SOCIAL MEDIA

Tuesday, 19 December 2017

Bulan Kemanusiaan Berbagi Berkah Merangkul Asa

Asti Ivo
Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana Ziswaf (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga.

Dompet Dhuafa ini telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR. Oleh sebab itu Indonesia Wakaf Summit 2017 mengadakan acara dengan tema “Masih ada waktu untuk gerakan sejuta Wakif”. Gerakan ini diluncurkan untuk memaksimalkan potensi wakaf yang sangat besar di Indonesia, sehingga dapat menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sebagai artis ibu kota yang kini sudah menjadi ustadzah, Astri Ivo memberi gambaran Pahlawan Kemanusiaan yang dapat kita lakukan selagi masih ada waktu untuk menjadi seorang wakif. Dengan infak kita dapat melemahkan uang dan melatih uang untuk membantu sesama. 

Dulu, saya punya cita-cita untuk mendirikan sebuah rumah sakit yang dapat membantu orang banyak. Namun uang tidak mencukupi, jadi harapan saya kandas ditengah jalan ungkap Astri Ivo. Akan tetapi dengan adanya Lembaga Dompet Dhuafa kita dapat menyalurkan keinginan kita untuk mewujudkan cita-cita yang belum tercapai. Dan kini, sekarang saya sudah lebih dari 10 tahun berwakaf hidup lebih tenang, karena dapat membantu sesama umat. Bagaimana dengan donasi anda?

Untuk menjadi relawan harus mempunyai jiwa ke ikhlasan. Dalam satu contoh ketika saya mendirikan sebuah komunitas, pastinya ada yang pro dan kontra. Mereka menilai dari sudut pandang yang berbeda. Namanya juga manusia ada yang suka dipuji, ada yang suka cari muka agar mereka aman dimata pemberi rizki sampai mengorbankan hal-hal berbohong, padahal rezeki itu sudah ada yang mengaturnya.

Sikap dan kebijakan yang kita ambil bagaimana cara menanggapi orang – orang yang membuat kita jatuh, satu hal yang paling penting, hadapilah dengan kesabaran. Karena kesabaran dapat membuahkan hasil yang baik, itulah pengalaman yang pernah saya alami. Saya tetap maju dan maju terus karena hal yang terpenting buat saya hanya berbagi untuk orang banyak.

Dengan kejadian diatas membuat saya jadi Semangat Pahlawan dalam membela kebenaran. Buat pembaca tulisan saya ini, jadikan hidup dengan berbagi dan perduli terhadap sesama dalam waktu yang singkat ini, mari kita wakifkan harta yang kita miliki untuk orang banyak.
Peserta Senimar "Masih ada waktu gerakan sejuta Wakif"
Dalam agama islam sudah dijelaskan mengenai harta yang kita punya itu bukan sepenuhnya milik kita. Oleh karena itu dengan harta, kita bisa ber-infak yang artinya pembelanjaan segala bentuk pengeluaran. Ada juga infak fisabilillah yang merupakan pembelanjaan di jalan allah.

Keluarga merupakan impian semua orang, namun sebagai kepala rumah tangga harus bisa memberi nafkah keluarga. Selain memberi nafkah, kita juga bisa berbagi melalui SHodaqoh untuk orang lain.

Jika sudah memberi nafkah dan Shodaqoh kita dapat membuat wasilah kekayaan dengan cara belajar, berhemat, berbisnis, berinvestasi dan berbagi dengan wakaf. Itulah Opini Kemanusiaan yang saya ketahui. 

Inilah Program Dompet Dhuafa :
  • meliputi program kesehatan yang telah melayani kaum dhuafa sejak tahun 2005 melalui kegiatan Pos Sehat. Dompet Dhuafa membangun klinik cuma-cuma bagi pasien dari kalangan masyarakat miskin, dengan fasilitas poli umum, poli gigi, apotek dan ambulance gratis. Melalui program ini telah dilakukan baik bersifat preventif, promotif dan kuratif.
  • Selain kesehatan, dompet dhuafa memiliki program pendidikan yang merupakan program pendidikan sekolah gratis pinggir kota untuk anak dhuafa dan pendampingan yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan. Saat ini ada dua sekolah dampingan dompet dhuafa Sulawesi Selatan diantaranya MI Fathur Rahman dan MI Miftahul Khair.
  • Dompet Dhuafa, mempunyai program ekonomi dua kategori yaitu rumah produksi yang merupakan program pemberdayaan masyarakat miskin melalui usaha produktif, dengan membentuk kelompok usaha dan program berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan.
4 Narasumber acara Indonesia Wakaf Summit 2007
Kategori lain dalam bentuk Social Trust Fund yang merupakan program pemberdayaan ekonomi yang memberikan pinjaman modal usaha dengan pengembalian tanpa ada tambahan dari pinjaman yang diberikan kepada penerima manfaat yang mendapatkan pinjaman modal usaha dengan akad Qardhatul Hasan dari mulai jualan klontongan, nasi kuning, jajanan kue dan pedagang kecil.

Selain saya mengikuti seminar Indonesia Wakaf Summit 2017, saya juga hadir diacara Indonesia Poverty Outlook 2018 dengan tema "Pembangunan Infrastruktur untuk si miskin" yang dihadiri oleh Dr. Ir. Rachmat Mardiana, Mars selaku Direktur Energi Telekomunikasi dan Informatika Kementerian PPN / Bappenas yang menyatakan bahwa upaya penurunan kemiskinan dan ketimpangan merupakan penyediaan lapangan kerja baru, meningkatkan iklim investasi berupa insentif bagi investasi padat pekerja, meningkatkan iklim ketenagakerjaan yang menguntungkan pekerja dan pengusaha serta perbaikan sistem perpajakan. Ini menandakan bahwa dompet dhuafa telah menjalankan program Klaster Mandiri bagi wilayah pedesaan.


Peserta Seminar Indonesia Poverty Outlook 2018
Selain program klaster mandiri, dompet dhuafa memberikan modal bagi ibu-ibu khusus gerakan perempuan tangguh di Bekasi melalui ekonomi makro. Bagi penyandang difabel telah tersedia program difabel mandiri, seperti apa yang telah dilakukan oleh dompet dhuafa volunteer mengadakan acara khusus difabel dengan tema "Ibu, hari ini untukmu". menghadirkan difabel ibu Siti Haliman seorang pijat yang telah suskes dalam bidang menyanyi, begitu juga dengan Andian Yunan Faisal. Dan Dimas Prasetyo Muhharom yang telah sukses dibidang telekomunikasi yang telah dia jalani selama 12 tahun dengan kartunet.com 

Sekarang ini sudah saatnya kita menuju ke Hero Jaman Now , begitu juga dengan dompet dhuafa telah membuka Trading House Produk Pemberdayaan dari program pengembangan ekonimi Dompet Dhuafa Niaga meluncurkan minimarket berbasis pemberdayaan "De Fresh".

Dompet Dhuafa juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perbankan syariah di Indonesia yang masuk dalam Lembaga Keuangan Syariah Pengelolaan Wakap Uang. Dompet dhuapa juga menggandeng sejumlah e-commerce untuk memudahkan wakaf kita.

Nah … tunggu apa lagi, yuk … kita berwakif selagi masih ada waktu.



Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Telp : 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com  

8 comments :

  1. Oh, ternyata banyak ya programnya dompet dhuafa

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sekali, dengan tulisan ini saya berbagi informasi agar masyarakat lebih mengetahuinya.

      Delete
  2. berwakaf lebih tenang jika dititipkan pada lembaga yang kredibel, contohnya ya dompet Dhuafa yang terpercaya ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes bener banget, secara dompet dhuafa sudah melanglang buana perjalanan berbagi sejuta umat untuk kesejahteraan masyarakat indonesia

      Delete
  3. Wah, ikutan lomba itu juga ya mbak? kebetulan saya juga ikutan ni sambil belajar nulis juga sih, hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ... kamu juga ikutan lomba toh, asyik ada temennya.

      Delete
  4. Dompet dhuafa emang luar biasa ya, mengajak banyak orang masuk surga dengan berinfak, zakat, dan sedekah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kita berdonasi selagi masih ada waktu untuk gerakan sejuta wakif

      Delete