Saturday 29 December 2018

Sepuluh Tulisan Content Writer di website Serempak Indonesia


Sebagai seorang blogger, tentunya sangat senang bila tulisannya banyak dibaca orang, apalagi bila seorang penulis bisa menjadi Content Writer di salah satu website Pemerintah, sesuatu yang tidak dapat dibayangkan, secara website pemerintah tentunya banyak dibaca kalangan masyarakat luas.

Ketika itu sepulang dari solat Idul Adha, tepatnya tanggal 22 Agustus 2018 ada wapri  dari Mbak Martha Simanjuntak seorang Founder Indonesian Women IT Awareness (IWITA) yang bunyinya “mbak bisa call saya?” langsung aku call, yang intinya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membutuhkan 80 tulisan untuk ditayangkan setiap hari di website www.serempak.id

Karena aku sebagai Ketua IWITA Bekasi dan selaku Founder Komunitas Sahabat Blogger, tentunya aku merecruit blogger yang tulisannya informatif yang aktual  untuk dibaca masyarakat Indonesia. Akhirny aku memilih Sumiyati Sapriasih, Eka Murti, Saepullah, Nur Sobah, Rahmat Adi Rang Putih (5 orang Blogger Jakarta), Rahmi Aulia Hidayat dan Siti Nur Maftuhah (2 orang Blogger Bandung), Auda Zaschkya ( blogger Medan). Kemudian kita buatkan WAG untuk memudahkan komunikasi dan tugas yang akan diberikan oleh Ibu Martha dan mbak Rahmarani.

Pertama yang kita lakukan adalah mengisi form Kontributor Serempak dalam bentuk word. Ketentuan kategori tulisan berupa :
1.       Kesehatan & Kecantikan
2.       Ibu & Anak
3.       IPTEK
4.       Hukum & Kebijakan
5.       Wisata, Budaya dan Kuliner
6.       Layanan Umum
7.       Karir dan Pengembangan Usaha

Kedua harus kirim CV. dan KTP Sebagai identitas berikut foto diri 4x6
Ketiga setiap blogger dapat menulis 10 tulisan selama 2 bulan dengan masing-masing kriteria 2 tulisan yaitu bulan September 5 tulisan dan 5 tulisan bulan Oktober 2018.

Pada tulisan pertama tayang tanggal 11 Oktober 2018 bercerita tentang “Bahaya Rokok Bagi Kesehatan”. Dalam hal ini pemerintah sebagai pengemban amanah untuk masyarakat, agar dapat menaikkan tarif cukai dan harga rokok harus dinaikkan. Biaya tarif cukai dihitung sesuai dengan jenis rokok. Inilah 3 macam rokok yang ada di pasaran yaitu Rokok Kretek Mesin, Rokok Kretek Tangan dan Rokok Putih Mesin. Monggo dibaca lanjutan-nya :  https://serempak.id/yuk-ingat-lagi-bahaya-rokok-bagi-kesehatan/(Articles Health & Beauty)

Tulisan kedua tayang tanggal 12 Oktober 2018 bercerita tentang “Mencicipi Kuliner Kebab Baba Rafi”. Buat kalian yang tertarik memiliki usaha Kebab Baba rafi, kini saatnya membuka Outlet Kebab Superhero di setiap POM Bensin. Untuk SDM, bahan baku, peralatan hingga training dan sistem berjualan sudah dipersiapkan dari PT. Baba Rafi Indonesia. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/mencicipi-kuliner-kebab-baba-rafi/ (Articles Career and Bussiness Development)

Tulisan ketiga tayang tanggal 13 Oktober 2018 bercerita tentang “Layanan Kereta Api Indonesia Bagi Masyarakat”. Tujuan dari Kereta api dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan guna terciptanya situasi kondusif bagi kelangsungan Perusahaan. Yuk kita gunakan fasilitas yang ada di kereta api, saling hargai menghargai sesama penumpang dan berikan tempat duduk bagi lansia, disabilitas, wanita hamil, ibu menyusui dan ibu membawa anak. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/layanan-kereta-api-indonesia-bagi-masyarakat/ (Articles Public Services)

Tulisan keempat tayang tanggal 15 Oktober 2018 bercerita tentang “Pentingnya MPASI Bagi Anak Untuk Tumbuh Kembang Optimal” anak usia 6-24 bulan adalah usia yang membutuhkan perhatian penuh seorang ibu, karena pemberian ASI dan MPASI yang baik harus diperhatikan untuk perkembangan otak dan untuk tumbuh kembang yang optimal. Jadi sebagai ibu harus benar-benar memperhatikan asupan gizi pada anak, karena jika kita terlena, maka waktu tidak akan berputar kembali, untuk itu sisihkan waktumu memberi perhatian pada anak, hanya 6 hingga 24 bulan saja kita harus memberikan MPASI pada bayi. Jangan sampai terlewatkan momen ini. Monggo dibaca lanjutan-nya :  https://serempak.id/pentingnya-mpasi-bagi-anak-untuk-tumbuh-kembang-optimal/ (articles Mom & Kids)

Tulisan kelima tayang tanggal 16 Oktober 2018 bercerita tentang “Registrasikan Sim Card Prabayarmu Agar Terhindar Dari Penipuan” Dalam kebijakan Menkominfo Terhadap Registrasi SIM CARD prabayar dibuat untuk melindungi pengguna dan menjaga kerahasiaan data pribadi pelanggan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Dan registrasi ini akan melindungi konsumen dari tindak pidana seperti penipuan melalui pesan singkat atau telepon yang marak terjadi, karena pemerintah dapat menelusuri identitas dari pemilik nomor yang digunakan untuk penipuan. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/registrasikan-sim-card-prabayarmu-agar-terhindar-dari-penipuan/ (Articles Law And Policy)


Tulisan keenam tayang tanggal 17 Oktober 2018 bercerita tentang “Menikmati Kuliner Di Restoran Tepi Danau” Talaga Sampireun cocok untuk acara pernikahan juga karena lokasi dapat menampung 800 orang untuk standing party dan 400 hingga 500 orang untuk duduk. Disamping itu, Talaga Sampireun memiliki 4 meeting room dengan kapasitas 40 seat lengkap dengan wifi dan sound system serta perlengkapan meeting, seperti icd dan proyektor. Selain itu tersedia playground yang cukup memadai, jadi aman buat para ibu yang mempunyai anak, sehingga orang tua bisa santai mendengarkan musik tradisional berupa kecapi dan suling. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/menikmati-kuliner-di-restoran-tepi-danau/ (Articles Travel, Culture, Culinary)

Tulisan ketujuh tayang tanggal 19 Desember 2018 bercerita tentang “Hukum Pernikahan Dalam Islam”. Seberapa pentingkah resepsi pernikahan itu? Sebenarnya sih … acara resepsi pernikahan itu untuk mengumumkan “Ini loh … kita sudah resmi menikah” dan juga sebagai ajang silaturahmi untuk berbagi kebahagiaan. Kebiasaan di masyarakat yang menjadikan resepsi pernikahan adalah sebuah paket dari pernikahan itu sendiri. Tapi yang paling penting dari sebuah pernikahan adalah momen sahnya yaitu akad nikah. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/hukum-pernikahan-dalam-islam/ (Articles Law And Policy)


Tulisan kedelapan tayang tanggal 20 Desember 2018 bercerita tentang “Manfaat Belerang Untuk Kesehatan Pertanian Dan Industri”. Ciri khas air belerang itu, terletak pada warna cenderung keruh dan aromanya bau sulfur, karena sulfur oksida salah satu spesies dari gas-gas oksida sulfur (SOx). Gas ini sangat mudah larut dalam air, sehingga sulfur dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti : meteorit, gunung berapi, sumber air panas. Monggo dibaca Lanjutan-nya : https://serempak.id/manfaat-belerang-untuk-kesehatan-pertanian-dan-industri/ (Articles Healt & Beauty)

Tulisan Kesembilan tayang tanggal 26 Desember 2018 bercerita tentang “Taksi Salah Satu Moda Transportasi Umum Aman Dan Nyaman”. Taksi Blue bird Group sudah merupakan sebuah perusahaan transportasi untuk melayani masyarakat Indonesia sebagai transportasi umum. Blue Bird Group berdiri pada tahun 1972 yang sudah mempunyai cabang di Indonesia seperti: Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Cilegon, Semarang, Manado, Makassar, Denpasar, Mataram, Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang dan Padang. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/taksi-salah-satu-moda-transportasi-umum-aman-dan-nyaman/ (Articles Public Services)

Tulisan Kesepuluh tayang tanggal 27 Desember 2018 bercerita tentang “Berikan Nutrisi Pada Anak Dalam Masa Pertumbuhan”. Masyarakat Indonesia cenderung lebih sedikit membelanjakan uang untuk konsumsi pangan bernutrisi, karena mahalnya harga pangan. Ini terbukti ketika harga pangan rendah, status gizi masyarakat cenderung meningkat secara signifikan, Namun ketika harga pangan naik orang akan mengkonsumsi makanan lebih murah seperti beras, jagung dan ubi yang relatif murah dari pada makanan bernutrisi tinggi seperti buah, sayuran, dan protein hewani. Monggo dibaca lanjutan-nya : https://serempak.id/berikan-nutrisi-pada-anak-dalam-masa-pertumbuhan/ (Articles Health & Beauty)

Alhamdulillah sepuluh tulisan Content Writer telah tayang di website serempak Indonesia, dari kalangan masyarakat seluruh tanah air Indonesia bisa menikmati informasi yang aku tuangkan dalam tulisan. Terima kasih IWITA yang telah memberi kesempatan ini. Kami berharap bagi brand atau yang membutuhkan Content Writer di website bisa hubungi wa no. 085779065707 atau di email ke : sumiyatisapriasih@yahoo.com.

Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan portofolio dalam bekerjasama dengan beberapa brand :


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wn No. 085779065707
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

68 comments :

  1. Replies
    1. iya mbak Artha harus produktif, karena semakin banyak blogger, jadi kita harus mengembangkan diri lebih baik lagi.

      Delete
  2. Salut, saya blm pernah menjamah menjadi content writer di situs lain selain blog saya sendiri. Bagi tipsnya dong bunda....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama halnya seperti nulis di blog sendiri. kalau mau boleh nulis di website www.sahabatblogger.or.id kirim naskah dan gambar ke email hai@sahabatblogger.or.id setelah publish kompensasinya nanti aku kasih paket shampo natur. berminat kah ?

      Delete
  3. profesi content writer sekarang cukup menjanjikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, selain itu tulisan kita banyak dibaca masyarakat luas.

      Delete
  4. Wauuuu kerennnnnnn.. Saya mau dong jadi salah satu blogger yg tulisannya dimuat juga. Kali kali, wkwk. Tulisan ini membuat saya terinspirasi agar saya berusaha lg memperbaiki tulisan saya dan sebisa mungkin buat tulisan yg informatif dan bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa mbak, rajin menulis untuk melatih diri, nanti tulisan kita akan dilihat atau dilirik oleh brand yang akan membutuhkan content writer

      Delete
  5. Replies
    1. mbak inez juga keren bisa mengisi jadi narasumber di komunitas sahabat blogger

      Delete
  6. wah keren nih mak sumiyati. tulisannya udah banyak euy

    ReplyDelete
  7. kerennn makkk... selalu produktif dan semangat banget dalam menulis! 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. diasah terus dalam menulis. karena tulisan yang sering terbit akan muncul ide - ide baru dan pastinya akan dibaca dan dilirik sama brand ternama. semgat ya ... mak vharanie

      Delete
  8. Pengen juga bsa diajak kerjasama dg brand. Tapi blum tau jalan ke sana. Dtunggu tipsnya ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. menulis terus mbak, pasti suatu saat tulisan kita akan dilirik sama brand dan tentunya menghasilkan sesuatu

      Delete
  9. asik ya ikutan event nulis kek gini. ajak2 aku dong lain kali... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbak suatu saat ada kesempatan kita bisa bareng event ya

      Delete
  10. Wah keren mak Sumi, tulisannya pasti bagus-bagus. Kalau mau daftar Serempak gimana? Salut sama mak Sumi, terus berkarya menggiatkan literasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ya ... kalau ada penambahan content writer insya allah mak ovianty aku colek

      Delete
  11. Keren bun.Salut saya👏
    Saya seringnya nulis di blog sendiri. Belum pernah seperti bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. latih menulis setiap hari dan akan terbiasa ide-ide muncul yang unik, biasanya ide yang unik itu akan dilirik oleh brand

      Delete
  12. Iya bener bu, harus kita beri literasi mengenai registrasi sim card agar terhindar dri penipuan. Nah misalkan ada nomor yg berniat menipu kita tinggal laporkan pihak berwajib karena di nomornya udh data pemiliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups bener banget kartu sim card harus registrasi terlebih dahulu, agar tidak banyak penipuan yang terjadi di masyarakat

      Delete
  13. Masya Allah, produktif sekali Ibu. Salam kenal dari saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi perempuan itu harus produktif, sebarkan informasi yang bermanfaat. Agar dapat dibaca orang banyak

      Delete
  14. Terus berkarya untuk sebuah tulisan dalam platform apa pun. Klo ada kegiatan menulis apa boleh bergabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dong, nanti aku colek ya kak Moch. Ferry

      Delete
  15. Masyaallah hebat banget, Mbak. Bisa terpilih menjadi content writer. Semoga aku bisa seperti mu ya. Bisa join dengan salah satu brand besar, sehingga karya tulisku dapat dinikmati pembaca setanah air. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin terus berkarya jangan pernah putus asa, suatu saat brand pasti akan menghampirimu

      Delete
  16. Masyaallah hebat banget ya Mbak bisa menjadi salah satu content writer di sebuah brand. Semoga aku bisa seperti mu ya. Tulisannya bisa dilirik salah satu brand dan dinikmati pembaca setanah air. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya allah, terus berkarya dalam tulisan, karena tulisanmu akan terbaca oleh masyarakat luas, sehingga tulisanmu bisa menginspirasi banyak orang

      Delete
  17. Asik asiikk!
    Menyenangkan sekali apabila kita dapat kesempatan menulis di website SEREMPAK.
    BarokALLAH Bund.
    Semogaaa bs menjadi sumber semangaatt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin bersyukur wujud insan yang penuh tanggung jawab, karena itu menulislah dengan baik karena tulisanmu akan dibaca banyak orang. apalagi bisa meng-ispirasi masyarakat

      Delete
  18. Wow, sangat produktif sekali Bunda Sumi dan kawan2 :D Hebat juga ya dalam sebulan harus sanggup menyelesaikan banyak tulisan hehehe. Senang banget dong karya kita dibaca banyak orang dan berfaedah. Barakallah ya bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya robbal alamin, jangan pernah berhenti menulis karena tulisan kita akan dibaca banyak orang. Apalagi tulisan kita bisa menjadi inspirasi buat masyarakat

      Delete
  19. Terima kasih sudah menginspirasi Bu..Semoga bisa produktif seperti ibu dan aktif menulis dengan kualitas yang bagus juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilatih terus dalam menulis, karena latihan menulis setiap hari tulisan akan semakin bagus dan tentunya banyak dibaca orang. apalagi nila tulisan kita dapat meng-inspirasi banyak masyarakat, semakin dicari brand tiulisan kita

      Delete
  20. molly juga mau nih jadi kontributor di website serempak. supaya bisa menggaet banyak pembaca dan makin luas nih pembaca artikelku

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayu kak bikin tulisan yang dapat meng-inspirasi masyarakay, agar dilirik sama brand

      Delete
  21. Kalau join dengan grup/komunitas selalu ada ide dan kesempatan untuk bisa mengeksplor lagi tulisan2 kita. Pastinya ada aja ide menulis. Keren mbak produktif terus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, menulis itu memang harus dari hati, agar bisa menuangkan ide ide yang cemerlang

      Delete
  22. Keren sekali bu. Kreativitas menulis anggota lain juga ikut bersinergi.
    Manfaat untuk Serempak Indonesia dan penulis2 content writer-nya.
    Semoga kesempatan baik seperti ini bisa menular pada yg membaca tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita tingkatkan tulisan kita agar dapat meng-inspirasi masyarakat sehingga brand banyak yang melirik tulisan kita

      Delete
  23. wah keren banget bu, bisa produktif sebagai content writer juga
    apa nih keseruan jadi content writer dibanding blogger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. content writer itu kita bisa menulis di platform orang, sedangkan blogger nulis di blog pribadi. itu bedanya kak Dee_arif

      Delete
  24. seneng ya bisa nulis untuk website pemerintah

    saya juga pernah diajak bikin ensiklopedia pramuka, waktunya pendek tapi saya mau banget, bahkan enggak dibayar juga mau karena bangga banget ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sangat senang bisa menulis di platform pemerintah, banyak yang baca tulisan kita dari kalangan pemerintah

      Delete
  25. Super produktif dan super keren, tulisannya pasti menginspirasi dan banyak membantu pembaca apalagi di post di Serempak. Salam kenal ya Bu, dan semoga bisa bekerjasama juga nih untuk content writer kadang di tempat kerja suka perlu tambahan artikel setiap bulannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong kak aku jadi content writer di kantor kakak Yasinta Astuti, ini nomor wa aku : 085779065707 dengan Sumiyatri Sapriasih

      Delete
  26. Weww, saya mau juga dong jadi kontributor di websitenya pemerintah. Kira-kira di Balikpapan juga ada nggak ya? Mupeng banget ... hihihiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa dicari website pemerintah di Balikpapan kak, semoga terwujud ya

      Delete
  27. Hebat mbak bisa menjadi content writer di salah satu brand. Semoga aku bisa sepertimu ya. Hingga banyak pembaca setanah air menikmati tulisanku. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting asah tulisan kita agar bisa meng-inspirasi masyarakat sehingga banyak bran yang lihat.

      Delete
  28. Luar biasa, semangatnya kak Sumiyati bisa menjadi content writer di website pemerintahan. Mantap itu, dan tentunya gak sembarangan content writer bisa masuk ke ranah itu. Mudah2an job ke depannya juga makin banyak ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya robbal alamin, karena menulis itu hobi saya, jadi saya akan terus menulis agar tulisan aku dibaca orang banyak dan tentunya banyak bermanfaat bagi masyarakat

      Delete
  29. Keren bu, tulisannya membuat saya semakin optimis jika nanti sya sudah pensiun ingin tetap bisa beraktivitas tanpa merepotkan keponakan dan orang2 terdekat dengan menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. menulis kalau dari hati, inspirasi bisa mengalir apa adanya, sehingga tulisan terlihat lebih natural

      Delete
  30. MashaAllah. Keren banget Mbak Sumi. Selalu semangat berbagi dengan tulisan-tulisan yang mengedukasi dan membawa manfaat bagi para pembaca. InshaAllah bisa jadi berkah dan amalan sepanjang hidup ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya robbal alamin teruslah menulis agar orang lain dapat membaca tulisan kita, dan di sepanjang hidup kita akan dikenal sebagai penulis yang dapat menginspirasi banyak orang

      Delete
  31. Kereen sekali, bisa produktif banget menghasilkan karya! Saya jadi malu, masih sering malas-malasan dan suka ngeluh hihi. Bisa jadi acuan buat lebih semangat tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. teruslah menulis, karena karya-karya kita akan dibaca banyak orang, apalagi tulisan kita dapat mengispirasi banyak orang

      Delete
  32. Semangat terus menulis Bu, dan semoga banyak brand lagi ya yang bekerja sama dengan content writer karena dapat menulis berbagai bidang secara kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya robbal alamin, dengan menjadi content writer kita dapat mengenal beberapa karakter dari tulisan yang kita tulis

      Delete
  33. Keren banget buu, udah jadi content writer untuk pemerintah
    btw, web serempak.id sekarang jarang update ya bu? saya cek sebulan hanya ada beberapa artikel aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, mungkin saat ini sedang pandemi kak Rania

      Delete
  34. Ketika bisa berbagi informasi itu menjadi suatu hal yang menyenangkan dan ada kepuasan tersendiri ketika banyak pembaca yang terinspirasi
    Tetap semangat berbagi lewat tulisan ya Bu.. produktif dan saling bersinergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak, semoga kita sebagai penulis dapat meng-inspirasi banyak orang dengan tulisan kita

      Delete