Sunday 14 November 2021

Stop Polusi Udara, Stop Pneumonia Dan Atasi Secara Bersama

Stop Polusi Udara, Stop Pneumonia dan atasi Secara Bersama
Stop Polusi Udara, Stop Pneumonia dan atasi secara bersama 

 

Halo mom’s apa kabar ?

Kali ini kami akan membahas seputar kesehatan tentang penyakit Pneumonia yang sering disebut penyakit paru-paru basah. Kita telah ketahui bahwa Pneumonia merupakan penyebab kematian anak nomor satu di dunia dan menjadi penyakit pembunuh balita terbesar ke dua di Indonesia. 

Apa itu Pneumonia ?

Pneumonia adalah penyakit radang paru paru yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur yang ada disekitar kita, sehingga dapat menimbulkan batuk, demam, pilek bahkan sesak pada pernapasan. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 yang juga diperingati sebagai hari Pneumonia Sedunia setiap tanggal 12 Nopember 2021. Kantor Berita Nasional dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Save rhe Children Indonesia, Vital Strategies, Every Breath Counts, Clean Air Catalyst dan USAID menyelenggarakan webinar “Stop Polusi Udara, Stop Pneumonia.  

 

Polusi Udara, Salah Satu Faktor Penyebab Pneumonia 

Program kampanye untuk mengurangi polusi udara di daerah DKI Jakarta menjadi salah satu upaya yang digalakkan Save the Children Indonesia untuk mengurangi faktor resiko pneumonia pada anak. Kita juga telah ketahui bahwa udara merupakan faktor yang terpenting dalam kehidupan, karena manusia bertahan bisa hidup :

1.     Tanpa adanya makanan selama kurang lebih 5 minggu

2.     Tanpa adanya air selama kurang lebih 5 hari

3.     Tanpa adanya udara selama kurang lebih 5 menit


Sumber Pencemaran Udara
Sumber Pencemaran Udara

 

Tidak seperti makanan dan minuman yang membutuhkan biaya untuk memperolehnya, udara dapat dimanfaatkan oleh menusia secara gratis namun hal tersebut belum menjadikan seluruh manusia menjaga kualitasnya secara bersama-sama sehingga pencemaran udara tidak dapat terelakan. 

Sumber pencemaran udara diakibatkan dengan adanya kegiatan manusia (Antropogenik), transpormasi, industri, pembangkit listrik, persampahan seperti dekomposisi ataupun pembakaran sampah rumah tangga. Kemudian bisa disebabkan oleh faktor alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan dan spora tumbhan. Dan yang ketiga adalah akibat polusi kendaraan bermotor dengan penggunaan bahan bakar yang tidak sehat, sehinga menjadi salah satu polutan berpartikel kecil yang dapat berpenetrasi menembus paru-paru dan jantung sehingga bisa menimbulkan kematian akibat pencemaran udara.   

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk perbaikan kualitas udara
Yg bisa kita lakukan perbaikan kuatitas Udara

Apa yang bisa kita lakukan untuk perbaikan kualitas udara :

1.     Menggunakan transpormasi masal

2.     Menanam pohon di lingkungan tempat tinggal

3.     Uji emisi kendaraan bermotor secara berkala

4.     Menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan

5.     Tidak membakar sampah

6.     Menghemat konsumsi energi / listrik

Dengan melakukan hal-hal tersebut kita sudah berperan aktif dalam menjaga lingkungan dari resiko polusi udara.

 

Kenali Gejala Pneumonia
Kenali Gejala Pneumonia

Kenali Gejala Pneumonia 

Pneumonia bisa dimulai dari gejala ringan seperti demam, batuk ringan, batuk berdahak, sesak nafas, berkeringat, menggigil, nyeri dada ketika batuk mual atau muntah, diare, selera makan menurun, lemas, detak jantung dan bau mulut. Pneumonia bisa menyerang siapa saja, karena itu Pneumonia musih kita bersama, mari kita lakukan ASI eksklusif, menyusui dan MPASI, segera tuntaskan imunisasi, segera obati ke faskes jika sakit, berikan kecukupan gizi dan hidup bersih sehat.   

 

Sebagai penutup tulisan ini kami akan memberikan strategi pencegahan yaitu deteksi dini dan tatalaksana kasus pneumonia balita melalui pendekatan di FKTP, melakukan kordinasi lintas program di puskesmas, sosialisasi kepada masyarakat yang memiliki balita, melakukan koordinasi kader, RT, RW atau kelurahan, penerapkan prinsip pencegahan dan pengendalian infeksi dan jarak fisik dalam pelayanan kesehatan yang diberikan serta mendidik keluarga pasien dalam pencegahan, pengenalan gejala dan tanda pneumonia melalui kegiatan kemasyarkatan. Yuk … kita jaga kesehatan dan lingkungan kita secara bersama-sama

 

Salam Blogger

Sumiyati Sapriasih

Wa No. 085779065707

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

 

 

 




No comments :

Post a Comment