SOCIAL MEDIA

Thursday, 14 December 2017

Mengenal SEO & SEM serta Content Writer Bagi Seorang Blogger

SEO & SEM sangat penting dalam Blog
Saya mulai ngeblog tahun 2009 ketika saya masih aktif bekerja, namun hanya sebatas curhatan hati dan sekedar sharing. Blog yang saya gunakan blog gratisan yaitu blogspot itupun dibuat dikala jeda waktu istirahat kantor.

Entah mengapa rasa jenuh muncul ditahun 2012 hingga 2015 blog saya vakum, karena sudah 3 tahun saya resign dalam menulis sampe password pun lupa, alhasil blog sumi1299.blogspot.co.id tidak bisa dibuka.

Pertengahan bulan Juli tahun 2015 saya mulai aktif kembali dalam menulis, dengan membuat blog baru sumiyatisapriasih.blogspot.com. Mengikuti perkembangan zaman menulis itu harus One Day One Post agar ter-update. Namun saya sempat berpikir  apakah saya bisa melakukan ODOP?

Diawal bulan Pebruari 2016 blog saya rubah menjadi blog berbayar.  Setelah dirubah dari blog gratisan menjadi blog berbayar, memang banyak perubahan.

Kebetulan, minggu tanggal 10 Desember 2017 saya mengikuti acara CNI tentang SEO & SEM dan membuat Content Writer dengan narasumber Mas Niko Riansyah Selaku Digital Marketing Specialist CNI, dan narasumber ke dua mbak Ani Berta selaku Founder dari Indonesian Social Blogpreneur (ISB).

Sebagai seorang Digital Marketing Specialist, mas Niko sudah malang melintang di dunia SEO & SEM. 

Apa sih SEO & SEM itu?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan perangkat penelusuran informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia, sehingga hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung yang teratas. SEO dapat diartikan hasil pencarian muncul berdasarkan rangking website yang berkualitas atas konten dan update konten website.
Niko Riansyah
Jika kalian ingin lebih tahu tentang SEO ini persentasi dari mas Niko Riansyah :
SEO merupakan komponen kategori yang lebih besar kegunaannya dari pada SEM, Begitu juga dengan proses SEO dapat memaksimalkan jumlah pengunjung ke situs web tertentu dengan memastikan bahwa situs tersebut tampil tinggi dalam daftar hasil yang dikembalikan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing.

Industri SEO terus berubah karena seringnya perubahan algoritma Google mencari informasi yang berkualitas. Didalam update terbaru memberi peringkat situs web ramah seluler lebih tinggi dari pada situs web tidak ramah seluler, yang dirancang untuk perangkat dan tablet.

SEO itu terdiri dari aktivitas On-Page dan Off-Page. 

On-Page merupakan langkah yang dapat kita lakukan di situs web untuk meningkatkan hasil penelusuran, sedangkan Off-Page merupakan langkah yang bisa kita lakukan di luar situsweb untuk meningkatkan hasil penelusuran.

Lima langkah yang bisa dilakukan untuk On-Page SEO Activityy :
  • Pertama SEO dapat memperbaiki tampilan blog seperti : Struktur Website yang berhubungan dengan kata kunci, pastikan kata kunci secara alami ke dalam tag judul, deskripsi meta, dan kata kunci meta. Selain itu lengkapi dengan format H1-H6, deskripsi image all-text dan internal links.
  • Untuk Format Url, yang selama ini saya belum mengetahuinya bahwa susunan format halaman website itu sangat penting. Misalnya http://www.sumiyatisapriasih.com/2017/12/treatment-super-oxy-facial-madeline.html bukan http://www.sumiyatisapriasih.com/2017/12/abc=123. maka sebelum url tayang kita edit link terlebih dahulu agar url terdapat pada susunan terpenting di halaman website
  • Update Konten Website, pada poin ini sudah saya bahas diatas yaitu untuk mengikuti perkembangan zaman, menulis itu harus One Day One Post agar ter-update. Jangan seperti saya, blog vakum selama 3 tahun sampe password pun lupa, aje gile hihihi. Setelah mengalami ini saya baru sadar bahwa blog itu bagaikan rumah kita sendiri yang harus dibersihkan dan diisi perabotan rumah tangganya agar terlihat rumah sempurna. Karena blog yang sudah tidak ter-update apalagi blog vakum akan terdeteksi oleh mesin telusur sebagai entitas “mati” dan tidak ada hal yang baru yang ditawarkan.
  • Konten yang Berkualitas, itu artinya kita harus tulis artikel yang bermanfaat bagi pembaca,  jangan alay gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami dan lengkapi artikel dengan foto, video atau infografis agar pembaca suka dengan blog kita.  

Lima langkah yang bisa dilakukan untuk Off-Page SEO Activity :
  • Membangun Backlink, ini artinya kita bisa menitipkan ke beberapa blog yang kita bercaya untuk menitip backlink, oh … pantesan sekarang saya baru paham. Dulu, ada satu teman pernah memberi pekerjaan review untuk mengulas blognya dengan backlink ke blognya mereka, waktu itu sih … saya dibayar Rp 75.000,- / review. Jadi ini toh yang dimaksud membangun backlink. 
  • Blogging artinya kontribusi blog di situs yang memiliki otoritas tinggi dalam pencarian SEO.
  • Submit Url Blog ke Google, Webmaster, Yahoo (Bing), Amazon dan masih ada 300 mesin pencari yang bisa kita submit. Konten yang berkualitas mulai dari grafik gambar yang dishare tidak blur kosa kata yang tidak berat banget, dan enak dibaca.
  • Sebaiknya setelah tulisan di publish  bagikan ke social media facebook, instragram, twitter, pinterest, google+ dll. 
  • Perpanjang Domain hingga 2-3 tahun sangat membantu untuk memberikan kredibilitas dan otoritas domain kita.

Wajah ceria para blogger
Selain SEO, kita juga perlu ketahui apa itu SEM?

SEM (Search Engine Marketing) merupakan bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di laman hasil penelusuran yang optimal dalam periklanan. SEM dikenal dengan istilah hasil pencarian berbayar, biasanya melibatkan sistem iklan berbayar seperti Google Adwords, Google Display Network, Bing Ads atau Yahoo dan lain-lain.

Search Engine Marketing merupakan situs web yang bisa langsung berada di urutan paling atas mesin pencari tanpa perlu melakukan optimasi halaman seperti yang dilakukan pada proses SEO, kita juga bisa langsung menentukan target audiens yang sesuai dan relevan dengan situs web. Biasanya pembayaran SEM dilakukan dengan metode PPC atau Pay-Per-Clik, dimana kita akan membayar berdasarkan berapa banyak situs web di klik oleh pengunjung.

Bila kita gunakan SEM kita harus mempunyai budget marketing yang lebih, menginginkan hasil yang cepat, tidak mau direpotkan dengan optimasi atau teknik SEO. Itulah ketiga manfaat dari Search Engine Marketing.

Langkah optimasi SEM yang paling penting adalah Penentuan Kata Kunci (keyword) yang tepat dan khusus serta pas akan menolong kita untuk memperoleh hasil yang baik, Ketetapan dalam penentuan kata kunci untuk bisnis sangat dibutuhkan, gunakanlah keyword planner untuk mengetahui kata kunci apa saja yang paling sering dicari.

Kemudian Penentuan Teks / Gambar sangatlah utama dan sebaiknya menarik serta menjawab keperluan pengunjung. Tidak kalah penting Bidang biaya per click yang tepat semakin lebih kerap ditampilkan iklannya, akan tetapi dengan biaya terbatas, kita mesti dapat mengatur kiat bidding yang pas serta efisien.

Wah … berarti SEO & SEM itu sangat penting buat mengangkat blog teratas di google. Terima kasih mas Niko sudah berbagi ilmu dengan kita semua. Eits … jangan pergi dulu, masih ada narasumber yang lebih penting buat kelanjutan untuk para penulis dengan founder ISB yaitu mbak Ani Berta.


Ani Berta
Mbak Ani Berta merupakan sosok yang gigih dalam pekerjaan bisa dilihat dari portfolia beliau dalam Content Writer di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Australian Aid, Badan Standar Nasional Indonesia, Website BriteQueen untuk ScotchBrite, Skin Dewi, Komunitas Kami Anak Bangsa dan Portal Perempuan.   

Sebagai blogger tentunya ingin lebih maju, oleh sebab itu sebaiknya kita bisa menjadi Content Writer untuk beberapa perusahaan atau suatu brand, namun kita harus perbanyak portfolio dulu agar mereka lebih percaya. Padahal peluang untuk menjadi content writer banyak sekali kita bisa freelance media cetak, contributor konten web perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan dan menjadi seorang ghost writer.

Menjadi seorang kontributor website kita dapat meraih penghasilan, akan tetapi kita harus kenali dulu website atau portal yang kita minati.  tujuan utamanya dalam hal ini mbak Ani memberikan tips membuat Konten website :

Ajukan proposal penawaran, namum sebelum melangkah lebih jauh awali dengan mengisi konten gratisansebagai porto folio. Seperti biasa kita menulis dalam blog usahakan minimal 500 kata, maksimal 1000 kata dan sesuaikan penulisan dengan ciri khas website.

Ini sudah ketentuan sebagai tulisan reportase harus menuju ke 5 W (Who, What, Where, When) dan 1 H (How). Jangan pernah memasukkan unsur opini perasaan kecuali untuk Featur Story.

Atur jadwal update sesuai kesepakatan kerjasama, masukkan keyword yang tepat dan jangan lupa baca dengan teliti setelah menulis draft, jangan pernah copy paste, tidak diperbolehkan bahasa alay dan banyak singkatan.

Selain itu mabk Ani memberikan bagaimana tips berburu bahan konten seperti : workshop, talkshow, wawancara narasumber, baca buku, majalah dan surat kabar serta diskusi forum secara live.

Untuk membuat Content Plan website, manfaatkan Worksheet Excell untuk jadwal sesuai ritme yang diminta klien, sebelum kita membuat kerangka atau outline pada artikel yang akan kita buat, sebaiknya siapkan narasumber, banyak membaca materi, dan siapkan bahan-bahan seperti text, gambar, video dan infografis.

Kemudian proses pengerjaan, self editing, sebagai tools pendukung gunakan fitur untuk untuk posting terjadwal seperti : hootsuite, sprout social, postcron serta gunakan shorten link bit.ly agar link menjadi ringkas. Jika telah selesai siap di submit dan di share ke social media.

Semua ini mbak Ani telah menikmati hasil dari Content Writer, dia sudah mendapatkan branding, porto folio, social entrepreneur sehingga dapat menyalurkan hobi seakan kerja tanpa beban juga dapat memberikan tulisan yang sangat bermanfaat untuk orang banyak. Itulah kenikmatan mbak Ani yang di dapatkan selama ini menjadi seorang Content Writer.


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Telp : 089616613396

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com  

24 comments :

  1. Sama bu, dulu ngeblog awalnya buat curhat. Pas masi kuliah thn 2008 lanjut terus saat kerja..Hihi
    Materinya aku mau banget ikut ini �� bagus. Tfs ya buu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren mas niko persentasinya mantap banget ... !!! udah gita mbak ani kasih cara menjadi content writer tambah asyik ditemani burger king yang bikin hangat kerena hujan mengguyur pasar festival kuningan - jakarta

      Delete
  2. Betul mba, 5W 1H itu seperti rumus wajib dalam setiap penulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak 5W 1H, secara blognya mbak oline sudah canggih banget !!! terima kasih sudah berkunjung di rumah mayaku

      Delete
  3. Aihhh informasi dan tularan semangat menulis yang bermanfaat ini. Terima kasih banyak mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa dicatat tulisan saya agar blog kita lebih baik lagi

      Delete
  4. Replies
    1. bisa diambil dari tulisan saya, agar blog kita lebih maju lagi, thank you sudah berkunjung di rumah mayaku

      Delete
  5. Makasih sharingnya. Banyak yang harus aku dibenahi dalam ngeblog ini. Bukan sekedar menulis tapi ada poin2 penting yang kudu diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama saling bergi informasi, biar ilmu yang kita dapatkan bermanfaat buat orang banyak.

      Delete
  6. wah seru bangett acaranya.. jadi keinget, aku dari lulusan sains jdnya malah kerja di bidang SEO gara2 ngeblog ehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kapan-kapan bisa sharing nih secara pengalaman kerja di SEO sudah bisa berbagi ilmu dengan para blogger.

      Delete
  7. Mak Sumi, I heart you!
    terus belajar dan berlatih juga rajin ngeblog. Hebat banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar blognya kaya mak helena, ter-update terus

      Delete
  8. Ngeblog emang butuh konsistensi supaya dapat reputasi yg baik di search engine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups bener banget ... !!! jangan asal nulis saja, karena tulisan kita yang dibuat akan terbaca oleh masyarakat luas. jadi beri informasi yang bermanfaat buat mereka

      Delete
  9. Gimana caranya submit Url Blog ke Google, Webmaster, Yahoo (Bing) atau Amazon, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal share aja ke google+ nanti dia terdeteksi sendiri oleh mesin pencaharian google

      Delete
  10. mba, ini bermanfaat banget loh.. makasih atas shared ilmunya ya mba..

    #bookmark dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama saya juga dapat ilmu dari mas Niko dan mbak Ani Berta, memang materinya bagus banget, jadi kita harus saling berbagi, agar ilmu nya bermanfaat

      Delete
  11. Belajar tak kenal waktu mengasyikkan ya Bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak Ani ilmunya sangat bermanfaat.

      Delete
  12. ODOP.. Pengen banget bisa seperti itu, dengan SEO dan SEM yang akurat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku juga ragu, apakah mampu One Day One Post, akan tetapi untuk meningkatkan blog ya ... harus kerja keras. dengan ODOP blog kita terupdate

      Delete