Monday, 30 January 2017

Perawatan Kulit dan Gigi Ketika Hamil Sangatlah Penting


Nara Sumber di Grand Opening Amara Skin & Aesthetic Center

Dulu, ketika saya hamil tubuh mengalami perubahan, kaki bengkak, muka berjerawat, ukuran badan yang membesar, kenaikan berat badan serta selulit dan stretch mark. Dalam acara Grand Opening Amara Skin & Aesthetic Center di ruang Auditorium Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, Dr. Rachel Djuanda Spkk menjelaskan bahwa perubahan pada perempuan hamil dipicu oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang berlebihan sehingga payudara membesar karena adanya perubahan sirkulasi serta sistem kekebalan tubuh.

Dr. Rachel juga bercerita 2 hari yang lalu seorang pasien mengatakan bahwa dia terkena penyakit kelamin padahal pasien tersebut baru melahirkan 9 bulan dan tidak pernah berhubungan intim dengan siapapun, ternyata setelah diselidiki bahwa suami pasien tersebut telah berselingkuh, mengapa demikian?

Kita kembalikan kepada seorang perempuan dalam keadaan apapun, baik hamil ataupun cape setelah mengurus rumah tangga, kita harus bisa menjaga diri dalam arti kita harus pandai merawat wajah karena cantik dan sehat adalah idaman setiap perempuan, namun pada kenyataannya banyak perempuan hamil merasa kecantikannya memudar saat dia hamil, karena adanya pigmentasi, jerawat dan kulit kering.

Begitu juga dengan Drg. Mira Madjid, MPH Sp Perio, mengatakan bahwa bukan saja kulit yang mesti dirawat ketika hamil, gigipun punya andil peranan penting karena gusi ibu hamil sangat sensitif, jadi perlu perawatan kesehatan gigi dan mulut. Awal gusi berdarah dikarenakan adanya plak gigi yang tidak dibersihkan, akibatnya gingivitis terbentuk. Gingivitis adalah penyakit radang pada gusi yang disebabkan oleh gusi berdarah. jika gingivitis dibiarkan akan menjadi periodontal Disease atau tumor jinak.

Gingivitis dapat dicegah dengan cara :

·         Menjaga gigi selalu bersih terutama area tepi gusi.

·         Sikat gigi 2x sehari dan setiap habis makan dengan menggunakana sikat dengan bulu lembut dan ujung kepala sikat yang kecil.

·         Gunakan benang gigi atau sikat interdental untuk membersihkan sela-sela gigi

·         Nutrisi yang baik akan membuat gusi dan rongga mulut menjadi sehat dan kuat. Asupan vitamin C dan B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi.

·         Pembersihan secara teratur di dokter gigi yang sangat penting untuk mengontrol plak dan mencegang terjadinya gingivitis.


Perawatan gigi pada ibu hamil memiliki pertimbangan khusus seperti prosedur operatif yang sederhana yaitu penambalan karies gigi dan tindakan yang tidak menimbulkan komplikasi seperti tindakan scalling roof planning. Untuk foto rontgen gigi sebaiknya dihindari terutama pada trimester pertama kehamilan, karena pada saat ini perkembangan janin sangat peka terhadap radiasi.

Pemeriksaan Kulit Wajah
Untuk para blogger yang bekerja seharian menghadapi computer, perhatikan juga kesehatan kulit di bawah mata atau kantung mata. Katung mata itu bisa disebabkan karena bekerja seharian dengan computer yang mana bisa menyebabkan mata lelah, oleh sebab itu mata perlu istirahat. Mengatasi kantung mata karena mata lelah bisa dioleskan dengan serum, namum sifatnya hanya sementara. Jika kantung mata yang disebabkan karena lemak, untuk mengatasinya harus dengan operasi artinya sedot lemak. Bisa dilakukan di Amara Skin & Aesthetic Center Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta.

Penguntingan Pita Grand Opening Amara Skin & Aesthetic
Dr. Didik Wionetouw mengatakan bahwa di awal tahun 2016 yang lalu Rumah Sakit Umum Bunda telah mendatangkan 1 Unit Amara Skin & Aesthetic Center yang merupakan program bedah kulit, bedah plastik. Dan pada hari senin, 30 Januari 2017 di akhir acara peluncuran Grand Opening, telah ada pengguntingan pita yang mana menandakan bahwa resmi dibuka Program Amara Skin & Aesthetic Center. Tempat ini memiliki berbagai fasilitas untuk tampil lebih cantik yang akan ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis bedah plastik dan dokter gigi yang saling mendukung. Informasi lebih lanjut hubungi Call Centre : 1-500-799.

 



Salam Blogger                                        
Sumiyati Sapriasih 
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

4 comments:

  1. Tfs ya Mak, saya lagi hamil jadi merasa terbantu dengan tulisan ini, untung sebelum hamil saya sudah scalling jadi selama hamil gak sakit gigi, kalo gusi sedikit berdarah saat gosok gigi kata Bidan itu normal soalnya berkaitan dengan darah atau kerja jantung gitu. Kemudian emang bener ya meski hamil dan setelah punya anak wajah harus tetep glowing dan seksi biar Suami tetep sayang, emang kalo hamil bawaanya ada yg males dandan soalnya takut ada kosmetik yg bahaya tp disisi lain harus all out depan suami hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah pintar dalam menyikapi keadaan hamil kita harus tetap jaga kebersihan kulit dan gigi biar janin di dalam perut ikut merasakan kebersihan dan suami makin saying :)

      Delete
  2. Selain waspada pencurian, harus siap diasuransikan juga ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Yulia salah kamar mbak commentnya :)

      Delete