Thursday, 23 February 2017

Satu Tindakan Untuk Masa Depan, Baca Label Sebelum Membeli

10 Blogger sedang memperagakan Contact Center Halo BPOM 
Selasa, 21 Pebruari 2017 dibarengi dengan hujan yang tiada henti, banjir dimana-mana jalananpun macet total baik di tempuh dengan kendaraan transjakarta maupun sarana kereta api, Namun kami para blogger tidak surut mendatangi kantor Badan POM di Jl. Percetakan Negara No.23 Jakarta Pusat. 

Ada apa gerangan ?  
Ternyata, pada tanggal 31 Januari 2017 Badan POM telah memasuki usia yang ke 16 tahun, tepatnya hari ini bersama ibu Rianti Anggriani, SH, MARS, M.Hum sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas, sedangkan Bapak Drs Tepy Usia, Apt, M.Phil, Phd dari Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) sebagai narasumber dalam acara Open House Komunitas  Blogger #HutBPOM16 yang akan memberikan sosialisasi tentang Perkembangan Institusi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Kedudukan Badan POM berada dibawah dan bertanggung jawab kepada presiden atas pengawasan Obat dan Makanan, karena Badan POM merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintah di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.  

Di dalam tugas Badan POM salah satunya adalah Pemeriksaan Keamanan Pangan seperti Ciri-ciri pangan berboraks :
1.    Pada Bakso
·      Teksturnya sangat kenyal
·      Warnanya tidak kecoklatan seperti penggunaan daging, namun lebih cenderung keputihan
2.    Pada Lontong
·      Teksturnya sangat kenyal
·      Dapat memberikan rasa getir
3.    Pada Kerupuk
·      Teksturnya sangat renyah

·      Dapat memberikan rasa getir

Oleh sebab itu Fungsi Badan POM sangatlah penting dalam Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan, Koordinasi Badan POM diawasi oleh Menteri Kesehatan meliputi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan kebijakan yang berkaitan dengan instansi Pemerintah lainnya. 
Contact Center Halo BPOM 1500533
Beranjak dari tahun 2014 Badan POM terus meningkatkan pelayanan menghadirkan Contact Center Halo BPOM di 1500533 dengan twitter @HaloBPOM150053e3, IG : @BPOM_RI dan website www.pom.go.id , hingga saat ini sudah ada 6 agent contact center dengan pegawai yang setia melayani dari pukul 08.00 – 17.00 pada jam operasional, namun untuk akses public selama 24 jam hanya berlaku pada sms di 0812-1999-9533 atau email di : halobpom@pom.go.id.

Salah satu contoh pertanyaan dan jawaban yang telah direkam pihak contact center adalah : Bagaimana prosedur pengurusan rekomendasi Badan POM berupa Suplemen pelangsing impor untuk penggunaan pribadi?
Sebagai jawabannya telah disampaikan berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.05.02.43.02.15.1766, tanggal 18 pebruari 2015 Badan POM tidak menerbitkan surat persetujuan impor Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan untuk penggunaan pribadi (Special Access Scheme/SAS) yang digunakan untuk tujuan selain pengobatan atau penyembuhan suatu penyakit, misalnya untuk menguruskan badan atau menambah stamina. Nah ... untuk itu teliti sebelum membeli.
Ruang Laboratorium BPOM
Visi, Misi, Tujuan Badan POM
Visi
·      Obat dan Makanan Aman, Meningkatkan Kesehatan Masyarakat dan Daya Saing Bangsa.
Misi
·      Meningkatkan system pengawasan Obat da Makaan berbasis Resiko untuk meindungi masyarakat.
·      Mendorong kemandirian pelaku usaha dakam memberikan jaminan keamanan Obat dan Makanan serta memperkuat kemitraan dengan pemangku kepentingan.
·      Meningkatkan kapasitas kelembagaan Badan POM
Tujuan
·      Meningkatkan jaminan Obat dan Makanan aman, bermanfaat dan bermutu dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengujian yang hasilnyadapat dipercaya.

Kunjungan ke Laboratorium Badan POM
Ruang Laboratorium Badan POM
Selain mengunjungi ruang contact center, kami para blogger diperbolehkan untuk melihat ruang laboratorium dengan pembagian 10 orang per kelompok agar tidak memenuhi lorong ruang laboratorium yang bersih dan steril. Lantai 1 terdiri dari ruang Laboratorium Obat Tradisional, Kosmetik dan Komplemen, Lantai 2 terdapat ruang Laboratorium Bidang Pangan, Lantai 3 ruang Laboratorium Produk Terapeutik dan laboratorium Bahan Berbahaya.  

Ibu Nisa sebagai kepala Ruang Laboratorium menjelaskan bahwa kontaminasi resiko lingkungan bahan tambahan pangan, pemberi rasa bahan berbahaya di uji dalam laboratorium selama 1 minggu. Untuk Pembalut wanita kadar kedap airnya 10 x minimal diambil dari acuan SNI (standar Nasional Indonesia).
Laboratorium Badan Pengawasan Obat dan Makanan
Laboratorium Badan POM ini sudah mendapat pengakuan WHO, dan telah diuji ketika saat beredar vaksin palsu, dengan sigap BPOM telah memberi andil yang besar dalam mengidentifikasikan peredaran vaksin palsu dengan cepatnya.

Yuk kita perangi berita hoax tentang info yang tidak bertanggung jawab, sekarang ini sudah ada Halo BPOM di 1500533 dengan moto “Satu Tindakan Untuk Masa Depan, Baca Label Sebelum Membeli”   

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com
  


16 comments:

  1. Apalagi makanan buat anak-anak harusnya lebih selwktif dan cermat yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bener banget, untuk makanan memang harus lebih teliti karena banyak penggunaan pewarna textile dipergunakan oleh produk makanan dan itu sangat berbahaya, yuk satu tindakan untuk masa depan, baca label sebelum membeli :)

      Delete
  2. nah yg sering itu hoax, beberapa kali banayk tersebar. jadi bisa pakai Halo BPOM ya, siplah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan termakan berita hoax ya, sekarang sudah ada contact center halo BPOM di 1500533 :)

      Delete
  3. Harus dukung nih kiprah BPOM untuk menjaga agar makanan yang beredar terjamin. Tapi jadi konsumen juga harus bijak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya yang menentukan segalanya kita sebagai konsumen, satu tindakan untuk masa depan, jadi kita harus lebih teliti baca lebel sebelum membeli :)

      Delete
  4. makanan di sekolah2 tuh, harus di waspadai.. caosnya itu yang biasanya bahaya... Cermat, dan harus cerdik pokoknya.. kesehatan nomor 1..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh sebab itu, kita sebagai orang tua bekali anak dengan makanan rumah, agar tidak jajan sembarangan :)

      Delete
  5. Harus cermat dalam berbelanja semua jenis produk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya kita sebagai konsumen berhak memilih mana yang harus kita beli, telili dan baca label sebelum membeli :) dengan halo BPOM semoga aman segala macam product

      Delete
  6. Memang kudu waspada baca label ya. Meriksain labelnya, udah ada ijin atau belum y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak maya sudah berkomentar disini, intinya kita sebagai konsumen harus jeli dan teliti terhadap merek yang digunakan oleh brand apakah sudah aman dari bahan berbahaya :)

      Delete
  7. Ngerinya masih banyak ya jajanan anak di warung or pinggir jalan yang ga aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekali anak dengan makanan rumah dan beri tahu mereka agar lebih teliti dalam memilih jajanan :)

      Delete
  8. Terima kasih, semoga tulisan ini membantu masyarakat luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mak Elisa Koraag sudah berkomentar disini, sebagai blogger harus memberikan informasi kepada masyarakat luas yang inovatif dan terpercaya dari narasumbernya langsung :)

      Delete