SOCIAL MEDIA

Tuesday, 13 February 2018

Harga Diri Merupakan Harkat Manusia

Duduk yang rapih salah satu harga diri manusia
Harkat manusia adalah harga diri yang paling tinggi dibandingkan makhluk lainnya. Harga diri itu sendiri merupakan besarnya nilai yang diberikan pada dirinya sendiri, dengan kata lain harga diri itu harkat, martabat atau kehormatan.

Mulut seseorang patut dijaga, ketika seseorang salah berkata maka selanjutnya tidak ada yang mempercayai atas perkataan itu. Tingkah laku seseorang dapat dilihat dari baik buruknya, tinggi rendahnya harga diri tergantung pada diri itu sendiri.

Jika seseorang berbuat baik maka tinggi pula harga dirinya. Jadi perbuatan mencerminkan seseorang akan harga dirinya. Bukan berarti seseorang dihormati karena dia adalah orang kaya, ada juga sih … sifat orang seperti itu, ingin dihargai dengan kekayaannnya.

Menurut agama yang pernah saya pelajari bila ingin dihormati, maka hormati diri sendiri dengan tutur kata yang baik, jangan merasa malu jika kita menyuruh seseorang dengan sebutan kata tolong ya bantu saya untuk ambilkan air minum.

Jika seseorang memiliki harga diri yang baik, orang itu akan di hormati orang lain. Harga diri seseorang akan berkembang sejalan dengan prestasi yang diraih. Begitu juga bila menghadapi orang, suara dikecilkan untuk berbicara dan diharapkan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Pentingnya Harga Diri

Didalam bersosialisasi ketika menjadi narasumber untuk perwakilan dari sebuah komunitas diperlukan pentingnya harga diri seseorang, karena harkat dan martabat manusia paling tinggi dimata makhluk lain. Harkat artinya harga atau nilai, sedangkan martabat sebagai tingkatan atau derajat.

Mengenal diri sendiri merupakan keharusan, dimana kita harus mengembangkan diri atau keahlian dan kelebihan yang kita miliki. Kekurangan yang ada pada diri kita harus diperbaiki untuk lebih maju kedepannya, jauhi sikap dan perbuatan yang tidak baik yang dapat mengurangi harga diri, misalnya sombong, iri hati, dengki, tidak disiplin atau berbuat seenaknya sendiri.

Untuk penampilan sebaiknya harus rapih bukan berarti berpakaian yang mahal, melainkan berpakaian dengan sopan mencerminkan harga diri seseorang. Jadi harga diri tergantung akan perbuatan kita sendiri. Tutur kata yang baik mencerminkan kepribadian seseorang.


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. : 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com   

2 comments :

  1. Tepat sekali Bu Sumi, harga diri itu memang penting sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. seseorang dapat dilihat harga dirinya sebagaimana sikap dan perilaku seseorang.

      Delete