Wednesday, 26 July 2017

Navaplus Group Telah Memberi Inspiratif Pada Anak Berkebutuhan Khusus

3 Pemenang Foto Bercerita
Navaplus Group merupakan wadah bagi anak-anak penyandang autisme untuk menyalurkan potensi, keterampilan dan bakat seni khususnya di bidang karya gambar berwarna dalam bentuk foto yang menceritakan keseharian dan perjuangan mereka. Karena Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ini perlu support dari guru dan lingkungan, terutama keluarga sebagai orang tua harus fokus untuk perkembangan anak.

Sebagai Presiden Direktur Navaplus Group bapak David Wibowo telah membuat program kepedulian KITA=SAMA agar bisa mengapresiasi karya anak-anak penyandang autisme dengan memberikan dukungan dan pengertian dimana kita terlibat secara positif dalam kehidupan mereka. Ternyata hasil karya anak-anak membuat juri bapak Willi Yoh dari Dosen IIKOM UI sangat “eye opener” dan menyentuh kalbu seperti memberikan pesan kepada kita semua untuk “wake up, aware and take action”  yang berperan dalam memberikan ruang kembang dan kreasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Selasa, 25 Juli 2017 berlokasi di Gedung BRI Argo Jl. Mampang Prapatan Raya No.139 B Jakarta Selatan, dalam acara Media Gathering program KITA=SAMA didukung oleh psikologi anak tiga generasi ibu Saskhya Aulia Prima M. Psi menjelaskan bahwa orang tua khususnya ibu harus fokus terhadap pengembangan kemampuan anak yang mengalami autisme, karena hanya support lingkungan maka semuanya akan terjadi sinergi yang baik sehingga dapat mengurangi gejala autisme anak perlahan-lahan berjalan, walaupun tidak bisa hilang 100 %.
2 Sahabat Blogger meliput acara Media Ghatering
Bagi orang tua yang sulit berinteraksi dengan individu autisme, ini dia tipsnya :

  1.  Menyebut nama mereka ketika ingin berkomunikasi.
  2. Membahas topik spesifik dan jelas.
  3. Eye-contact secukupnya.
  4. Hindari terlalu banyak member kebisingan/sentuhan/bau dll.
  5. Ajak individu autism bersosialisasi.
  6. Sabar menunggu jawaban diberikan.

Walaupun anak autisme banyak kekurangannya, namun yang maha kuasa  menciptakan kelebihan seorang autisme antara lain : daya ingatnya dan analisis pola kejadian sangat baik, melakukan sesuatu sangat fokus pada saat bekerja tanpa harus dipaksa, kreatif, minat spesifiknya dapat berkontribusi besar pada produktivitas saat bekerja.

Inilah salah satu pemenang Lomba Foto Bercerita, ibu Dwiyana Supriyatni guru pembimbing Kemal SDN Kramat Jati 16 Jakarta.

Foto ke-1 ,Foto ke-2, Foto ke-3
Pada foto ke-1 diambil ketika berbaris saat upacara, anak didik ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang disingkat R sering maju mendekati petugas upacara dan guru, bahkan ketika teman-temannya berbaris, ia duduk diantara barisan dan itu terjadi sepanjang jalannya upacara. Kamipun sebagai koordinator Inklusif bertemu dengan orang tua R bahwa karakteristik R mendekati autisme dan perlu mengikuti terapi perilaku. Kita berharap siapapun yang megenal dan memiliki Anak Berkebutuhan Khusus punya kesempatan pendidikan yang sama dengan berkolaborasi dalam pelaksanaan belajar empati dan memahami bahwa keragaman membawa pada keberhasilan bersama.

Pada foto ke-2 diambil dalam rangka Gebyar Kreativitas peserta didik sd dan Direktorat Pendidikan Khusus , acara ini merupakan kesempatan untuk membuktikan bahwa Anak Berkebutuhan Khusus bisa melakukan sama seperti anak lainnya, dan momen kebersamaan ini mengingatkan bahwa pendidikan Inklusif bukan lagi sebuah ilusi.

Pada foto ke-3 diambil ketika Upacara Bendera dari salah satu peserta didik berkebutuhan khusus Autisme yaitu Kemal V kelas 5, yang mana kemampuan sosialnya dan akademik cukup baik, namun masih memiliki kesulitan dalam kemampuan verbal seperti kalimat yang belum berurutan saat berbicara dan masih sering bergoyang-goyang.

Menutup acara Gathering ini, Ibu Saskhya Aulia Prima M. Psi memaparkan bahwa hal-hal yang mesti diketahui masyarakat luas mengenai perjuangan orang tua dengan anak mereka yang menyandang autism agar masyarakat bisa memiliki empati dan mengerti apa yang mereka rasakan dan hadapi, sehingga tidak lagi memandang negatif atau menyepelekan isyu, keberadaan dan permasalahan autisme.

            
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

6 comments:

  1. Wah artikelnya bagus dan bermanfaat bu. Semangat utk mencerdaskan bangsa... salam mampir di blog saya bu www.cahayalentera.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir di rumah mayaku, kita harus bebrbagi informasi kepada masyarakat agar lebih paham

      Delete
  2. Seringnya mereka tidak diapresiasi..malah dibully..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh sebab itu bunda saladin kita harus memberikan informasi kepada masyarakat agar lebih paham

      Delete
  3. Setiap anak pasti ada kekurangan dan kelebihan masing2 meskipun anak autis ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, maha kuasa menciptakan manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya, oleh sebab itu kita yang diberi kelebihan dapat berbagi kepada orang yang kekurangan, terima kasih sudah mampir di rumah mayaku :)

      Delete