SOCIAL MEDIA

Monday, 3 September 2018

Raising Children in Digital Era End School SIS Bona Vista

Add caption
Menjadi ibu tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena ibu merupakan tulang punggung bagi pendidikan anak-anaknya, dimana ibu juga harus mengurus segala keperluan suami. Begitu pula yang pernah saya alami ketika anak-anak masih kecil yang penuh perhatian dari seorang ibu mulai dari sarapan pagi hingga keperluan sekolahnya, dimana saya juga sebagai pekerja kantoran yang harus pergi pagi dan pulang sore hari.

Kebetulan  Jum’at 31 Agustus 2018, saya hadir di acara Raising Children in Digital Era dengan narasumber Elizabeth T, Santosa M. Psi. Dia adalah seorang ibu dari 3 orang putri, sebagai praktisi Psikolog Anak dan Remaja serta seorang Penulis. Buku pertamanya adalah Parenting Indonesia yang memberikan informasi tentang cara Mendidik anak yang efektif dalam Era Digital. Dapat kita bayangkan bagaimana seorang ibu dapat membagi waktunya untuk menjadi super women dalam keluarganya.


Di era digital ini anak perlu perhatian khusus karena masa pertumbuhan untuk anak zaman era globalisasi lebih banyak keingintahuaan-nya sangat tinggi dan memiliki ambisi besar untuk sukses. Disamping itu generasi era digital sangat mencintai kepraktisan contohnya : banyak makanan cepat saji, dan mencintai kebebasan dalam berkarya. Selain itu Digital dan teknologi telah memberikan informasi yang lebih maju, sehingga lebih percaya diri.

Tips Menggunakan Internet dan Sosial Media

Perlu kita ketahuan dalam peraturan penggunaan Facebook tidak diperuntukkan untuk anak usia dibawah 13 tahun, artinya ketika anak masih dibangku sekolah dasar tidak diperbolehkan mempunyai handphone, biarkan meraka menikmati masa kecilnya dengan berbicara secara manual tanpa harus berbicara lewat telephone genggam.


Buatlah peraturan dasar dalam rumah misalnya dalam nonton televisi untuk anak-anak tidak diperbolehkan nonton lewat dari jam 8 malam, karena harus mengerjakan PR sekolah, begitu juga dengan orang tuanya tidak diperkenankan nonton televise saat anak mengerjakaan PR. Jadi harus seimbang antara anak dan orang tua.

Perlu ditekankan pada anak dibawah usia 14 tahun tidak diperkenankan untuk menggunakan laptop di dalam kamar, kenapa demikian? Karena di computer semua akses bisa ditemukan mulai dari yang mendidik hingga yang dapat menjerumuskan anak. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus jeli untuk memperhatikan situs-situs yang sering dikunjungi anak, dan orang-orang yang berkomunikas dengannya. 


SIS Group of Schools
Setelah Raising Children in Digital Era dilanjut dengan perkenalan SIS Bona Vista oleh mbak Monica yang menjelaskan bahwa Singapore Intercultural School Bona Vista adalah jaringan sekolah kelas dunia yang menyediakan lingkungan holistik yang dapat mendorong pelajar untuk ingin tahu, berpikir kritis dan kreatif, menyelesaikan masalah dan membangun semangat serta tanggung jawab untuk berbagi ide serta pengalaman yang dimiliki pelajar.

Bahasa yang dipelajari di sekolah ini menggunakan tiga bahasa, sehingga mereka sesama pelajar walaupun beda bangsa dan negara namun mereka bisa saling berkomunikasi dengan bahasa yang mereka pelajari dengan menggunakan bahasa Inggris, Mandarin dan Indonesia.  

Add caption
SIS Bina Vista ini didirikan pada tahun 1996, yang terinspirasi oleh potensi Indonesia dan Metodologi Singapore, dengan kurikulum mencanangkan pembelajaran berbasis pengamatan dengan menggunakan kurikulum inti kerangka NEL (Nurturing Early Learners) yang telah dikembangkan oleh peneliti lokal dan internasional secara luas oleh Kementerian Pendidikan Singapura untuk Prasekolah.

Prasekolah SIS melihat anak individu sebagai inti dan pusat dari semua kegiatan. Rasio siswa terhadap guru yang rendah memungkinkan siswa yang menerima perhatian individual dan pengasuhan yang memberi mereka kemampuan untuk mengambil langkah percaya diri menuju masa depan yang cerah. Siswa yang lulus dari sistem pendidikan Singapura secara konsisten berada diantara para siswa yang berprestasi tinggi di dunia.


Jam Sekolah

Kelas
Mulai
Istirahat
Makan Siang
Selesai (senin-Jumat)
Play Club
7:35
9:00-9:30
-
10:30
Pre Nursery
7:35
9:00-9:30
-
11:30
Nursery
7:35
9:00-9:30
11:30
11:30
K1
7:35
9:00-9:30
11:45
11:45
K2
7:35
9:30-10.00
11:45
11:45

Setelah mbak Monica persentasi, kami para blogger diajak berkeliling untuk melihat ruang sekolah Secondary Art Room, Mading, Preschool HT, Preschool Staff Room, Ruang Library & Media Room, dan ruang terbuka yaitu langan olah raga tempat bermain anak-anak bila istirahat dan ketika olah raga.


Terakhir mbak Monica memberitahuankan untuk UPCOMING OPEN HOUSE SCHEDULE Singapore Intercultural School BONA VISTA di hari Sabtu tanggal 15 September 2018 pada jam 9:30 hingga jam 11.30, untuk informasi selanjutnya di nomor 021 - 75914414


Salam
Sumiyati Sapriasih
No.WA : 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com
                                                                                     

No comments :

Post a Comment