Saturday, 17 June 2017

Komoditas Kakao dan Program Cocoa Life Indonesia

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bp. Ir. Bambang, MM
Indonesia merupakan Negara penghasil Kakao terbesar ketiga setelah pantai Gading dan Ghana dengan kontribusi ekspor mencapai 15% dari total ekspor kakao global. Sejak didirikan di Indonesia tahun 2013, Kementerian Pertanian memfokuskan upaya-upaya dan investasi pada tahun 2015 – 2019 guna mencapai peningkatan produktivitas dan niali saing kakao.

Direktir Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian Bapak Ir. Bambang, MM menjelaskan bahwa sejalan dengan Nawacita yang diusung oleh Presiden Bapak Jowo Widodo dalam rencananya akan menyediakan benih tanaman perkebunan sehingga diharapakn dapat mendorong produksi dan mutu komoditas ekspor.
Kakao Siap Panen
Cocoa Life merupakan program kakao berkelanjutan yang memiliki sifat menyediakan pelatihan dan keahlian berwirausaha untuk membantu meningkatkan sumber kehidupan yang lebih baik. Oleh sebab itu diperlukan kolaborasi yang dapat memastikan berkelanjutan produksi kakao di masa depan. Program ini memiliki focus pada peningkatan produktivitas dan pendapatan petani, juga mendukung komunitas petani kakao dengan membantu upaya peningkatan kualitias kehidupan mereka.

Cocoa Life dan Mondelez International merupakan investasi secara langsung dalam rantai produksi untuk menciptakan keberagaman yang memiliki dua tujuan utama yaitu keberadaan petani kakao dan kemajuan komunitas kakao. Tujuan tersebut dicapai dengan mengimplementasikan sejumlah program memperdayakan wanita, kewirausahaan untuk meningkatkan pendapatan dari kakao dan edukasi anak bagi generasi masa depan.

Alokasi anggaran tahun 2018 dalam bentuk pembenihan, kakao merupakan salah satu dari sebelas Komoditas Stratgeis ekspor lainnya seperti : Kelapa Sawit, Karet, Kelapa, Lada, dan Pala. Selain itu Lembaga Ekonomi Masyarakat diharapkan nantinya dapat sukses memperdayakan petani dan mampu membangun kemitraan dengan swasta dan perbankan. Oleh akrena itu komitmen Mondelez dalam upaya membantu keberlanjutan produksi kakao di Inondesia.
Media & Blogger siap untuk Liputan Reportasenya
Cocoa Life menetapkan fokusnya pada 5 tujuan dengan cara yang kohesif yaitu : transformasi pertanian, tranformasi komunitas, transformasi generasi muda, transformasi kesejahteraan, transformasi lingkungan dan memperluas usaha untuk mengurangi emisi karbon dari hulu ke hilir sehingga masalah deforestasi di kakao menjadi prioritas utama serta dapat bekerja dengan para ahli dalam teknologi baruuntuk memonitor resiko deforestasi.

Yuk … kita bantu program Mondelez International agar kehidupan masyarakat petini lebih sejahtera.

Salam
Sumiyati Sapriasih
Telp : 089616613396

Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

2 comments:

  1. Kalau pengen usaha menjadi produsen makanan berbahan dasar kakao gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. googling Cocoa life nanti disana bisa ditemukan informasi mengenai komunitas Kakao.

      Delete