Monday 18 March 2019

Cegah Kanker Serviks Dengan Vaksinasi HPV


Yuki Kato & Dr. Venita Eng.MSc
Tahun lalu dunia hiburan telah kehilangan selebriti Yulia Rahmawati (Jupe) akibat bertahun-tahun menderita kanker serviks, yaitu Kanker yang terjadi di daerah serviks (leher rahim) pada bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim dan vagina. Dimana fungsi dan sifat sel kanker 99,7% rentan terhadap infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Oleh karena itu duta kanker serviks Cinta Laura Kiehl perduli akan nasib perempuan dengan membuktikan langkah nyatanya dalam upaya mengadvokasi masyarakat akan pencegahan kanker serviks.

Dari data GLOBOCAN (Global Burden Cancer) tahun 2018 angka kematian akibat kanker serviks di Indonesia mencapat 18.278 pertahunnya. Dan faktanya lebih dari 70% kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif. Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan dini

Apa itu HPV (Human Papilloma Virus)

HPV adalah virus yang menyebabkan kutil kelamin bisa berakibat kanker pada vagina, kanker vulva, kanker mulut dan tenggorokan, kanker anus serta pada laki-laki dapat menyebabkan kanker penis. Karena 8 dari 10 orang terpapar HPV selama hidup mereka :
·     Siapapun beresiko terinfeksi HPV.
·     Penularan HPV bisa secara seksual maupun non-seksual.

Rekomendari WHO

Tahun 2016 data WHO sebanyak 67 negara seperti Australia, Malaysia dan Thailand telah mengimplementasikan program Vaksinasi HPV dan Pap Smear / Iva Test. Dengan adanya vaksinasi HPV selain melindungi kanker serviks dapat juga melindungi dari berbagai macam penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus HPV

Pameran Foto #IamTrulyWoman
Pada kesempatan ini KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks) memberikan vaksinasi HPV untuk pencegahan primer kepada Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato dalam rangkaian kegiatan pameran foto #IamTrulyWoam yang dapat dikunjungi tanggal 8 – 15 maret 2019 di Atrium level 4, Plaza Indonesia.

Kebetulan, kami Komunitas Sahabat Blogger mendapat undangan dari KICKS untuk melihat langsung 2 selebriti untuk melakukan Vaksinasi HPV di depan pengunjung yang hadir untuk membuktikan bahwa pentingnya menjaga kesehatan, karena kita pastinya punya mimpi dan harapan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, kita harus melakukan yang terbaik untuk tetap sehat dan produktif, jangan sampai mimpi dan harapan terhenti hanya karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah, ucap Cinta Laura Kiehl.

Komunitas Sahabat Blogger
Lain lagi yang disampaikan oleh selebriti Yuki Kato bahwa perempuan saat ini dapat memiliki peran yang aktif untuk dapat menjaga kesehatannya. Saya berharap dengan melakukan vaksinasi HPV ini, perempuan Indonesia dapat melindungi dari bahaya kanker serviks yang sebenarnya dapat dicegah dengan Vaksinasi HPV karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Fakta Vaksinasi HPV
· Vaksin HPV sudah terbukti keamanannya, karena vaksin HPV telah mengalami uji klinis yang dilakukan oleh otoritas kesehatab pemerintah dan akhirnya bisa disebarkan ke masyarakat.
·   Vaksinasi HPV disarankan pada anak-anak sejak usia dini 9 tahun, karena di usia tersebut respon kekebalan tubuh anak sedang berada dalam tahap terbaiknya, sehingga mampu dengan efektif mengembangkan sistem antibodi terhadap virus HPV yang mapan dalam jangka panjang.
·   Vaksin HPV tidak menimbulkan efek samping, memberi kemerahan pada daerah bekas suntikan. Bila terjadi syncope (pingsan sesaat) itu tidak berbahaya, disarankan untuk tetap duduk selama minimal 15 menit setelah pemberian vaksin.
·   Vaksin HPV tidak menyebabkan masalah kesuburan wanita.


Diakhir acara Dr. Venita Eng, MSc, perwakilan dari YKI DKI mengatakan bahwa “banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV”. Semoga dengan adanya himbauan secara langsung pemberian vaksinasi HPV, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi perempuan Indonesia untuk tersadar akan pentingnya melakukan pencegahan vaksinasi HPV dan deteksi dini.

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa no. 089616613396




30 comments :

  1. Vaksin bagus mengapa harus di hindari. Hal ini karena kita yakin bahwa itu aman dan tidak menganggu kesuburan .

    Jadi tidak perlu deh kita pikir panjang buat vaksin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye bener mpok, buat para perempuan yuk kita hindari kanker serviks dengan pencegahan melalui Vaksinasi HPV

      Delete
  2. Wahh, ternyata bisa d cegah ya penyakit kanker serviks itu, dgn vaksin HPV, mks info nya makk .. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong, semua penyakit pasti ada obat dan pencegahannya. Oleh karena itu sosialisasi sangat penting agar ilmu yang kita dapatkan perlu disebar luaskan kepada masyarakat luas.

      Delete
  3. Waah, ternyata Cinta Laura jadi Duta Kanker Serviks yah.
    Emang harus semakin sering penyebaran info dan advokasi soal ini karena kanker serviks sangat membahayakan dan belum semua orang aware tentang hal ini. Sosialisasi ke para remaja di sekolahan juga itu bagus biar semua bisa mencegah dgn melakukan vaksin ataupun papsmear. Yuki Kato dan Cinta aja berani vaksin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget dengan cara bersosialisasi maka masyarakat luas dapat mengetahui cara pencegahan kanker serviks dengan cara Vaksinasi HPV 6 bulan sekali.

      Delete
  4. Ya, Bunda...setuju sekali dengan kampanye cegah kanker servuks ini.
    Semoga dengan adanya himbauan secara langsung pemberian vaksinasi HPV ini, akan menjangkau lebih banyak lagi perempuan Indonesia untuk tersadar akan pentingnya melakukan pencegahan vaksinasi dan deteksi dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, karena pencegahan itu lebih baik dari pada pengobatan. jadi luangkan waktumu untuk melakukan Vaksinasi HPV agar sehat

      Delete
  5. Penting banget ya mba vaksin HPV ini, secara pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan.

    Dan kanker serviks beneran jadi pembunuh paling banyak bagi wanita sekarang ini.
    sedih dan serem deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, oleh sebab itu pentingnya sosialisasi seperti ini, agar masyarakat luas lebih mengenal tentang pencegahan Kanker serviks dengan cara Vaksinasi HPV

      Delete
  6. Syukurlah sekarang sudah ada vaksinasi HPV, sehingga kanker serviks bisa dicegah sejak dini. Terimakasih sharingnya, bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke kakak, sebarkan informasi penting ini, agar masyarakat lebih mengetahui cara pencegahan kanker serviks dengan Vaksinasi HPV

      Delete
  7. Kanker serviks salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita termasuk saya, kanker serviks ternyata bisa dicegah ya dengan vaksinasi memang mencegah lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kakak, pencegahan lebih baik dari pada pengobatan, Jadi mulai sekarang perempuan Indonesia yuk ... kita Vaksinasi HPV

      Delete
  8. Penting banget vaksin ini...jadi setidaknya bagi pasangan harus melakukan vaksin ini agar tidak terjadi hal2 yang tak diinginkan dan merugikan pasangannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sebagai perempuan harus mawas terhadap penyakit kanker serviks ini dengan cara pencegahan Vaksinasi HPV

      Delete
  9. Setelah banyak sosialisasi vaksin ini semoga semakin berkurang penderita penyakit kanker serviks di tempat kita. Jangan sepelekan vaksin karena sebagai manusia kita harus berikhtiar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik pencegahan dari pada pengobatan. Dengan sosialisasi ini masyarakat akan lebih mengenal cara pencegahan kanker serviks

      Delete
  10. Sebaiknya wanita memang harus vaksin HPV dan rutin pap smear. Mencegah lebih baik daripada mengobati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan sosialisasi ini masyarakat lebih mengenal pencegahan kanker serviks hanya dengan Vaksinasi HPV

      Delete
  11. Adanya vaksin HPV ini membantu perempuan banget ya mak, khususnya dalam mencegah diri dari kanker serviks. Disamping, juga harus disupport dengan pola hidup sehat yg tepat, setuju banget mak

    ReplyDelete
  12. Papsmear dan vaksin HPV, penting banget ya aslinya bagi wanita. Dan duh, kok ya saya kelupaan terus untuk melakukan ini! Mesti bikin reminder dalam jangka waktu dekat nih biar nggak kelupaan lagi.

    ReplyDelete
  13. Halo mba, oh jadi itu toh alasan kenapa bagusnya di umur 9 tahun. Alasan respon imun yaa.. Soalnya suka sedih kalo ada nyinyir *eh maksudnya mempertanyakan Kenapa anak2 yg divaksin? Emang mereka bla bla bla, hiks.

    ReplyDelete
  14. Vaksin HPV ini penting sekali. Semoga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat semakin sadar akan bahayanya kanker serviks.

    ReplyDelete
  15. Kanker mematikan yg ditakuti wanita nih. Sekarang udah ada vaksinnya ya

    ReplyDelete
  16. remaja muda wajib tau kalau vaksin ini bisa ditempuh meskipun belum menikah ya mak

    ReplyDelete
  17. duh ternyata bisa kena secara non seksual. semoga kita terhindar dari penyakit kanker serviks dengan vaksin HPV. anakku yang pertama uda vaksin HPV, bener bun lebih baik mencegah daripada mengobati.

    ReplyDelete
  18. Setuju banget dengan pemberitaan ini. Semua wanita seharusnya wajib melakukan vaksinasi HVP supaya sehat dan terhindar dari penyakit yang mematikan ya.

    ReplyDelete
  19. Vaksin HPV ini kayaknya belum tersebar luas ya mba infonya semoga makin meluas infonya untuk pencegahan kanker serviks ya mba

    ReplyDelete
  20. Penting banget nih infonya buatku dan perempuan lainnya, jadi banyak tau. Apalagi sekarang sudah ada vaksin untuk pencegahannya ya.

    ReplyDelete