Sunday, 13 November 2016

Hasil Karya Kain Kulit Kayu bersama Brother

Workshop Brother at your side

Sabtu,  12 Nopember 2016 saya mendapatkan ilmu yang luar biasa, setelah mengikuti workshop menjahit baju blues bulan oktober yang lalu di Pekan Raya Indonesia ICE BSD, kini giliran workshop menjahit dompet dari kain kulit kayu dengan menggunakan mesin Jahit Brother Type 2500 berlokasi di Musium Textile Jl. KS. Tubun – Petamburan - Jakarta.

Mesin Jahit Brother GS 2500 adalah Mesin Jahit Portable dengan 25 pola fungsi jahitan yang sangat mudah digunakan, sangat cocok bagi penjahit pemula hingga mahir yang mencari kemudahan dan keringkasan dalam menjahit. Fitur yang sangat mumpuni pada mesin ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Mesin Jahit Brother Type 2500 banyak fungsinya selain bisa menjahit lurus, bisa juga untuk jahitan menghias jigjak serta bisa menjahit huruf nama yang kita inginkan.

Yuk … ikuti langkah-langkah cara membuat clutch bag mulai dari bahan hingga hasil karya Dompet Kain Kulit Kayu :

Pertama : bahan kain keras dipotong ukuran 30 x 25 cm untuk lapisan dalamnya, sedangkan untuk kain batik dan kain kulit kayu kita potong dengan ukuran 30 x 7,5 cm.

Kedua : Setelah itu kita tempelkan kain batik dan kulit kayu pada kain keras lalu kita beri jarum pentol agar tidak lari kesana kemari.

Mulai dari bahan hingga setrika 
Langkah ketiga kita setrika kain keras, kain batik dan kulit kayu yang sudah diberi jarum pentol, untuk setrika kain ini harus antri, karena menyetrika kain tersebut harus hati hati dengan suhu tidak boleh terlalu panas, agar tidak keriput.

Langkah keempat kita jahit ke 2 pinggiran antara kain batik dan kulit kayu agar tidak copot, boleh jahit lurus atau jigjak itu selara yang kita mau, tetapi untuk lebih keren saya memilih jahitan jigjak. Bila kita gunakan jahitan lurus maka setelan di mesin memakai no.2, sedangkan untuk jahitan jigjak kita gunakan setelan no.11 pada mesin Brother Type 2500.    

Langkah kelima kita beri kancing sebagai penutup dompet, caranya : lipat ¾ kain tersebut lalu kita lubangi sebagai tempat kancing, kemudian kita tekan kekiri dan kekanan pengaitnya. Untuk kancing satunya lagi kita luruskan antara pangait dan pengikat tidak boleh miring, karena jika miring maka pengait dan pengikat tidak akan bertemu.

Langkah  Keenam yaitu menjahit seluruh pinggiran, ingat ya ... untuk jahitan pinggir tidak boleh ada gelembung, jadi harus diluruskan dulu kemudian baru dijahit. Sesudah itu gunting kain pinggiran jahitan, agar lebih rapih, dan terakhir kita beri nama dompet supaya terlihat manis dan cantik. Taraaaaaaaa ini dia dompet kain kulit kayu hasil dari workshop Kriya Indonesia bersama “Brother at your side”yang di koordinasi oleh mbak Asri Damayanti.

Hasil Karya Dompet Kain Kulit Kayu
Biar hasil jahitan kekinian yuk …. kita gunakan mesin Jahit “Brother at your side” Ini dia spesifikasinya :

1.      25 Fungsi Jahitan Built-In
2.      Sistem Lobang Kancing 4 Langkah (4-Step Easy Buttonhole)
3.      Sistem Bobbins-Atas (EASY Quick Set Bobbins)
4.      Auto Needle Threader / Pemasuk Benang ke Jarum Otomatis
5.      Lever / Tuas Jahitan Mundur
6.      6 Rol Feed Dog System (Gigi 6 Baris) untuk kenyamanan saat bekerja dengan bahan tipis hingga tebal
7.      Fungsi pengaturan panjang jahitan hingga 4.00 mm
8.      Lebat jahitan hingga 5.0 mm
9.      Kecepatan mesin hingga 800 s.p.m
10.  Heavy Duty Light
11.  Free Arm untuk menjahit bahan tubular / silindris berbidang sempit
12.  Pengaturan Tegangan Benang
13.  In-Built Manual Thread Cutter (Pisau Pemotong Benang Manual)
14.  Eco-Friendly Motor 51 watt

Selamat berkarya dengan mesin jahit “Brother at your side” pastinya oke  banget  !!!


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih


2 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih mbak Dinamars.net sudah berkunjung dan berkomentar disini, banyak manfaatnya loh ... workshop clutch bag ini bisa buat sofenir, mbak Dina juga rajin bisa bahasa perancis pula :)

      Delete