Sunday, 10 November 2019

Kenali Penyakit Parkinson Dan Cara Mengobatinya

Seminar Mengenal Parkinson

Tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi tua adalah kepastian, karena hidup adalah menunda kematian begitulah kenyataan yang harus kita hadapi. Sebut saja seorang legendaris Petinju Indonesia Muhammad Ali yang dulunya gagah, dikagumi banyak orang, ternyata di usia 60 tahun terkena penyakit Parkinson salah satunya karena hantaman dan benturan keras di kepala akibat pukulan tinju ketika bertanding. Parkinson merupakan penyakit degenerasi sel saraf dan hilangnya sel-sel yang memproduksi dopamine di otak.

Kebetulan tanggal 7 November 2019 Rumah Sakit Premier Jatinegara mengadakan seminar Vloggers dan Blogger bertema “Mengenal Parkinson” dengan narasumber dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S . Pada tahun 1990 Fakta menunjukkan ada sekitar 2,6 juta orang yang terkena Parkinson, dan tahun 2015 mengalami kenaikan yang signifikan menjadi 6,5 juta.

Apa itu Parkinson ?

Parkinson adalah penyakit degenaratif yang menyerang otak pada umumnya yang menyerang di usia lanjut. Parkinson ini belum diketahui penyebabnya, karena akibat dari degenerasi sel saraf dan hilangnya sel-sel yang memproduksi dopamin di otak. Penyakit ini mengakibatkan penurunan fungsi sistem motorik.
70 orang Vlogger dan Blogger
WHO menyatakan bahwa Parkinson bisa dicegah dengan pola hidup sehat sejak dini, dengan makanan fresh, biasakan aktifitas fisik, berat badan yang baik, jauhi polusi udara, makanan yang berlemak dan minuman yang beralkohol. Lewi body adlah jumlah yang tidak normal dari protein yang terbentuk di dalam sel saraf.

Berdasarkan para peneliti yang diikuti oleh Mayo clinic, mereka percaya bahwa lewy body memegang peranan penting sebagai penyebab penyakit Parkinson, karena itu hidup sehat itu merupakan salah satu pencegahan penyakit Parkinson.

Gejala Utama gangguan gerak penyakit Parkinson adalah :
  1. Gemetar (Tremor) yaitu gerakan yang tidak terkontrol dan tidak terkendali pada anggota badan yang gemetaran.
  2. Kekakuan Gerak (Rigidity) yaitu gerakan yang tidak disadari, kesulitan berdiri, kesulitan berjalan dalam gerakan tubuh, kontraksi otot ritmik, otot kaku, berkurangnya ekspresi wajah dan rahang terasa kaku.
  3. Kelambanan Gerak yaitu gerakannya lambat dan jalanpun tersendat-sendat.
Gejala Utama Gangguan Gerak Penyakit Parkinson

Selain gejala utama perlu kita ketahuan gejala non-motor penyakit Parkinson
  1. Gangguan penghidu yaitu berkurangnya kemampuan penciuman atau indera penciuman yang terdistorsi
  2. Gangguan tidur seperti bangun tidur lebih awal, mengantuk siang hari, mimpi buruk dan tidur tidak nyenyak
  3. Sulit buang air kecil dan air besar seperti air seni keluar tanpa ditahan dan air seni menetes
  4. Depresi yaitu gelisah, kelelahan, keseimbangan buruk dan pusing kepala
  5. Halusinasi seperti berkhayal dan bbicata tidak jelas
  6. Tekanan Darah rendah
  7. Gangguan jiwa seperti amnesia, demensia, kebingungan di malam hari, kesulitan berpikir dan sulit memahami bicara orang lain
Nah, setelah kita mengetahui gejala penyakit Parkinson, saatnya kita cari tahu cara pengobatannya ada 3 macam yaitu :

  1. Obat Oral yaitu obat yang akan membantu mengendalikan cara bergerak, berjalan dan masalah tangan bergetar, oleh karena itu obat oral mampu meningkatkan level dopamin
  2. Obat Infus yaitu pemberian obat melalui infus
  3. Operasi merupakan langkah terakhir yang diambil dengan cara memasangkan alat elektronik mikro kedalam otak untuk merangsang bagian sakit
Narasumber dr. Sukono Djojoatmodjo Sp, S

Terkait dengan adanya penyakit Parkinson, Rumah Sakit Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi pilihan tempat pengobatan Parkinson. Semakin lengkapnya Rumah Sakit Premier dengan adanya "Klinik Parkinson & Gangguan Gerak" ditangani oleh dokter ahli yaitu dr. Sukono Djojoatmodjo Sp, S

Rumah sakit Premier Jatinegara beroperasi sejak tanggal 25 Maret 1989. ini merupakan rumah sakit swasta yang memiliki keunggulan komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan dan kelengkapan spealistik serta alat penunjang medis.

Oh ... ya gaes untuk pengobatan penyakit Parkinson sudah bisa di cover melalui layanan asuransi BPJS. Jadi bagi masyarakat bila ingin sekedar konsultasi ataupun ingin berobat mengenai Parkinson bisa langsung ke "Klinik Parkinson & gangguan Gerak" Rumah Sakit Premier - Jakarta Timur.

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No.085779065707
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com 


  

98 comments :

  1. Saya pernah dengar tentang penyakit Parkinson ini tapi belum tahu lebih dalam. Dari postingan ini jadi tahu lebih banyak 😀 walaupun ada pengobatannya, mencegah lebih baik dari mengobati ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak annafi, coba waktu itu kamu hadir diacara parkinson ini, jadi lebih tahu penjelasan dari dokternya langsung

      Delete
  2. Walaupun aku baru tau nama penyakitnya tapi aku suka ngeliat orang tua dengan gejala penyakit Parkinson ini, emang bener kita harus jaga pola makan dan rutin olahraga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups kakak yulinda harus jaga pola makan kita.karena menjadi tua adalah kepastian, karena hidup adalah menunda kematian begitulah kenyataan yang harus kita hadapi.

      Delete
  3. Wah ini.. Para lansia sudah wajib periksa nih. Nanti saya infokan ke mama saya .

    ReplyDelete
  4. Wah rada khawatir jg ini tua nanti. Semoga terhindar dari penyakit ini ya bu. Dari sekarang pola hidup sehat hrs qt Jalani mungkin biat terhindar dr penyKit ini ya.bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups kakak Yessi, yang penting jaga pola makan jangan makan yang serba instan

      Delete
  5. terima kasih informasinya Bu Sumi, Parkinson sudah dicover BPJS ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak Honey, Parkinson sudah tercover oleh BPJS

      Delete
    2. Jadi ingat petinju Mohammad Ali yang menderita parkinson. Penderita seperti ini tentu membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat. Semoga banyak rumah sakit yang memiliki layanan untuk penderita parkinson secara khusus

      Delete
    3. iya kalau Muhammad Ali itu, waktu mudanya sering terbentur kepalanya sehingga mengalami parkinson di usia tua nya. itu salah satu gejala parkinson yaitu benturan dikepala.

      Delete
  6. Parkinson pake obar oral bisa juga yaa beru ngeh aku nii mba sum..heheh

    ReplyDelete
  7. parkinson itu penyakit menua, jadi harus jaga pola makan dari sekarang kakak najmi

    ReplyDelete
  8. Serem parkison ini ya mbak. Padahal bisa diobati ya tapi orang banyak yang gak paham karena menggangap ini penyakit orang tua saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. allah menciptakan penyakit pasti ada obatnya, oleh karena itu jangan pernah berhenti konsultasikan ke dokter, apalagi parkinson bisa dicover dengan pelayanan BPJS

      Delete
  9. Parkinson mengingatkan selalu pada muhammad Ali ya Mba, sedih rasanya.
    Sekaligus mengingatkan kita agar selalu menjaga pola hidup sehat.
    Btw, asyik juga nih kalau BPJS menanggung pengobatan penyakit Parkinson, ga sia-sia iurannya naik hahaha

    JAdinya lebih banyak lagi yang akan terselamatkan :)
    Apapun itu semoga kita selalu diberi kesehatan, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau kisah Muhammad Ali memang selagi mudanya sering terbentur di kepala akibat permainan tinju

      Delete
  10. Oh begitu..jadi penyakit ini menyerang kepada orang2 berusia lanjut umumnya ya bun? Mesti hati2 waspada gt ya jika ada tanda2 tremor dll ini? ALhamdulillaah parkinson sudah bisa dicover BPJS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Nurul, Rumah Sakit Premier Jatinegara dapat menangai dan mengobatai dengan pelayanan BPJS

      Delete
  11. Saya baru tahu lebih banyak nih penyakit Parkinson ini
    Semoga kita terhindar dari penyakit ini. Amin. Seandainya ada yang kena, sudah tahu langkah apa yang harus kita lakukan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. parkinson penyakit menua, jadi harus jaga pola makan sejak dini

      Delete
    2. Meski baru tahu sekarang tidak ada kata terlambat untuk melakukan pola hidup sehat nya ya. Pola makan ini memang sulit banget untuk dijaga. Banyak khilaf nya hehehe

      Delete
  12. Penyakit parkinson pernah saya temui di angkutan umum mba, Kasian sekali ya.. jadinya gerak tubuh terganggu dan terbatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, gerak tubuh dan bicara sangat lambat, karena pola makan selagi muda tidak dijaga. Namun bisa diobati dengan pelayanan BPJS di Rumah Sakit Premier

      Delete
  13. Aku baru tahu lebih dlm ttg penyakit parkinson dari postingan mbak...

    Baru ngeh juga klo bisa diobati dgn cara oral

    Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua penyakit itu pasti ada obat nya, karena allah ciptakan penyakit tentu ada obatnya. yang paling penting cara pencegahannya yaitu jaga pola makan sejak dini

      Delete
  14. Wah ternyata dari gaya hidup yang gak sehat pun bisa menimbulkan penyakit parkinson ini. Parkinson ini bisa disembuhkan total atau hanyabisa diobati utk meredakan gejalanya ya bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa total kak, namun harus pengobatan dan terapi yang teratur. dan bisa menggunakan layanan BPJS di Rumah Sakit Premier

      Delete
    2. Wah alhamdulillah kalau bisa pakia BPJS ya bun, soalnya kan mikirin biayanya aja mungkin udah bikin org tambah sakit hehe. Keren ya premier nerima BPJS kupikir selama ini RS elit yg gk terima BPJS lho :D

      Delete
  15. Terimakasih Bun, saya jadi tahu nih informasi banyak tentang penyakit Parkinson ini. Semoga tulisannya membawa keberkahan bagi pembaca untuk menggali informasi terkait penyakit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robbal alamin, dengan tulisan ini semoga para pembaca memahami dan bisa jaga pola makan sejak dini

      Delete
  16. Wah, ilmu baru nih buat saya. Saya baru tahu gejala-gejala parkinson. Terima kasih informasinya, Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin banyak membaca semakin ilmu dan pengetahuan yang di dapat banyak pula

      Delete
  17. Makasih infonya bu, bermanfaat, jd pengen lbh jaga kesehatan biar ga kena Parkinson

    ReplyDelete
  18. Parkinson ternyata bisa bikin pengidapnya juga mengalami demensia ya. Wah, baru aja saya nonton drakor dengan salah satu tokoh yang mengalami demensia dan badannya suka gemetaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya parkinson itu penyakit menua, dengan gejala tubuh gemetar, berjalan dan bicara sangat lambat

      Delete
  19. Makasih sharingnya bu, semoga kita semua sehat ya dan terhindar dr penyakit Parkinson ini. Ingat Parkinson ingat petinju Muhammad Ali yg kena penyakit ini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau Muhammad Ali karena banyak benturan di kepala ketika jadi petinju, namun penyakit parkinson bisa diterapi dengan layanan BPJS di rumah Sakit Premier

      Delete
  20. iya kalau Muhammad Ali itu selagi mudanya sering kepalanya terbentur kena tinju, yaitu yang menyebabkan penyakit Parkinson

    ReplyDelete
  21. mama saya kerja di poli saraf, pasiennya yaa para penderita parkinson ini salah satunya. nah saya kan gak begitu tahu masalah penyakit umum begini, jd saat lihat pasiennya gemeteran saya bilang mama apa pasiennya belum makan. hihi. polos banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu gejalanya pasien gemetar dan bicara juga lambat. tapi penyakit parkinson bisa di terapi dengan menggunakan layanan BPJS di Rumah Sakit Premier

      Delete
  22. Aku ngerti Parkinson waktu dulu baca cerita kisah hidupnya petinju Muhammad Ali. Penyakitnya horor juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya sih bukan horor, yang penting pola makan dijaga dan penyakit parkinson ini bisa di terapi dengan layanan BPJS di Rumah Sakit Premier

      Delete
  23. Mirip ya Parkinson sama Stroke, terimakasih atas informasinya Moms jadi lebih paham mengenai penyakit Parkinson ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau stroke tubuh ga bisa digerakkan, kalau parkinson masih bisa tapi gemetar dan bicara lambat, namun jangan khawatir penyakit parkinson bisa di terapi dengan layanan BPJS

      Delete
  24. Wah lengkap sekali ulasannya mba. Saya baru tahu tentang parkinson ini dulu ketika ada kabar Muhamad Ali terkena parkinson. Baca ini jadi lebih paham.. Mudahan kita semua diberikan kesehatan sampai akhir hayat

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, yang penting bisa menjaga pola makan dengan baik

      Delete
  25. Akhirnya kembali ke pola hidup sehat ya?
    Makan, olah raga, ibadah, semua dengan teratur dan disiplin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes bener kakak harus atur pola makan, karena semua hidup harus menjaga kesehatan

      Delete
  26. Aku tremor mbak dari kecil. Moga bukan perkinson ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperiksakan saja kaka ke Rumah Sakit, biar terdeteksi apakan penyakit parkinson atau bukan

      Delete
  27. Mengkhawatirkan juga, ya mbak mengingat jumlah penderita Parkinson meningkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru itu mulai dari sekarang jaga pola makan kita

      Delete
  28. Sangat lengkap dan informatif.
    Ada beberapa film dengan latar penyakit ini.
    dengan faham ini kita memang sudah seharusnya mulai mau memulai hidup sehat.
    Semoga 2020 pola hidup sehat bisa benar-benar terlaksana.
    Thanks for sharing, Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak mulai sekarang jaga pola makan, jangan makan yang cepat saji, makanlah buah dan sayur

      Delete
  29. Parkinson identik dengan petinju M.Ali justru dari dialah penyakit tsb ngetop. Kalau saya gak salah ya, obat parkinson hampir sama dengan obat anti kecemasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau Muhammad Ali karena sering terkena benturan akibat bertinju, jadi tuanya kena penyakit parkinson deh, namun bisa diterapi dengan layanan BPJS di Rumah Sakit Permier

      Delete
  30. parkinson tu sama kayak demensia nggak sih kak? karena yang aku baca gejalanya hampir sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak, karena itu dimulai dari sekarang jaga pola makan kita

      Delete
  31. wah baru tahu kalo parkinson ada obatnya... ini pernah punya bos yang juga suka tremor tangannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dengan terapi dan layanan BPJS di Rumah Sakit Parkinson

      Delete
  32. Semoga kita terhindar dari penyakit Parkinson di hari tua nanti ya Mba. Terima kasih sudah sharing informasinya, jadi kita bisa mencegahnya sejak dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jaga pola makan dari sekarang kak ...

      Delete
  33. Masalah penyakit Parkinson ini saya rasa harus banyak sosialisasi juga soalnya banyak yang ga paham seputar penyakit Parknson

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kakak, karena itu Rumah Sakit mengadakan sosialisasi pada tgl 7 Nopember 2019 bersama vlogger dan blogger untuk dibuatkan review blog agar dibaca oleh banyak masyarakat

      Delete
  34. Wah ngeri juga ya kalau kena Parkinson ini. Gejalanya juga beragam lagi, jadi paham apa itu parkinson. Thanks mba Sumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika allah menciptakan suatu penyakit pasti ada obatnya, kita sebagai manusia harus berikhtiar. begitu juga penyakit Parkinson bisa di terapi dengan layanan BPJS

      Delete
  35. Saya jadi lebih tau nih mbak tentang Parkinson, oh iya penyakit ini umumnya menyerang usia lanjut atau juga bisa menyerang pada usia remaja hingga dewasa ya mbak?
    Thanks for share mbak, jadi bisa lebih aware terhadap pola hidup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyakit parkinson terjadi pada usia lanjut, namun bisa diterapi dengan layanan BPJS di Rumah Sakit Premier

      Delete
  36. Bicara tentang penyakit yang satu ini, sata langsung keingat dengan petinju legendaris, Muhammad Ali, Mba. Thanks tulisan yang mencerahkan ini, jadi tau lebih banyak tentang penyakit Parkinson ini. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, kalau Muhammd Ali itu teralu banyak benturan dikepala ketika jadi petinju, jadi usia lanjut terkena penyakit Parkinson

      Delete
  37. Terima kasih sudah menulis artikel penuh manfaat ini, Mom. Saya jadi tahu lebih banyak mengenai penyakit Parkinson.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika tgl 7 Nopember 2019 kita para vlogger dan blogger meliput acara di Rumah Sakin Premier tentang penyakin Parkinson, jadi harus disosialisakian tulisan ini supaya masyarakat dapat mengetahui gejala dan cara pengobatan penyakit parkinson.

      Delete
  38. Akhirnya aku jadi tahu detail tentang Parkinson. Selama ini masih bingung dengan gejalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jaga pola makan, rajin olah raga dan tentunya sering cek up ke dokter

      Delete
  39. Aku pikir gejala parkinson itu cuma sekedar tubuh mengalami tremor aja, ternyata banyak juga gejala yang mengkhawatirkan kayak bisa mengalami demensia dll. Hampir mirip alzeimer ya?

    Semoga kita semua diberi kesehatan selalu dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting mulai dari sekarang jaga pola makan, rajin olah raga dan tentunya cek up ke dokter

      Delete
  40. Aku sering mendengar penyakit Parkinson tapi terus terang belum pernah tahu sebenarnya ini penyakit apa. Entah kenapa, kepalaku seolah juga menduga bahwa Parkinson itu cuma diderita oleh orang lanjut usia di luar negeri sana. Mungkin karena namanya agak kebule-bulean gitu, ya? Hihihi ...

    Kalau penyakit degenerasi begini, kira-kira ada kaitannya nggak ya dengan gaya hidup nggak sehat di masa muda? Mungkin juga nggak tuh, penderitanya biasanya mengalami komplikasi juga dengan penyakit dalam lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya akibat sering terkena benturan dikepala dan pola makan yang tidak dijaga serta jarang olah raga itulah penyebab penyakit parkinson

      Delete
  41. Om saya suka tremor tangannya Mbak... kami khawatir jangan-jangan ntar kena Parkinson ini. Makasih sudah membahasnya ya Mbak. Ntar link nya sy oper ke sepupu deh biar dia baca. TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh di share kakak, karena liputan ini memang untuk dibaca masyarakat luas

      Delete
  42. Saya baru tahu kalo Parkinson bisa disembuhkan dengan operasi, Bu. Terima kasih sharing nya, jadi membuka mata mereka yang belum tahu beberapa obat dan tindakan operasi untuk penyakit Parkinson

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itu lebih banyak membaca biar mengetahui penyebab dan pengobatan penyakit parkinson

      Delete
  43. Penyakit Parkinson secara statistik lbh banyak diderita sama orang tua yang sudah usia lanjut kah? Aku seneng deh skrg rumah sakit banyak kasih penyuluhan tentang penyakit2. Jadi kita orang awam lebih paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kakak penyakit parkinson lebih ke usia lanjut, namun selagi mudah kita jaga pola makan yang baik dan benar, olah raga yang teratur

      Delete
  44. Dulu di tempat saya namanya buyutan, yaitu badan yang bergetar sendiri di luar kendali. Mitosnya, karena tak memberi hadiah pada kakek buyut saat dulu dilahirkan. Hehe... sekarang sih masyarakat sudah makin melek informasi tentang kesehatan, jadi mitos ini memudar seiring waktu. Parkinson ini bisa dicegah juga ya ternyata dengan pola hidup sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya dari dulu namanya penyakit Parkinson, cuma nenek moyang memberi nama penyakit buyutan itu sama dengan penyakit keturunan

      Delete
  45. Penting sih ya untuk tahu lebih jauh tentang parkinson. Ada baiknya kalo artikel begini dibagikan juga ke masyarakat luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. info ini memang untuk masyarakat luas kakak, yang penting mereka mau membacanya

      Delete
  46. parkison itu ternyata penyakit orangtua ya. penyebabnya juga banyak ya...baru tahu kalau parkison itu bisa disembuhkan. thank infonya bu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua penyakit itu pasti ada obatnya, sekarang bagaimana kita cara menyikapinya. Salah satunya Rumah Sakit Parkinson bisa mencover dengan layanan BPJS untuk terapi penyakit Parkinson

      Delete
  47. Artikelnya keren ini bu. Saya jadi tahu lebih banyak lagi tentang Parkinson. Jadi lebih bisa waspada dengan benturan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya benturan di kepala, dan bisa dicegah dengan pola makan yang baik

      Delete
  48. Yang saya tahu parkinson sejenis tremor pada beberapa orang yg sudah usia lanjut. Ternyata penyebabnya karena degrdasi regenerasi sel dopamin, ya mb.
    Nice sharing jd tahu pencegahan dan cara penanggulangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kakak, karena itu jaga pola makan kita, banyak olah raga dan jangan lupa cek up ke dokter

      Delete
  49. Aku udah sering denger penyakit Parkinson ini. Tapi baru tahu lengkapnya setelag baca tulisan teteh. Makasih banyak sharingnya.

    ReplyDelete