SOCIAL MEDIA

Saturday, 16 December 2017

BPOM Luncurkan Aplikasi Public Warning Obat Tradisional

Badan POM Publik Warning Obat Tradisional
Kosmetik adalah bahan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia dimana fungsi kosmentik dapat membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan memperbaiki bau badan serta dapat melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Bahan kosmetik merupakan campuran bahan yang berasal dari alam atau sintetik yang merupakan komponen kosmetik seperti pewarna, bahan pengawet dan bahan tabir surya. Bahan yang digunakan dalam produk kosmetik harus memenuhi syarat keamanan, kemanfaatan dan mutu.

Bicara soal syarat keamanan, kemanfaatan dan mutu BPOM menggelar aksi peduli kosmetik aman dan obat tradisional bebas bahan kimia obat di Balai Kartini Ruang Mawar Gatot Subroto – Jakarta Pusat. Dalam acara ini turut hadir Kepala Badan POM Ibu Penny Lukito, dan para artis seperti Ade Rai, Ramzi, Maiya, Maudy Kusnaedi dll.
Ibu Penny Lukito
Selaku Kepala Badan POM ibu Penny Lukito menjelaskan bahwa bahan kosmetik yang dilarang dan berbahaya itu mengandung :
  • Merkuri (Hg) merupakan golongan logam berat yang berbahaya dan bersifat racun bagi tubuh, bahan ini sering ditemukan pada produk pemutih kulit wajah. Efek bagi kesehatan dapat menyebabkan kanker kulit yang bersifat karsinogenik, dapat menyebabkan cacat pada janin karena bersifat teratogenik, dapat menimbulkan reaksi alergi, iritasi, bintik hitam pada kulit.
  • Hidrokinon hanya boleh digunakan pada sediaan kuku dan tidak boleh digunakan untuk sediaan kulit dan rambut. Efek bagi kesehatan dapat mengiritasi kulit menjadi merah dan terasa terbakar, dapat menimbulkan ochronosis atau kulit berwarna kehitaman yang akan terlihat setelah penggunaan 6 bulan dan kemungkinan tidak dapat diputihkan.
  • Asam Retinoat termasuk dalam golongan obat keras sehingga penggunaanya harus dengan resep dokter, banyak ditemukan pada feeling atau pengeupasan kulit. Efek bagi kesehatan dapat menyebabkan cacat pada janin yang bersifat teratogenik, dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar dan mengelupas secara berlebihan.
  • Bahan pewarna merah dan jingga merupakan bahan pewarna yang digunakan untuk kertas, tinta dan tekstil. Bahan pewarna ini banyak disalahgunakan pad arias wajah seperti eye shadow, lipstick, blush on. Efek bagi kesehatan dapat menyebabkan kanker kulit karena bersifat karsinogenik, dapat menimbulkan gangguan fungsi hati dan kanker hati.
  • Diethylene Glycol banyak ditemukan dalam sediaan yang mengandung glycerine dan propylene glycol misalnya pada pasta gigi dan sediaan kumur. Efek bagi kesehatan dapat menyebabkan depresi sistem syaraf pusat, keracunan pada hati dan gagal ginjal.
Oleh sebab itu pada hari Senin tanggal 11 Desember 2017 Badan POM luncurkan Aplikasi Public Warning Obat Tradisional agar masyarakat lebih tahu mana yang berbahaya dan mana yang boleh dipergunakan, bisa dilihat pada Badan POM Public Warning Obat Tradisional, lalu ketik produk apa yang kita cari, disitulah akan terlihat, apakah produk yang kita cari berbahaya atau aman digunakan.

Perlu kita ketahui bahwa kulit sehat itu kelembabannya cukup terlihat berembun, terasa kenyal dan kencang, cerah, mulus, lembut, bersih, segar dan bercahaya, sedikit kerutan tapi tetap sesuai usia.
Apresiasi para artis terhadap Aksi Peduli Kosmetik Aman
Namun sebelum membeli kosmetik kita kenali beberapa tipe kulit orang Indonesia :
  • Kulit Normal itu yang elastis, tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak terlihat kering.
  • Kulit Berminyak itu cirinya : minyak di daerah T tampak berlebihan, tekstur kulit tebal, pori-pori besar, mudah berjerawat, tampilan berkilap, make-up tidak melekat dengan baik, cepat luntur, tidak mudah timbul kerutan.
  • Kulit Kering merupakan kulit halus mudah menjadi kasar, terlihat kusam, tidak terlihat minyak berlebihan di daerah T, mudah timbul kerutan dan make-up tidak mudah luntur.
  • Kulit Kombinasi biasa ditandai bahwa kulit di daerah T berminyak (dahi, hidung, dagu) cenderung normal atau kering di pipi, tekstur kulit di daerah berminyak akan terjadipenebalan, di daerah normal atau kering akan lebih tipis.
  • Kulit Sensitif biasanya akan cepat bereaksi bila terjadi perubahan suhu, mudah alergi dan iritasi, tekstur kulit tipis dan mudah terlihat kemerahan.
Ibu Fenny Lukito & Perwakilan Penerima Sertifikat
Sebagai apresiasi kepala Badan POM ibu Fenny Lukito Serah Terima Sertifikat CPOTB kepada PT. Ulta Sakti, PT. Lapi Laboratories, PT Bintang Kupu-kupu dan Serah Terima Sertifikat CPKB kepada PT. Bina Karya Prima, PT. Eskol Surya Anugerah telah resmi lulus sensor BPOM.

Kemudian dilanjut dengan tanda tangan para artis ibukota sebagai Aksi Peduli Kosmetik Aman dan Obat Tradisional Bebas Kimia Obat dengan slogan “Saya peduli, kamu peduli dan kita semua peduli”    

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com



No comments :

Post a Comment