini. Sebagai Peneliti Utama : Prof. dr. Fransciscus D. Suyatna, PhD, SpFK dan sebagai dokter penelitian oleh dr. Danang Agung Yunaidi dengan nomor studi : CR.058/EQL/2019. Terima kasih Equilab International kami telah berbagi untuk kesehatan di Indonesia, karena berbagi itu indah. 


Sumiyati Sapriasih
Wa No. : 085779065707
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com  

40 comments :

  1. wah lumayan juga uang sakunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ... kita berbagi dengan cara kita dalam hal penelitian obat farmasi di Indonesia

      Delete
  2. Penurun Glukosa penting bgt eiy, apalagi dah usia diatas 30, sesekali saya donor darah juga. Wahhh.. khasiatnya sama ya, makasih info2nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kakak dengan donor darah, jadi darah kita yang lama akan tergantikan dengan darah yang baru

      Delete
  3. Replies
    1. sama-sama kakak, jadi dengan banyak membaca pengetahuan kita akan bertambah

      Delete
  4. Wah senangnya bisa ikut penelitian ya?
    Jadi bisa tahu kondisi kita
    Mana dapat fee 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kakak ikut penelitian dalam hal berbagi sehingga dapat meningkatkan obat farmasi di Indonesia

      Delete
  5. Ini ada kaitannya dengan kebiasaan mendonorkan darah gitu nggak, sih? Kan donor darah tuh bagus ya untuk kesehatan. Apalagi setelah donor darah tubuh kita pun terasa lebih segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu manfaatnya sama seperti donor darah, dan yang kedua kita bisa ikut andil dalam penelitian obat farmasi di Indonesia

      Delete
    2. Jadi penasaran, lain Kali kalo ada yang ngajakin mau ikut ah

      Delete
    3. iya nanti kalau ada penelitian lagi aku wa, btw nomor wanya berapa kak Maria G Soemitro ?

      Delete
  6. Lumayan "souvenir" penelitiannya ya Mbak Sumiyati,, 1,5 jt. Pastinya tim peneliti dr Equilab International merasa senang juga kebutuhan datanya dalam penelitian Farmakodinamik Untuk Efek Penurun Glukosa terpenuhi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain dapat souvenir kita juga ikut andil dalam penelitian obat farmasi di Indonesia agar lebih baik lagi.

      Delete
    2. Nahh itu yg paling penting ya, soalnya termasuk prioritas nasional juga tuh penelitian obat farmasi

      Delete
    3. karena itu jangan pernah takut ikut penelitian obat farmasi, dengan ikut penelitian kita bisa memajukan farmasi di indonesia

      Delete
  7. Aku belum pernah cek gula yang mesti puasa dulu. Biasanya yang sewaktu, sekalian cek kolesterol dan asam urat. Sepertinya perlu dijadwalkan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak jaga kesehatan, dengan ikut penelitian kita juga ikut andil dalam obat farmasi di Indonesia agar lebih baik lagi

      Delete
  8. Wah sekarang ada penelitian untuk efek penurunan glukosa, penting nih karena dengan terkontrol, badan lebih kejaga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, badan jadi sehat dan kita juga ikut andil dalam hal obat farmasi di Indonesia agar lebih baik lagi

      Delete
  9. Saya baru tahu kalau donor darah ternyata menyehatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat sehat kakak, karena darah yang lama akan tergantikan dengan darah baru sehingga tubuh kita sehat dengan pergantian darah baru

      Delete
  10. OMG uang saku gede tapi diambil darah 9x. Hahaha aku nyerah mbak. Tapi makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pengambilan daran 9x itu sama saja seperti kita donor darah, tapi perbedaannya kalau penelitian berulang x sampe 9x, kalau donor darah pengambilan darahnya sekaligus

      Delete
  11. Ooh ini penelitian untuk obat ya, Bu. Alhamdulillah ya bisa berpartisipasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya penelitian kak, karena hidup ini kita harus berbagi, jadi penelitian ini untuk kelangsungan obat di indonedia , sebelum launching, diteliti dulu obatnya, apakah layak atau tidak untuk di launching

      Delete
  12. bunda gak pingsan yaa liat bagaimana proses pengambilan darahny? benar2 wanita kuat, hihi. banyak pasien yg rewel saat diambil darahnya. tapi bunda malah mau mengajukan diri. demi berkembangnya penelitian ya bund...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena berbagi itu indah kak, berbagi itu bukan hanya uang, dari darahpun kita bisa berbagi untuk kelangsungan obat di Indonesia, karena sebelum launching obat ini harus di teliti dulu, apakah layak atau tidak untuk di launching

      Delete
  13. Wah saya baru tahu tentang farmakodinamik ini. Ga rugi nih, baca2 pengalaman kak Sumiyati. Efeknya menyehatkan jiwa raga ya, Alhamdulillah dapat uang saku yang lumayan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, karena berbagi itu bukan hanya uang saja, dengan darahpun kita masih bisa berbagi. Karena sebelum obat ini di launching harus diteliti, apakah layak atau tidak obat ini di launching di Indonesia

      Delete
  14. Asyik banget yaaa, jadi mitra peneliti dan bisa memanfaatkan hasil penelitian juga.
    Semoga hasilnya ini bermanfaat untuk banyak masyarakat Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan keikutsertaan dalam penelitian obat farmasi, berarti kita ikut andil untuk launching obat farmasi di Indonesia

      Delete
  15. Ternyata prosesnya cukup panjang juga ya mba, duh sepertinya aku tidak sanggup di bagian penelitian kedua, diambil 9x sampel dengan jarak 30 menit. Mbanya kuat banget dan keren nih membantu dalam penelitian tim Equileb International :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya dalam pengambian darat itu sama dengan jika kita donor darah, bedanya kalau donor darah diambil sekaligus , namun penelitian diambil daranya per 30 menit sekali

      Delete
  16. Wah, ikut jadi probandus buat penelitian ya mbak hehehe. Pengalaman unik juga sih, semoga sehat-sehat selalu dan penelitiannya bermanfaat untuk kesehatan masyarakat luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunyan penelitian ini sangat bermanfaat buat obat farmasi di Indonesia

      Delete
  17. Wah ada peneltian baru tentang menurunkan glukosa yaa. Semoga ditemukan obat baru dari penelitian ini yang bisa bantuin org sakit diabet dll gtu ya bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, dengan ikutan peneitian artinya kita sudah andil dalam launching obat farmasi di Indonesia

      Delete
  18. Tq infonya, saya donor juga tapi ga rutin. Akan saya agendakan dulu nih biar rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap 4 bulan sekali kak donor darah itu, dengan donor darah kita bisa berbagi dan tubuh kita juga akan lebih sehat karena ada pergantian darah baru.

      Delete