SOCIAL MEDIA

Wednesday, 14 February 2018

Empat Pulau Perbatasan Dengan Negara Lain

Lumpur Lapindo
Tahun 2006 yang lalu telah terjadi bencana buatan dengan kerugian sangat besar, kejadiannya ketika kegiatan pengeboran oleh PT. Lapindo yang menyebabkan tidak stabilnya kondisi tanah di bawah lokasi awal. Kemudian lumpur yang telah menunpuk sempat ditutup, namun terjadi tekanan, akhirnya lumpur menyembur dan mulai menggenai wilayah sekitar pengeboran sampai pemukiman, pertanian dan perindustrian.

Ada yang tahu daerah perbatasan Indonesia? Baiklah saya akan membahas empat pulau berbatasan dengan negara lain yang bisa dikunjungi buat perjalanan Travelling anda :

1. Pulau Damar aalah pulau terluar dari bagian gugusan kepulauan Anabas tepatnya di propinsi kepulauan Riau. Pulai ini terletak di kabupaten Natuna kecamatan Jemaja yang memiliki bentuk tudung atap disebut juga pulau Tokongatap, letaknya berbatasan dengan wilayah Malaysia.

Untuk perjalanan dari Batam ke pulau Damar membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat permukaan pulau yang terdiri dari bebatuan besar dengan tebing yang curam. Di pulaiu ini terdapat goa besar pada bagian dalamnya, ada kolam tawar dan biasanya Burung Camar hitam berkumpul.

2. Pulau Sebatik merupakan pulau terluar yang ada di wilayah propinsi Kalimantan Timur berbatasan dengan wilayah Malaysia Tumur, oleh sebab itu pulau ini terdiri dari 2 wilayah negara yang berbeda antara Indonesia dan Malaysia. Pulau Sebatik ini terdapat ekosistim terumbu karang yang khas di wilayah pesisir Batu Lamampu.

3. Pulau Batubawaikang merupakan pulau terluar yang berada di ujung propinsi Sulawesi Utara. Wilayah ini berbatasan dengan langsung negara Philipina. Kondisi pulau Batubawaikangterdiri dari bongkahan batu beserta bukit kecil yang memiliki permukaan terjal. Bila saat kita mendekati pulau ini kondisi ombak sangat besar sewaktu-waktu sangat berbahaya, karena Pulau Batubawaikang merupakan bagian dari gugusan kepulauan Kawio.

4. Pulau Bras berada di wilayah terluar Indonesia yaitu berada di Kabopaten Supiori propinsi Papua, Jika berkunjung ke Pulas Bras pastikan untuk sewa speedboat karena perjalanan dari kabupaten Biak menuju ke pulau Bras menempuh jarak waktu 6 jam. Potensi wisata pulau Bras ini sangat tinggi dengan adanya  pantai dan wisata baharinya yang menakjubkan.

Wah ternyata potensi sumber daya alam di 4 pulau perbatasan cukup lengkap dan sangat indah, dengan adanya coral, terumbu karang, mangroove dan juga rumput laut. Kapan ya aku kesampaian untuk travelling ke 4 pulau itu,


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No, : 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com


No comments :

Post a Comment