Friday, 25 November 2016

Prajawangsa City Investasi Property Menguntungkan

Ngobrol Cantik Eco & Compact Living

Dari dulu hingga kini, kami sekeluarga menempati rumah BTN dengan type KDRT, apa itu KDRT? Bukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga loh …. , melainkan Kamar, Dapur, Ruang Tamu. Itu yang kami punya rumah tinggal sederhana.
Sabtu, 19 Nopember 2016 kami para blogger menghadiri undangan dari Blogger Perempuan Partnership yang berlokasi di Jl. Pedati Selatan Cijantung – Jakarta Selatan, dengan tema Ngobrol Cantik Eco & Compact Living bersama Prajawangsa City dan nara sumber Rabani Kusuma Putra dari Nimara Architects dan Bayu Fristanty dari Rapi Rapi Profesional Organizer.
Acara dibuka dengan alunan lagu, dilanjut dengan persentasi founder Nimara Architects yaitu Rabani Kusuma Putra, dia menjelaskan content yang akan dibahas petang ini, Apa itu Eco Compact Living?
Eco Design adalah sebuah gerakan berkelanjutan yang mencita-citakan terciptanya perancangan, pelaksanaan dan pemakaian material yang ramah lingkungan serta penggunaan energi dan sumber daya yang efektif dan efisien.
Persis apa yang dikatakan oleh designer muda Rabani Kusuma Putra lahir pada tahun 1987, bahwa perumahan saat ini menggunakan dimensi bangunan 36 meter persegi yang dibangun di atas lahan 72 meter persegi atau 90 meter persegi karena lahan di perkotaan sudah tidak memenuhi syarat, dan kini konsumenpun harus puas mendapat penawaran rumah dengan lahan lebih sempit dari rumah BTN type KDRT.

Koleksi Nimara Architects

Walaupun rumah hunian kami KDRT, namun kita harus terapkan 6 aspek Green Living dari Nimara Architects.
1.     Buatlah jendela yang besar agar ruangan terang dan cukup ventilasi sehingga penggunaan lampu dan AC bisa hemat.
2.     Sebaiknya penggunaan energy harus sehemat mungkin dengan lampu hemat energy
3.     Pembagian lahan 70% untuk hunian dan 30% digunakan untuk bercocok tanam atau area bermain anak.
4.     Untuk penampungan air hujan sebaiknya langsung meresap kedalam tanah agar tidak ada genangan yang mengakibatkab banjir.
5.     Cahaya dan udara difokuskan agar masuk ke dalam hunian rumah sehingga pengurangan pemakaian AC.
6.     Gunakan Eco Material seperti pengaturan layout furniture dan Smart Design yang dapat memaksimalkan fungsi ruang yang ada.
 
Rabani Kusuma Putra mengatakan bahwa “Kualitas hidup manusia tidak ditentukan oleh besar kecilnya hunian, melainkan bagaimana hunian itu mampu mengakomodasi kebutuhan manusia untuk berinteraksi”
Karena keterbatasan lahan di perkotaan membuat saya (Rabani Kusuma Putra) bersama Nimara Architect merancang Apartemen yang ringkas untuk kebutuhan mahasiswa, karyawan, pengusaha muda atau keluarga baru yang dibangun apik melebar keatas namun nyaman dihuni.

Tips dari Rabani Kusuma Putra untuk mendesigne hunian dengan ruang terbatas :
1.     Contemporary Art Living artinya bangunan di designe secara modern dan fungsional sehingga memberi value yang lebih pada kehidupan.
2.   Pilih material yang dominan jangan terlalu banyak warna, tentukan 2-3 material yang memiliki karakter secara berulang pada dinding, lantai dan plafon.
3.    Layout furniture harus minimalisasi penggunaan barang dan perbanyak ruang untuk sirkulasi.
4.    Pilih Furniture yang memiliki karakter warna dan bentuk yang sesuai dengan tema ruang.
5.    Penataan lampu hemat energi.

Perbedaan antara ruang kotor dan bersih
Pembicara ke dua Bayu Fristanty dari Rapi Rapi Profesional Organizer menyampaikan bahwa kita menghabiskan waktu sekitar 20 menit hanya untuk mencari sesuatu, seandainya bila kita kalikan dengan 365 hari, maka berapa lama waktu yang terbuang dalam setahun. Jadi yuk … kita hemat waktu dalam merapikan barang yang kita miliki, karena ketidak mampuan dalam mengelola tempat yang berantakan dalam waktu panjang bisa berdampak resiko cidera yang dikaitkan pada keuangan, sedangkan kesehatan akan rentan terhadap debu, kecoa dan tikus.
Tips untuk merapikan hunian yang berantakan, pahami dulu perilaku serta rutinitas kita kemudian pilih ruang mana yang bakal jadi prioritas untuk menaruh barang yang kita sortir lalu kelompokkan sesuai fungsinya dan yang terakhir berikan tempat yang layak seperti buku dan sepatu sebaiknya diletakkan pada rak masing masing content.

Dalam menyortir barang sebaiknya kita kelompokan dan kita perhatikan sesuai dengan Box Keep, Box Toss , Box Donate, kita pisahkan barang yang akan kita simpan, jual, donasikan atau buang. Memang dilema saat kita akan memisahkan barang, apalagi barang yang kita suka, sulit rasanya melepas barang kenangan, tapi kita harus ingat akan kemanakan barang yang sudah tidak terpakai lagi, apakah kita akan biarkan didalam lemari sehingga penuh dengan tumpukan yang berdebu dan akibatnya akan merusak kesehatan kita. Setelah memisahkan barang tersebut, rasanya lega hati ini melihat keadaan lemari yang rapih dan bersih, jadi hidup lebih bermakna.
Nah … sangat mudah bukan, jadi tunggu apalagi, ayo kita lakukan Rapi Rapi di rumah kita, hemat waktu, kesehatan dan keuangan.
 

Apartemen
Pembicara ke tiga Bapak Edy dari Prajawangsa City menjelaskan bahwa Prajawangsa City adalah perusahaan yang dikembangkan oleh Synthesis Development yang memiliki beragam proyek di bidang property, ritel, apartement, perumahan, superblok, kantor dan hotel. Proyek yang sedang berjalan terdiri dari 8 tower dengan jumlah 4.169 Unit Apatemen dan Mall dengan lokasi yang sangat strategi. Proyek superblok ini memiliki akses yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas antara lain kawasan perkantoran TB Simatupang dan kawasan indsutri di sepanjang Tol Cijago yang memiliki luas area 7 hektar terletak 1,8 Km dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) TB Simatupang. Dan 3,5 Km dari rencana pembangunan Stasiun Light Rail Transit (SLRT) Kampung Rambutan. Satu lagi dari 3,8 Km dari Gerbang Tol Jagorawi akses langsung ke Halim Perdana Kusuma. Proyek Superblok ini akan dibangun 50% untuk area hijau sebagai taman tempat anak-anak bermain, dan akan dibangun pasar untuk memenuhi kebutuhan para penghuni apartement. Apartemen Prajawangsa tidak memakai sistem Debit Payment, melainkan langsung dicicil seharga 3 Juta Rupiah per bulan.   
Synthesis Development akan terus menciptakan karya terbaik dalam pengembangan property di Indonesia sehingga terciptanya ruang hidup yang nyaman dan menyenangkan. Proyek terbaru Synthesis Development antara lain Bassura City, Mall Bassura, Synthesis Residence Kemang dan Synthesis Square.    

Yuk … investasikan uang kita dengan membeli Apartemen, karena investasi property akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dimasa yang akan datang.

 

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih

 

6 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih mak Sie-thi Nurjanah sudah berkunjung dan berkomentar disini, kan 3 pembicara yang harus kita buat liputannya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih dunia menulis sudah berkunjung dan berkomentar disini, ayo buat liputannya tgl 27 Nopember deadline loh ... :)

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih mbak Rach Alida Bahaweres sudah berkunjung dan berkomentar disini, kalau punya uang memang kita investasikan karena property semakin hari semakin meningkat harganya :)

      Delete