Thursday, 29 December 2016

Fun Walk Bersama Serempak

Blogger Fun Walk Serempak CFD - Sarinah 
Minggu, 18 Desember 2016  para blogger menghadiri undangan Seputar Perempuan dan Anak (Serempak) Ibu Martha Simanjuntak, SE, MM dibantu Ani Berta mewakili beberapa Komunitas Blogger yang bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA) dalam acara “Fun Walk” jalan sehat lokasi Car Free Day (CFD) Bunderan HI - Sarinah untuk menyambut hari ibu tgl 22 Desember 2016.

Sebelum Fun Walk dimulai, IBu Ratna Susianawati, SH, MH Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Insfrastruktur RI dan Lingkungan KPPPA membuka acara ini dengan diskusi seputar kampanye Anti Kekerasan pada Perempuan dan anak. Turut hadir di acara ini Ibu Ina Rachman, SH, MH dari Praktisi Hukum Komisi 8 Dewan Pimpinan Pusat – Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia) dan Ibu Dian Wisdianawati, M.Si dari Komisi 9 DPP - PPLIPI.
Narasumber acara Fun Walk Serempak

Untuk menghindari adanya kasus trafiking dan penyebab utamanya adalah kita sebagai orang tua dapat melindungi anak anak kita, karena fungsi ibu adalah sebagai pendidik dan tulang rusuk buat anak-anaknya. Sebenarnya jika ada masalah pada anak sebaiknya bukan langsung dipenjara, melainkan dikembalikan kepada orang tuanya untuk diberi pembinaan, yang paling terpenting adalah pendekatan langsung pada anak, tutur Ibu Dian. Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak sekarang ini sudah banyak sekali terjadi di Indonesia, oleh sebab itu KPPA mempunyai program 3 END yaitu :
  • Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan.
  • Akhiri Perdagangan Perempuan.
  • Akhiri Kesenjangan Ekonomi bagi Perempuan.
Untuk menyikapi kasus tersebut kita harus meningkatkan UKM bagi kaum perempuan agar tidak ada kesenjangan ekonomi bagi perempuan. Ibu Ina Rachman sebagai praktisi hukum mengatakan bahwa banyak anak yang terpaksa masuk penjara padahal anak tersebut masih dibawah umur. Terkadang korban merasa malu dan takut untuk melapor kejadian yang menimpa dirinya, padahal sudah ada UU peradilan anak tentang perempuan. Intinya masyarakat harus tahu sebab kekerasan dan bisa melapor ke PPLIPI yang berkantor di Metropolitan Tower lantai 3, Cilandak - Jakarta Selatan. Karena DPP – PPLIPI merupakan wadah bagi perempuan atau organisasi sosial kemasyarakatan yang turut serta menyalurkan hak-hak dan kewajiban kaum perempuan secara kreatif dan mandiri.
Inilah foto selfie ketika Acara Fun Walk Serempak
Wah serunya acara Fun Walk Jalan Sehat yang diadakan oleh +Serempak Indonesia lokasi sekitar CFD - Sarinah, sampai jumpa ditahun 2017, semoga sukses selalu.
         
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com
 

6 comments:

  1. temanya berbobot banget, Mba. Suka serem emang, kalu baca berita-berita tentang kekerasan pada anak. Apalagi kalu berita penjualan manusia gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya jadi perempuan itu harus bisa jaga diri jangan mau dilecehkan sama kaum laki-laki, pandai memilih, pintar dan bijaksana :)

      Delete
  2. seru banget acaranya mba, jadi pengen ikutan kalo ada di Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya seru, badan sehat, jiwa dan ragapun jadi bugar, next time mungkin ada di Surabaya :)

      Delete
  3. Replies
    1. serunya dan asyik acara fun walk ini, disamping sehat juga manfaat dapat ilmu dari Serempak :)

      Delete