Wednesday, 1 January 2020

Dampak Aktivitas Bisa Menyebabkan Nyeri Tulang Belakang

10 Orang Blogger & Vlogger
Untuk kedua kalinya rumah sakit Premier Jatinegara mengadakan talk show blogger & vlogger gathering tentang kesehatan, yang pertama Parkinson, bisa dibaca ulasannya disini. Kali ini kita akan membahas “Nyeri Tulang Belakang” dengan narasumber dr. Wismaji Sadewo Sp.BS.(k) bekerja sebagai dr. ahli bedah syaraf (neuro surgery) di Rumah Sakit Premier Jatinegara Jl. Raja Jatinegara Timur No.85-87 Jakarta Timur

Minggu yang cerah tepatnya tanggal 29 Desember dipenghujung tahun 2019 saya menimba ilmu yang luar biasanya mengenai hal yang sering dilakukan namun kita tidak sadar dampak dari kegiatan ini, misalnya :
  1. apabila kita melakukan aktivitas olahraga tanpa melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu
  2. duduk berlama-lama di depan computer dengan posisi kurang tepat dan tanpa istirahat
  3. menggunakan sepatu high heels dalam waktu yang lama
  4. membawa beban berat tanpa bergantian tangan kanan dan tangan kiri 
dr Wismaji Sadewo Sp.BS (k)
Sebagai pembuka dr, Wismaji Sadewo Sp.BS (k) melontarkan Pertanyaan kepada peserta talk show, Siapa yang belum pernah mengalami nyeri tulang belakang? hanya beberapa orang saja yang tunjuk tangan, karena nyeri tulang belakang bisa menyerang siapa saja, sayapun pernah mengalaminya ketika habis senam, tulang pinggang terasa sakit untuk digerakkan bahkan berjalanpun sakit. Akhirnya pergilah untuk teraphy botox, karena botox dapat melumpuhkan syaraf yang tegang, dan botox tidak hanya berguna untuk kecantikan saja, melainkan bisa dilakukan sebagai aternatif pengobatan nyeri tulang belakang.

Tentunya kalian sudah tahu dong … tentang struktur organ tubuh manusia yang memiliki 33 ruas tulang belakang, 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruang tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang dan 4 ruas tulang ekor. Tulang belakang adalah serangkaian tulang yang berada di bagian belakang tubuh manusia, mulai dari bawah kepala hingga tulang ekor. Fungsinya untuk melindungi tubuh serta menjadikannya tegak, namun tetap bisa lentur saat membungkukkan badan atau berputar ke kanan dan ke kiri. 

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko tulang belakang seperti berat badan (obesitas), wanita hamit, merokok, stress atau depresi dan siklus bulanan (mentruasi). Indikasi nyeri tulang belakang ditandai dengan nyeri di leher, di punggung, pinggang maupun tulang ekor. Dari faktor kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama, seperti duduk terlalu lama depan computer, menyetir kendaraan dalam jarah jauh tanpa istirahat, tidur dengan matras yang posisinya tidak berubah-ubah dan mengangkat sesuatu terlalu berat seperti apa yang telah saya paparkan diatas.  
 
Sebelum melakukan olah raga harus pemasan dulu
Untuk pengobatannya terapi dapat dilakukan secara bertahap dengan cara :
  1. Pijat pada bagian tertentu saja
  2. botox dapat melumpuhkan otot tegang
  3. akupuntur dapat membantu meringankan sakit punggung dan merasa lebih rileks
  4. olah raga yoga dengan latihan pernapasan dapat membantu memperkuat otot punggung

Tentang Rumah Sakit Premier Jatinegara

Rumah sakit premier jatinegara merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health care yang telah berhasil meraih Akreditasi Internasional Dari JCI (Joint Commision International), Akreditasi Paripurna dari KARS, sertifikasi HICMR dan Halal MUI. Rumah sakit premier Jatinegara didirikan pada tahun 1989 yang memiliki keunggulan didalamnya berkomitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis yang tersedia.
 
Rumah Sakit Premier Jatinegara
Selain itu rumah sakit premier jatinegara memiliki layanan unggulan yang ditangani oleh ahli spesialis yaitu Neuro Surgery, Cardiac & Cardiac Surgery, digestive & Gastroenterology dan Urolagi. Dan memiliki Klinik Eksekutif Premier yang melayani kasus-kasus non-darurat dan perawatan yang regular seperti :
·        Penyakit dalam – Endokrin & Metabolik
·        Penyakit dalam – Gastro Hepatologi
·        Penyakit dalam – Nefrologi
·        Jantung dan pembuluh darah
·        Saraf
·        THT
·        Mata
·        Bedah Onkologi
·        Kebidanan & Penyakit kandungan

Waktu pelayanan hari senin – sabtu dari jam 15.00-21.00 wib. Untuk pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Premier Jatinegara sekarang lebih cepat dan mudah, bisa melalui online, whatsapp ke nomor 08111637666 maupun sms ke nomor 0812777666. Yuk … teman bila sudah terasa  nyeri tulang belakang jangan biarkan dan jangan tunda lagi, segera hubungi rumah sakit premier jatinegara.



Salam
Sumiyati Sapriasih
Wa No. : 08579065707


No comments :

Post a Comment