Monday 29 July 2019

Festival Literasi Sekolah 2019 Sebagai Tolak Ukur Kemajuan Bangsa


Festival Literasi Sekolah 2019
Orang tua adalah dua individu yang memiliki hubungan pernikahan dalam satu rumah tangga yang menjadi panutan dan bertanggung jawab dalam memberikan kasah sayang, pengasuhan, perlindungan dan memelihara serta membimbing anak - anaknya. Oleh karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan acara Festival Literasi Sekolah 2019 dengan tema “Multiliterasi mengembangkan kemandirian dan menumbuhkan inovasi”  

Kebetulan aku hadir pada pembukaan Festival Literasi Sekolah 2019, yang dihadiri oleh bapak Muhajiir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, FLS 2019 ini di khususkan untuk anak sekolah dasar, tingkat SMP, SMA dan para guru serta UMKM yang membuka booth sesuai yang dimiliki prestasi masing-masing sekolah. Acara dimulai dengan lagu kebangsaan Indonesia, lalu dilanjut dengan lagu Gerakan Literasi Sekolah yang dinyanyikan oleh para siswa dengan lagu “Gerakan Literasi Sekolah” inilah sepenggal syair lagunya : Belajar Sepanjang Hayat, Pendidik, Siswa dan Orang Tua, berkolaborasi Membangun Negeri.

Dalam pembukaan FLS 2019 Bapak Muhajjir Effendi mengatakan bahwa Literasi sudah menjadi salah satu tolak ukur kemajuan sebuah bangsa, jadi sudah menjadi kesepakanan organisasi internasional unesco bahwa salah satu adalah dengan literasi. Selama ini Negara Indonesia tingkat kemampuan membacanya sangat rendah, oleh sebab itu kita harus kerja keras untuk menciptakan anak-anak gemar membacara dengan cara menggunakan metode yang tepat. Karena itu kami dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan acara Festival Literasi Sekolah 2019, dimana para pelajar dapat mengikuti lomba menulis cerpen, puisi dan komik. Akhir kata bapak Muhajjir Effendi memberi Pesan Literasi Mendikbud untuk anak Indonesia “Gerakan literasi bukan sekedar gerakan membaca, tetapi membaca untuk memahami dan mengkritisi serta memberikan pendapat lain dari apa yang telah dibaca”.  


Kemudian kami berkeliling booth menemukan salah satu hasil karya SMKN 20 busana baju adat betawi, dan kami mewawancarai salah satu guru tata busana ibu Yuana mengatakan bahwa dia mengajar dari tahun 1996 sampe sekarang, wow .. sudah mengabdi selama 23 tahun luar biasa. Selama 23 tahun ibu Yuana memberikan kreatifitas yang telah ditularkan kepada anak didiknya mulai dari 1, kelas 2 dan kelas 3 dan sudah menghasilkan ribuan anak didik yang telah sukses dibidang tata busana, seperti membuka usaha butik, bekerja di perusahaan garmen, dan ada yang buka usaha berkelompok UMKM.

Tak hanya satu booth saja, kami juga mendatangi booth SMK Tridaya Pratama, disini kami bisa mencoba baju adat Kalimantan utara, di booth ini juga kami menemukan 2 siswi Cindy Merliana dan Ezra Yunita yang mengikuti lomba cipta buku elektronik tokoh vokasi nusantara jenjang SMK. Mereka mengangkat sosok Mendan Arang yang mendedikasikan hidupnya terhadap pelestarian budaya lokal berupa alat musik tradisional Sampek. Begitulah sepenggal ceritanya.

Terakhir kami menemukan di salah satu booth pesan yang dapat kita pahami “Salam 6 Literasi Dasar “ :
  1. Literasi baca tulis bisa disebut sebagai moyang segala jenis literasi karena memiliki sejarah panjang. Literasi ini dapat dikatakan sebagai makna awal literasi yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
  2. Literasi Budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa, sedangkan Literasi Kewargaan adalah kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dengan demikian Literasi Kebudayaan dan Kewargaan merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa.
  3. Literasi digital menurut Paul Gilster dalam buku yang berjudul Digital Literacy tahun 1997, Literasi Digital diartikan kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam sebagian bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas di akses melalui piranti komputer.
  4. Literasi Finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan resiko, tentang keterampilan yang dapat membuat keputusan efektif dalam konteks finansial baik individu maupun sosial.
  5. Literasi Sains dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasikan pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah serta mengambil kesimpulan berdasarkan fakta.
  6. Literasi Numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.   
Registrasi pengambilan buku
Akhir kata bahwa inspirasi literasi merupakan sebuah ajang berbagi pengalaman penggiat literasi mengenai kegiatan yang telahj dilakukannya dan mampu menginspirasi masyarakat untuk melakukan perubahan.


       
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. 085779065707
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

37 comments :

  1. seru sekali ya bu acaranya.
    di tambah lagi bisa coba pakaian-pakaian adat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget kakak, banyak umkm yang dapat kita ambil hikmahnya, apalagi ini hasil karya anak sekolah yang luar biasa

      Delete
  2. Setuju banget sama pesan literasi Pak Menteri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak memang benar apa yang dikatakan bapak Muhajjir Effendy Menteri pendidikan dan kebudayaan : “Gerakan literasi bukan sekedar gerakan membaca, tetapi membaca untuk memahami dan mengkritisi serta memberikan pendapat lain dari apa yang telah dibaca”.

      Delete
  3. Wah jelas banget mbak, aku jadi tahu berbagai macam jenis literasi. Festival ini pasti seru banget dan bisa bertemu dengan penggiat literasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat seru kakak, karena semua pelajar terpilih bisa memamerkan keahliannya dibidang sekolah masing masing, ada pameran busana salah satunya adalah smkn 20 jakarta

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Lengkap banget literasi dasarnya ya mba, yang literasi sains itu keren deh, tapi setuju ya, bukan sekadar membaca tapi membaca untuk memahami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak kata terakhir pesan dari bapak Muhajjir Effendi Menteri Pendidikan dan kebudayaan sangat bermanfaat : “Gerakan literasi bukan sekedar gerakan membaca, tetapi membaca untuk memahami dan mengkritisi serta memberikan pendapat lain dari apa yang telah dibaca”.

      Delete
  6. Ternyata Literasi itu luas cakupannya, ya bu. Saya kira literasi itu ya cuma baca tulis aja. Alhamdulillah mampir kesini bisa nambah ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 6 dasar literasi yang mesti kita pahami bukan hanya dibaca saja ini pesan dari bapak Muhajjir Effendy Menteri Pendidikan dan kebudayaan : “Gerakan literasi bukan sekedar gerakan membaca, tetapi membaca untuk memahami dan mengkritisi serta memberikan pendapat lain dari apa yang telah dibaca”.

      Delete
  7. Taun lalu Aku datang kesni krena suami Jaga stand kantor tapi taun ini off dulu Karena lagi hectic di kantor. Seru yaa taun ini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu, seru kak acara literasi yang dihadiri oleh bapak Muhajjir Effendi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

      Delete
  8. Apa yang kita sebut dengan literasi itu ternyata luas juga ya mbak. Seneng banget bisa tahu semuanya lewat tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, kita sebagai blogger harus bisa meng-informasikan se detail mungkin agar masyarakat lebih paham lagi

      Delete
  9. CAkupan literasi itu luas sekali yah dan banyak, harus dipelajari satu persatu dengan seksama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak ada 6 literasi dasar yang mesti kita baca dan kita pahami

      Delete
  10. Dengan adanya festival literasi sekolah semoga minat anak2 untuk membaca jadi bertambah ya bu. Jangankan anak2 ya orang dewasa aja masih males baca. Makanya banyak peraturan yang dipanggar padahal jelas terpampang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener males pada baca, apalagi saat ini gadget sudah banyak digunakan anak-anak tambah malas baca deh, makannya digerakkan lagi festival literasi sekolah 2019

      Delete
  11. Setuju kalau di literasi merupakan tolak ukur kemajuan bangsa. Moga minat baca penduduk makin tinggi. Saya senang lihat karya anak SMK, bisa mendesign dan membuat baju adat yang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena dengan ada literasi dapat memajukan bangsa ini, karena membaca merupakan pengetahuan yang harus dicari dengan cara membaca buku pengetahuan akan bertambah

      Delete
  12. Jenis literasi ternyata banyak yaa, kak..
    Dan kayanya...aku ada beberapa yang miskin literasi, kaya budaya, finansial dan numeric.
    Hiiks~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 6 itu literasi dasar loh ... ayo semangat kita fahami litersai dasar

      Delete
  13. Keren banget deh program ini. Acaranya seru-seru. Walopun rada kurang sreg dengan pemenang lomba meme-nya. Tapi yang lain, keren bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. acaranya keren karena bapak Muhajjir Effendi memberikan perasn kepada kita semua : “Gerakan literasi bukan sekedar gerakan membaca, tetapi membaca untuk memahami dan mengkritisi serta memberikan pendapat lain dari apa yang telah dibaca”.

      Delete
  14. Ternyata literasi yang dipamerkan utk masyarakat dan anak2 sekolah kmrn itu banyak banget ya, kirain literasi baca aja, tapi ternyata banyak ragamnya. Acara yang bagus supaya anak2 bisa memahami berbagai literasi yang dipamerkan itu ya bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, aku dapat buku banyak tuh, karena setiap booth memberikan beberapa buku bacaan, alhamdulillah buat bahan tulisan parenting

      Delete
  15. Nah, maunya diperbanyak program-program literasi sekolah nih buat anak-anak didik.
    Supaya anak-anak juga paham tugasnya dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu peran orang tua juga harus membantu dalam belajar dirumah untuk mendengarkan dan menemani anak anak belajar , jangan dibiarkan sendiri

      Delete
  16. Keren banget ini acaranya, aku suka banget deh sama festival literasi sekolah ini. Jadi kita juga dapat menciptakan penerus bangsa yang memiliki jiwa enterpreneur juga ya mbak. Disini para siswa bisa unjuk kebolehan dengan apa yang mereka buat gitu ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat keren kak, karena literasi merupakan tolok ukur untuk bangsa yang lebih maju

      Delete
  17. Menarik nih FLS 2019 diadakan khusus untuk anak sekolah dasar, tingkat SMP, SMA dan para guru serta UMKM yang membuka booth sesuai yang dimiliki prestasi masing-masing sekolah.

    ReplyDelete
  18. sangat menarik kakak, karena literasi merupakan tolak ukur untuk bangsa yang lebih maju

    ReplyDelete
  19. Yg d bahas memang bukan literasi dalam bentuk membaca atau menulis saja ya bun, ada soal literasi financial nya juga

    ReplyDelete
  20. Acara seperti ini harusnya lebih dinaikkan ya mbak, agar orang tua juga lebih aware tentang pentingnya literasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. peran orang tua dalam literasi juga sangat penting, agar mendampingi anaknya bila belajar membaca jangan dibiarkan sendiri bermain gadget harus ada pendampingnya

      Delete