SOCIAL MEDIA

Saturday, 11 August 2018

Siapapun Bisa Menjadi Tokoh Inspiratif

Sumiyati Sapriasih

Masih ingatkah isi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 “Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan”. Ceritanya kami para blogger hadir di acara launching website tokohinspiratif.id yang merupakan wadah terhubungnya para individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan.

Ruang Ocha & Bella Resto Hotel Morrissey pada tanggal 9 Agustus 2018, merupakan salah satu tempat kami menyaksikan peluncuran Website tokohispiratif.id. Dimana bapak Halid Muhammad membuka acara ini, mengatakan bahwa Siapapun bisa menjadi tokoh Inspiratif asalkan dapat memberikan apresiasi terhadap perjuangan untuk kemajuan bangsa. Karena melalui wadah tokohinspiratif.id ini diharapkan semakin banyak orang-orang yang ambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik, dan menularkan semangat yang lebih banyak lagi orang terispirasi untuk menjadi inspirasi.

Pada Launching Website tokohinspiratif.id ini, hadir pula para tokoh Inspiratif seperti : Ibu Nurhidayati (mbak Yaya) selaku Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, dikenal sebagai Tokoh Inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik mengatakan bahwa, tidak ada negara yang baik hati, rakyatlah yang membentuk suatu negara. Hal ini juga diungkapkan karena pengalaman mbak Yaya lebih dari 20 tahun dengan maraknya isu-isu yang terkait dengan lingkungan hidup dan pembangunan.
Ibu Nurhidayati Salah Satu Tokoh Inspiratif 
Sejak dibangku kuliah hingga kini ibu Nurhidayati sebagian besar waktunya dihabiskan untuk beraktifitas dalam organisasi non-pemerintah dan bersama masyarakat dalam berbagai macam isu di berbagai tingkatan, mulai dari perencanaan komunitas dan pengorganisasian penanganan kasus-kasus masyarakat, hingga advokasi dan kampanye isu kebijakan dari level nasional, regional (ASEAN) dan global.

Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH selaku anggota Bawaslu RI Devisi Penindakan, dikenal sebagai Tokoh Inspiratif Kategori Aparatur Pemerintah mengatakan bahwa dalam mengawasi pemilu, semangat itu menjadi poin penting bagi pergerakan dalam membangun peradapan demokrasi. Beliau juga mengatakan bahwa peran Bawaslu sangat penting dalam menentukan kualitas pemilu dan demokrasi di Indonesia. Karena, pemilu bukan sekedar datang ke tempat pemungutan suara dan menggunakan hak pilih, namun pemilu itu merupakan proses membangun peradaban demokrasi.

Lain lagi ungkapan dari Titi Anggraini selaku Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk pemilu dan demokrasi, dikenal sebagai Tokoh Inspiratif Kategori Kesehatan mengatakan bahwa Demokrasi bukanlah pilihan sistem terbaik, namun demokrasi dengan segala kekurangannya memungkinkan kita untuk mendebatkan dan mendiskusikan kelemahan demokrasi agar menjadi lebih baik.

Bapak Halid Muhammad
Dalam hal isu tentang Ekologi tidak mendapatkan tempat, salah satunya demokrasi sehari-hari ucap Bapak Merah Johansyah Ismail, selaku Koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang sebagai Tokoh Inspiratif Kategori Organisasi Nonpolitik. Beliau juga mengatakan bahwa saat ini sudah ada 9.700 izin pertambangan dengan tujuan politiknya yang merusak lingkungan. Hentikan pertambangan !!! ucap bapak Merah Johansyah Ismail dengan suara lantangnya.

Idealisme menjadi pedoman dan keberanian extra nyali yang tinggi demi mendorong demokrasi Indonesia baru yang anti korupsi. Oleh sebab itu sebagai  generasi milenial harus menjadi bagian dari solusi atas ketidakadilan di sektor pertambangan dan lingkungan yang terus terjadi. Karena kaum muda adalah yang paling bisa mengurus Negara.

Sebagai penyandang gelar professor di bidang antropologi dan selaku tokoh Inspiratif Kategori Akademisi, bapak Prof. Dr. Sulistyowati Irianto tidak gentar akan melawan korupsi. Karena bagi saya korupsi bukan hanya sekedar pelanggaran hukum dan lebih dari itu korupsi merupakan pelanggaran terhadap hak asasi orang lain ungkap guru besar antropologi Universitas Indonesia Bapak Prof. Dr. Sulistyowati Irianto.

Para Tokoh Inspiratif
Ada 5 kriteria untuk menjadi tokoh inspiratif antara lain :

Memiliki passion yang dapat dilihat dari track record serta usia perjuangannya.
Memiliki kapasitas baik dari ilmu maupun akses.
Memiliki Integritas yang jujur dalam pengabdian.
Memiliki Inovasi dari sesuatu yang out of the box atau anti mainstream.
Memiliki semangat untuk memberi dan berbagi.

Sebagai penutup Bapak Nazarudin bercerita pengalaman yang dialaminya ketika mencari kunci di depan rumah, padahal urusan pertambangan gelap, sungai marak sebagai pembuangan limbah dan masih banyak lagi kejadian-kejadian lainnya yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu dengan adanya website tokohinspiratif.id setiap orang berhak untuk mengusulkan dan ambil bagian tokoh inspiratif, karena semua orang bisa menjadi inspirasi bagi bangsa.


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No : 089616613396



13 comments :

  1. Wow...keren-keren ya Mak tokoh yang hadir. Pasti senang bisa hadir di sana dan merasakan aura positif dari tokoh-tokoh inspiratif yang hadir di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Yayah jadi terinovasi untuk segera bisa bangkit memberikan informasi kepada masyarakat, karena siapapun orangnya, dapat menjadi seorang inspiratif untuk bangsa Indonesia.

      Delete
  2. Mantap semua narasumber dan panelisnya, diskusi terasa hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. narasumber yang telah teruji dalam tugas masing-masing sehingga dapat memberikan inspiratif bagi masyarakat Indonesia.

      Delete
  3. salut kepada para inspirator karena sudah berbagi tanpa pamrih untuk kemajuan Indonesia

    ReplyDelete
  4. asyik sekarang sudah ada web untuk para tokoh yang menginspirasi jadi bisa lebih mudah untuk mendapat inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkat adanya inspirator sehingga para pejabat penguasa dapat termotivasi agar bangsa ini lebih baik lagi

      Delete
  5. 5 kriteria di atas sebenernya sederhana cuman hanya segelintir orang yang bisa menjalankannya.. salut sama para tokoh inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip ... apalagi dengan tokoh inpiratif Merah Johansyah Ismail, dia sangat berani mengungkapkan suatu kejadian kepada masyarakat dengan suara lantangnya,

      Delete
  6. Semoga kita selalu menjadi manusia yang bisa menjadi suri tauladan bagi manusia yang lain. Aaamiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbagi itu lebih mulia dapat menyenangkan orang banyak, oleh sebab itu dengan tulisan kita dapat berbagi informasi kepada masyarakat

      Delete
  7. Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, semakin banyak yang menjadi tokoh inspiratif, semakin maju bangsa Indonesia

      Delete