Wednesday, 9 November 2016

Kebahagiaan Yang Kutahu By Datuk Stella Chin

Datuk Stella Chin, Sumiyati Sapriasih & Blogger

Selasa, 8 Nopember 2016 di Hotel Millenium mengadakan acara Meet and Greet, seorang wanita yang telah sukses sebagai pendiri StarLadies telah menemukan “Kebahagiaan Yang Kutahu”. Dia bercerita awal kariernya, menikah pada usia muda dengan pria pilihanya Datuk Dr. Alan Wong.
Pada usia ke 23, Stella Chin terpaksa merantau ke Thailand yang bukan tanah impiannya untuk merintis usaha bersama suami, namun dewi fortuna belum berpihak kepadanya. Tuhan belum memilih rencana yang indah buatnya, Stella Chin telah mengalami pahit getir kehidupan, diapun memulai kariernya dari sekolah dasar berbahasa mandarin di Malaysia. Dikarenakan benturan masalah dana maka SD Da Dong yang penuh kenangan baginya akan ditutup karena keuangannya tidak kunjung membaik. Oleh sebab itu Stella Chin dan suaminya tergerak hatinya untuk menjadi donatur tetap disana. Bagi Stella Chin, menjadi donatur bukanlah sebuah kontribusi, tugas terpenting baginya menanamkan pola pikir yang benar pada generasi muda untuk memberikan motivasi dan pengarahan kepada siswa :  "jangan ajarkan  memancing dengan  hanya memberi ikan, tetapi ajarkan cara memberi kail dan bagaimana cara memancing.”

Wanita adalah ibu dalam ratu keluarga sebagai pilar yang bisa menentukan arah masa depan anak-anaknya, maka bila kita menginginkan perubahan dalam masyarakat kita lakukan terlebih dahulu dalam ruang lingkup kecil yaitu keluarga. Inilah alasan Stella Chin mendirikan StarLadies yaitu organisasi pengembangan diri yang berfokus dalam hal belajar, bertumbuh dan berkembang. Star merupakan singkatan dari : 
                        Succes atau kesuksesan
Transformation atau transformasi
Achievement atau pencapaian
Recognition atau penghargaan
Tidak ada yang sempurna didunia ini, namun yang terbaik adalah bagaimana kita bisa melengkapi dengan hal yang bermanfaat. Melalui empat pilar kehidupan diatas, bahwa StarLadies diharapkan dapat membawa wanita menuju kebahagiaan dan menemukan titik keseimbangan sehingga wanita dapat memberikan kehangatan cinta terhadap keluarga, masyarakat dan negara, karena dalam hidup setiap aspek harus ditata, mulai dari pernak pernik benda di rumah, karier, hubungan antar manusia hingga pemikiran. Jadi … apabila kita ingin menemukan titik keseimbangan hidup, kita harus memahami waktu yang tepat untuk berbicara, berpikir, bertanya dan bertindak. Jika semua itu dilakukan kita pasti bisa menikmati kebahagiaan dalam segala aspek kehidupan.

Datuk Stella Chin & Blogger
Dalam dunia karier yang penuh persaingan, seorang wanita dituntut untuk terus menambah nilai diri dengan mengelola penampian dan kemampuan, karena ketika kita telah memutuskan sesuatu, jangan pernah ragu ambil tindakan langsung untuk menjalankannya dan jangan perdulikan apa kata orang, selama hati teguh untuk terus berjalan. Ada 5 langkah yang bisa diterapkan dalam dunia kerja yaitu ilmu pengetahuan yang akan mengajarkan kita teknik dasar dalam bekerja, sedangkan pengalaman dan pengetahuan umum akan memberi wawasan dan kebijaksanaan, sedangkan untuk percobaan dan keberanian adalah penyempurnaan semua hal secara langsung, namun  implementasinya tidak semudah kelima prinsip diatas, karena implementasi adalah sebuah proses yang terpenting dan tersulit. Begitu juga dengan logo Milenia terdapat 5 bintang : Kecantikan, Kesehatan, Jiwa, Kebijaksanaan dan Kharisma. Karena ke lima logo ini mempunyai arti tersendiri bahwa kecantikan adalah dasar pondasi, dimana Kesehatan harus ditingkatkan sedangkan Jiwa, Kebijaksanaan dan Kharisma dapat di upgrade terus agar bintang bisa bersinar, begitu juga dengan wanita harus bersinar dimata suami dan anak-anaknya.

Enam Kunci Menjalin Hubungan dalam Dunia Kerja :
  1.     Jangan memberikan pujian yang berlebihan, berikanlah pujian secara jujur, karena pujian berlebihan akan terdengar palsu dan terkesan menjilat.
  2.     Selalu berikan saran, bukan kritik. Karena kritik terkesan negatif dibandingkan saran.
  3.      Jangan bergosip, dari pada membicarakan keburukan orang lain, lebih baik diam.
  4.    Tulislah opini di atas kertas, ini akan membantu memahami dan menghindari reaksi emosi yang tidak dibutuhkan dan mempermudah ekspresikan opini kepada orang lain.
  5.    Jangan berkata kasar, berpikir terlebih dahulu sebelum mengatakan hal yang mungkin akan menyinggung perasaan orang lain.
  6.    Ringan tangan, disaat orang membutuhkan bantuan jangan ragu menyingsingkan lengan dan inisiatif untuk membantu disekitar lingkungan kerja.

Itulah sekelumit review buku “Kebahagiaan yang Kutahu” masih banyak pesan – pesan yang disampaikan oleh Datuk Stella Chin diantaranya : Sebagai wanita, sesukses apapun hidup akan terasa hampa jika tidak kita isi dengan kesempatan mendidik dan membangun hubungan baik dengan anak – anak. Karena kesuksesan setiap anak, 99% berada di tangan sang ibu. Peranan ibu dalam membimbing, mendampingi dan memberi solusi saat sang anak kesulitan akan membuat anak itu tumbuh menjadi sosok yang bertanggung jawab. Kini Datuk Stella Chin telah sukses dalam segala bidang dengan 4 orang anak yang sudah mandiri dan dia berpesan kepada seluruh masyarakat : “What are you doing” lakukan sesuatu untuk orang tua, jangan ditunda hingga lanjut usia, karena orang tua yang telah lanjut usia, maka ingatannya akan terbatas, orang tua tidak menginginkan harta yang berlimpah dia hanya ingin kasih sayang anaknya. Yuk ... kita sayangi orang tua selagi masih ada.

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com


No comments:

Post a Comment