Friday, 1 November 2019

Memberdayakan Ekonomi Digital Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Connect 2019 JCC Senayan - Jakarta
Pada kesempatan ini, kami hadir di pameran Jakarta Convention Center hall B, Senayan–Jakarta. Dimana connect 2019 merupakan kesempatan bagi yang hadir untuk terhubung dengan para wirausahawan digital, pembuat kebijakan, starup teknologi dan perusahaan. Karena tujuan pameran konferensi ini untuk membantu bisnis yang mempunyai masalah dalam penggunaan teknologi.

Traya Kitatama Indonesia akan mengeksplorasi isu-isu panas terkait ekonomi digital seperti e-commerce, pemasaran digital, pembayaran dan logistik dengan narasumber yang terkait dibidangnya.  

Diawali dengan sosialisasi bapak Hery Sofiaji selaku Head of Micro Produktive Loan Department at PT. Bank Mandiri mengatakan bahwa akan berupaya meningkatkan layanan Financial Technology dalam bersaing di era digital. Salah satu strategi Bank Mandiri dalam pengembangan digital yang telah menggandeng platfoam jual beli online untuk pemberian kredit modal kerja yaitu Bukalapak dan Tokopedia.

Firti, Fauziah, Sumiyati Sapriasih, Fitri Aryani, Yulinda
Dalam hal ini Bank Mandiri memberikan produk pinjaman dengan bunga bersaing dan proses kredit yang sangat cepat :
  1. Untuk limit bank madiri bisa memberikan sampai dengan Rp 200 juta.
  2. Jangka waktu yang diambil bisa 6, 9, hingga 12 bulan.
  3. Bunga yang diberikan mulai dari 0,99 % flat.
  4. Biaya administrasi lebih murah dibandingkan bank lainnya.
  5. Proses pencairan kurang dari 24 jam
Inilah salah satu survey membuktikan ibu Ressy Chandra Puspita dari Yogyakarta “Baby Shopline – Good Seller” menjual sabuk bonceng Zatra, mendapatkan limit pinjaman sebesar Rp 32.000.000,- dengan tenor 12 bulan, awalnya sempet ragu saat ditawarkan buka modal, tapi karena partner nya Bank Mandiri saya langsung tertarik. Akhirnya saya memberanikan diri, dan prosesnya sangat mudah serta pencairannya pun sangat cepat hanya butuh waktu 3 hari dana langsung cair ke rekening dengan jumlah yang cukup besar. Terima kasih Bukalapak dan Bank Mandiriatas kepercayaannya, pinjaman ini sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha saya, insya allah bisa menaikkan kapasitas produksi kami, ucap dari ibu Ressy Chandra Puspita.

Narasumber ke 2 bapak Joddy Hernady selaku EVP Digital & Next Business Telkom Group mengatakan bahwa industri hiburan digital telah memiliki potensi yang besar, hal ini dapat dilihat dari tingkat pendapatan yang diperoleh melalui tiga produk hiburan digital yaitu film, musik dan gim. Sejauh ini Telkomsel fokus menggarap industri digital entertainment untuk sektor video dan gim. Karena pertumbuhan industri gim sangat tercepat di Asia Tenggara, dan masalahnya jumlah perusahaan gim di Indonesia masih sedikit.

Tiga hal yang menjadi tantangan Telkom adalah rendahnya investasi, jumlah perusahaan yang sedikit dan kurangnya talenta. Oleh karena itu Telkom menginvestasikan dana lebih besar untuk industri gim lokal dengan menggandeng para pengembang seperti user management system, gaming hub, analytics dan back-end API service, ungkap bapak Joddy Hernady.

Ridho Khusnul Fadhil CEO Humblezing
Disisi lain Connect 2019 dapat digunakan sebagai referensi bagi starup teknologi untuk meningkatkan bisnis di era transformasi digital, inilah narasumber Ridho Khusnul Fadhil selaku CEO di Humblezing Company memberikan 6 tahapan dalam berbisnis di sosial media yaitu :
  1. Awareness merupakan brand yang akan diingat oleh konsumen, mereka akan mudah percaya misalnya dari logo yang ditampilkan.
  2. Engangement perlu diperhatikan dalam sosial media instagram yaitu nilai interaksi dalam bentuk like, comment, view dan repost.
  3. Consideration sebaiknya menerapkan dalam penyampaian pesan selalu mempertimbangkan dan mengutamakan pembaca penerima pesan.
  4. Purchase merupakan suatu dokumen yang dibuat oleh pembeli untuk menunjukkan barang apa saja yang akan dipesan.
  5. Adoption merupakan langkah untuk proses ambil keputusan dalam pembelian.
  6. Retention peningkatan keuntungan dari pelanggan yang sudah ada.
Sesuatu banget bisa hadir di main stage connect 2019 banyak ilmu yang didapat dari para narasumber yang memberikan ilmunya buat kita ketahui bagi seorang pemula atau wirausahawan digital wajib baca tulisan liputan saya ini. Sampai jumpa liputan kami berikutnya. 
  
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. 085779065707
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

3 comments :

  1. Wih Kyaknya seru ya Mbak :)
    Menambah wawasan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ilmu yang di dapat setelah mengikuti seminar ini

      Delete
  2. Banyak ilmu yang di dapat kak Arif Rudiantoro, ikut hadir diacara connect 2019 ini

    ReplyDelete