Tuesday, 18 October 2016

Menguak Tabir Indonesian South Sea Pearls

Ibu Susi Pudjiastuti menerima penghargaan
Dari judul diatas bahwa kita akan bersosialisasi tentang perdagangan mutiara di dunia yang sebenarnya Mutiara Indonesia Original dikenal dengan nama “Indonesian South Sea Pearl”. Namun , setelah Indonesian South Sea Pearl (ISSP) dibawa keluar negeri yang telah dilabeli oleh brand lain sehingga asal muasal ISSP tidak terlacak lagi, oleh sebab itu tanggal 12 Oktober 2016 di Ball Room , Gedung Mina Bahari III KKP Gambir - Jakart Pusat yang dihadiri oleh Menteri Perikanan dan Kelautan,  Ibu Susi Pudjiastuti dan para blogger membahas tentang “6 ”Indonesian Pearl Fertival”.

Kenapa saya tertarik dengan acara ini?                               
1.      Karena saya seorang blogger yang harus meliput dalam tulisan dengan hal-ha yang perlu kita ungkapkan ke masyarakat agar rakyat Indonesia mengetahui bahwa KSO Indonesia penghasil Mutiara Laut Selatan terbesar di dunia.
2.      Begitu juga anakku Teo Andri Saputra Lulusan S1 jurusan Oseanografi Kelautan jebolan Universitas Diponegoro – Semarang, untuk menjadi alasan saya yang kedua mengikuti acara ini karena pengalaman di kelautan sangat mempengaruhi dalam hidupnya misalkan : bisa keliling Indonesia seperti pulau komodo, Pulo Panjang, Karimun Jawa, Raja Ampat, Wakatobi dll, dan sekarang ini sedang ada di Misool Papua.

Kegiatan Teo Andri Saputra
Secara spesifik tidak terlalu mendalami, yang bisa dibantu oleh ibu Susi Pudjiastuti yaitu dengan bersosialisasi, karena menurut Bapak Amril Taufik Gobel yang disampaikannya bahwa “Indonesian Pearl Festival 2016” akan menempati  Trending Topic.

Untuk mempercepat pertumbuhan industri maritime dan perikanan sebagai penghasil mutiara laut selatan, ada keluhan dari laut Raja Ampat bahwa apa yang berkaitan dengan hak penggunaan perairan untuk usaha sangat sulit karena sering berbenturan dengan pihak adat ungkap Teo Andri Saputra yang pernah mengalami dan mengunjungi laut tersebut.

Ibu Susi Pujiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa bisnis mutiara ini belum diketahui orang banyak, jadi harus disosialisasikan, oleh sebab itu kalau sudah open portfolionya jelas dan kompetitif, saya yakin pasti ada investor yang mau invest, atau bisa lewat forum bisnis BUMN Perikanan yang mana peluang investasi ini mampu mendorong pemerataan pembangunan semakin cepat. Forum ini akan menjadi jembatan antar pelaku usaha perikanan baik asing maupun dalam negeri. Opening bisnis mutiara ini harus jelas dan kelihatan, jangan dikecil-kecilin hanya karena takut pajak. Ibu susi juga menyarankan buatlah Comp profil yang bagus termasuk omzet, kalau perlu buat Asosiasi Teknologi Perkembangan Budidaya Laut.


Bapak Presiden Jokowi menetapkan bahwa sektor perikanan menjadi andalan pemerintah untuk pertumbuhan dan perkembangan budidaya laut. Dalam sosialisasi itu sendiri bahwa hasil analisa abal abal kalau tidak terima ya harus pakai jalur hukum, Ibu Susi juga mengatakan bahwa korup perikanan sudah selesai pengukuran ulang secara otomatis dan orang akan mencuri ikan paling tidak lebih murah dari daging dan mengurangi import daging sapi.

Sebagai ketua Asosiasi Budidaya Mutiara ibu Neli Suhaeni mengatakan bahwa seluruh tanah Banyuwangi dan laut Sumatra Barat seperti Mentawai, Mauku, Lombok adalah penghasil mutiara. Humas Ditjen PDSPKP menganjurkan kepada kita semua untuk membeli mutiara hasil Indonesia ketimbang mutiara negara China, dan ibu Susi Pudjiastuti berharap bahwa Indonesia dapat menyaingi Jepang dan Hongkong untuk penghasil mutiara.

Ciri mutiara yang bagus sama seperti bentuk berlian antara lain :
  •         Bentuknya sangat bulat.
  •         Kilau mutiara laster.
  •                 Kemulusan permukaannya halus mulus.
  •         Warna yang menentukan putih dan gold, pink kis merah muda.
  •         Size.
  •         Price.
“Indonesian South Sea Pearl” dihasilkan dari jenis kerang Pinctada maximal yang dikenal, secara alami untuk mengetes mutiara bisa digosokkan ke gigi. #IPF2016 diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan KKP, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk, tujuan dari Indonesia South Sea Pearl adalah untuk penguatan branding dan mempromosikan Indonesia sebagai penghasil mutiara. Yuk budidayakan mutiara untuk pemasukan Negara agar hasil budaya kita tidak diambil oleh Negara luar.







Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih


8 comments:

  1. Bagus banget tulisan pengalamannya. Salut



    Salam sukses selalu ya Jasa Penulis Artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Channel academic Indonesia dan Jasa Penulis Artikel sudah berkunjung dan berkomentar disini, salam sukses kembali :)

      Delete
  2. Alamat emailnya buat mengisi ke ipf apa? Kok waktu saya kirimono tidak bisa

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas Edo Fernando sudah berkunjung dan berkomentar disini, email untuk ikutan lomba Indonesia Pearl Festival yang dimaksud?

    ReplyDelete
  4. Iya selama ini kurang begitu ngerto tentang mutiara, taunya indonesia penghasil mutiara tapi belum dikenalkan secara maksimal, bu susi keren lah bikin acara begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Mirna Kei Raharjo sudah berkunjung dan berkomentar disini, ini baru digalakkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti

      Delete
  5. Saya suka mutiara, terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mak Ria Handayani sudah berkunjung dan berkomentar disini, Perempuan identik dengan Perhiasan apalagi dengan mutiara hmmm kilaunya membuat orang terpesona.

      Delete