SOCIAL MEDIA

Monday, 5 February 2018

Buang Jauh Amarahmu Pastikan Olah Raga Panahan

Olah raga panahan dapat meredam Amarah
Sebagai mahluk ciptaan ilahi pasti pernah merasakan marah, karena marah merupakan hal yang wajar yang dikeluarkan oleh energi manusia. Marah dapat dihilangkan dengan cara mengendalikan emosi itu sendiri, tidak ada cara menghilangkan rasa marah, yang ada hanyalah cara untuk mengendalikan dan meredakan kemarahan.

Ketika marah, jangan pernah mengatakan apa-apa, karena jika kita berbicara dalam keadaan emosi memuncak, pasti akan memperburuk situasi dan sangat memungkinkan  menyakiti perasaan orang lain. Namun, jika kita bisa menjaga untuk tetap diam, maka situasi emosi kemarahan akan meninggalkan kita. Ada pepatah dari – Thomas Jefferson – “Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum kita berbicara. Jika kita sangat marah, hitunglah sampai seratus”.

Menurut medis kesehatan, marah yang berlebihan dapat menimbulkan dampak serius pada kesehatan seseorang ketika emosi memuncak. Tubuh seseorang akan melepaskan hormon-hormon stress seperti kortisol dan adrenalin. Bila terlalu banyak, hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah tinggi akibatnya menimbulkan penyakit. Memang kita akui bahwa saat marah jantung kita berdebar dan bernapas lebih cepat. Bila marah tingkat tinggi, akan terjadi ketegangan di bahu hingga mengepalkan tangan.

Di dalam surat : Fath al-Bari ayat 10/520 bahwa menahan marah itu memang bukan pekerjaan mudah, karena nabi mengumpamakan orang yang dapat mengendalikan kemarahan dan emosinya, sebagai mana orang itu kuat. Nabi juga melarang umatnya untuk marah, namun jika marah, nabi telah mencontohkan bagaimana seharusnya mengendalikan rasa amadalah.

Cara saya mengatasi amarah menurut penglaman yang pernah saya alami. Ketika itu saya menghadiri suatu event, ternyata event tersebut hanya mengumpulkan peserta untuk mendengarkan dia berbicara tanpa adanya interaksi para peserta, Boring tak menentu, semua peserta merasa kecewa atas kehadirannya, akhirnya satu persatu peserta meninggalkan event tersebut. Dikarenakan waktu menunjukkan sholat dzuhur, kami berdua menuju mesjid yang tidak berjauhan dengan lokasi event.
Alhamdulillah ternyata mesjid yang aku datangi ada tausiah kebetulan temanya “Meredam Kemarahan”
  • Tarik nafas dalam-dalam, tindakan sederhana dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu dalam menghilangkan kemarahan.
  • Ambillah wudhu, karena kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, dan api hanya bisa padam dengan air.
  • Merubah posisi, dalam sebuah hadits dikatakan kalau kalian marah maka duduklah, jika marah tidak hilang juga maka berbaringlah untuk tidur.
  • Tersenyumlah, ketika kita tersenyum dapat meredakan banyak situasi negatif, dengan tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain. Karena tersenyum itu tidak memerlukan biaya apapun, selain efektif dapat meredakan situasi tegang.
Tersenyum adakah cara menawarkan niat baik kepada orang 
Setelah mendengarkan tausiah kamipun meninggalkan mesjid untuk pulang, namun ketika beberapa langkah di taman menteng ada sebuah acara yang digelar untuk masyarakat umum yang diselenggarakan oleh Anlene dan Radio Cosmopolitan 90,4 fm. Dan kamipun mendaftarkan diri untuk menjadi peserta.

Awal peserta diharuskan follow Instagram Anlene, tentunya sebagai blogger soal follow mem-follow sudah pekerjaan sehari-hari, lalu kami di cek tensinya. Untunglah saya sudah bisa meredamkan rasa kecewa yang kami alami, dan saya lolos untuk tahap cek tensi. Seteah itu ada permainan olah raga panah. Wow …. Suatu kejutan !!! olah raga panah ini harus mempunyai rasa percaya diri dan hati yang lapang tanpa beban yang di embannya, karena busur harus menancap pada tengah sasarannya.

Permainan olah raga panah ini memerlukan konsentrasi penuh, jadi tidak ada alasan untuk hati yang sedang marah. Buang jauh amarahmu, pastikan olah raga panahan. Dan alhamdulillah setelah melalui 3x seleksi akhirnya saya mendapatkan “The Winner Of Anlene Bebas Bergerak”


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

6 comments :

  1. aku sekalipun belum pernah mencoba olahraga panah, ahhh... kapan2 bisa coba nihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ikutan olah raga panah bisa membuat konsentrasi terasah

      Delete
  2. Mantaf mba, saya belum pernah mencoba panahan nih jadi penasaran makasih sharingnya semoga kita tidak mudah marah ya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo coba olah raga panahan, karena dengan olah raga panahan dapat mengendalikan amarah, dimana olah raga tersebut penuh konsentrasi

      Delete
  3. Menahan marah adalah hal yg sulit ya bu, tapi harus hehe.. apalagi klo di rumah. Anak2 menguji kesabaran :D banyak cara supaya meredam amarah.. wah winner, selamat yaaa ibuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. selagi kecil anak memang suka menguji kesabaran ibunya, jadi harus sabar ya ...

      Delete