Monday, 31 October 2016

Cegah Osteoporosis Dengan Olah Raga, Makanan Berkalsium, Sinar Matahari

Para Blogger memeriahkan Senam Osteoporosis

Tanggal 20 Oktober 2016 adalah hari Osteoporisis Sedunia, oleh sebab itu @kemenkesRI menggelar acara di Tangerang Selatan pada hari minggu, 30 OKtober 2016 di Taman Kota 2 BSD, melibatkan Persatuan Warga Tulang Sehat Indnesia (Perwatusi), Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dan para blogger untuk senam pagi yang dipandu oleh Dr. Alberta, Dr. Lili S. Sulistyowati, MM Direktur P2TM, Dr. Fidiansyah, SpkJ, MPH-Derektur Pencegahan Masalah Kesehatan Jiwa dan Drs. Suwarna, dari Menkes Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan.

Sebagai perempuan kita wajib dan kudu menjaga kesehatan tulang karena perempuan yang sudah berusia 50 tahun rentan akan Osteoporosis. Ketika ibu sedang mengandung, maka dokter memberikan tablet Kalk (tablet kalsium), jadi sejak janin dalam perut ibu, kita sudah mengkonsumsi kalsium sampai usia 20 tahun diharuskan minum susu berkalsium, agar tulang menjadi kuat. Untuk itu cegahlah Osteoporosis dengan :  
  1.         Rutin ber olah raga
  2.         Makanan yang berkalsium seperti : tempe, tahu, susu, keju.
  3.         Sinar Matahari hingga jam 9 pagi karena sinar matahari mengandung vitamin D.

Rutin ber Olah Raga itu dapat dilakukan paling sedikit 3 hari dalam seminggu dengan waktu 45 menit, karena Osteoporosis bisa menyerang siapapun pada usia 56 tahun dengan persentasi 1 diantara 3 wanita. Sebaiknya memasuki usia 50 tahun lakukan olah raga Low Impact yaitu : senam, jalan kaki atau berenang. Jika kita habis melakukan senam sebaiknya lakukan pendinginan karena saat peregangan otot, asam laktat bekerja dalam tubuh kita sehingga tidak menimbulkan rasa cape.

Tidak mahal untuk mengkonsumsi makanan yang berkalsium, cukup makan tempe tahu dengan olahan  bervariasi di bacem, di botok, di pepes bisa juga di sayur ataupun dijadikan olahan gado – gado. Selain tempa tahu, setiap hari kita dianjurkan minum Susu , apabila kita ada kelebihan uang belanja bisa kita membeli Keju untuk kebutuhan Kalsium, karena keju mengandung kalsium yang sangat tinggi.

Untuk memenuhi kandungan vitamin D, sangat mudah di dapat karena dengan Sinar Matahari tubuh kita dapat memenuhi vitamin D, dengan cara berjemur dibawah terik Sinar Matahari pagi hingga jam 09.00 WIB.

Yuk “Cintai Tulangmu Untuk Masa Depanmu” , kalau bukan kita, siapa lagi.  


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com


6 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih mbak Tira Soekardi sudah berkunjung dan berkomentar disini, sama sama kita saling berbagi informasi :)

      Delete
  2. Teryata menjaga kesehatan itu tidak harus selalu dengan cara yang mahal ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Haeriah Syamsuddin sudah berkunjung dan berkomentar disini, oh pastinya hanya dengan tempe tahu susu sudah memenuhi kalsium yang berguna untuk tulag kita :)

      Delete
  3. Sehat itu sebenarnya mudah, asalkan gaya hidupnya di jaga yah :)

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mas Teddy Rustandisudah berkunjung dan berkomentar disini, yups sehat itu mudah siplah ... :)

    ReplyDelete