SOCIAL MEDIA

Monday, 12 February 2018

Jangan Ciptakan Negative Campaign

Campaign Sabun Easy
Dulu, ketika saya masih mulai ngeblog di tahun 2009, dunia blogging belum ramai dikalangan jurnalis. Namun kini seorang blogger sudah diakui setaraf dengan jurnalis dalam meliput suatu brand, oleh sebab itu saat ini dalam pemasaran suatu produk blogger menjadi bagian dari perusahaan.

Melihat dari perkembangan jaman banyak blogger baru bermunculan, dan banyak pula event dan campaign pemasaran suatu produk, Namun kita harus berhati hati dalam menerima campaign. Diantara campaign, ada juga black campaign.

Apa yang dimaksud dengan black campaign?

Black campaign adalah sebuah fakta hitam yang dikampanyekan untuk merebut kemenangan yang curang, tentu saja penulis tidak bersepakat. Namun jika kampanye hitam yang dimaksud untuk upaya mendistribusikan informasi yang tidak benar dan mengandung fitnah maka tentu saja semua pihak tidak akan bersepakat.

Begitu juga jika yang dimaksud negative campaign sebagai sebuah cara berkampanye dengan menggunakan sejumlah informasi yang memuat perihal negative dari lawan kontestasi seperti perselingkungan, perilaku amoral dan tindakan kriminal yang belum terpublikasi.

Negative campaign adalah sesuatu yang masih halal untuk di pakai dalam kontestasi yang tidak hanya menjual program. Oleh sebab itu kita harus pandai dalam memilih campaign jangan sampai terjebak, karena media social adalah media yang dibaca semua orang dan setiap hari.

Campaign Promag
Buatlah campaign pemasaran yang kreatif, karena semakin kreatif bisa menjadikan campaign sebagai pendongkrak awareness yang merupakan pintu awal sebuah brand advocacy.

Dunia digital semakin banyak tantangan yang harus dijawab oleh pemasaran untuk memahami apa yang menjadi anxiety dan desire. Apapun konten yang akan dibuat haruslah menjawab anxiety and desire audiens. Walaupun sangat sulit menemukan hal tersebut karena audiens biasanya tidak mau menampakannya secara jelas.

Branding menjadi hal yang penting dalam pemasaran lantaran merupakan upaya dalam membentuk identitas sebuah merek. Branding itu sendiri adalah sebuah investasi yang bisa mendatangkan uang. Branding merupakan harapan dari produk kepada konsumennya, yang ketika di-live-up akan menjadi reputasi.

Indonesia menganut Endorsed Brand Family yang mewajibkan setiap destinasi wisata di Indonesia menggunakan jenis huruf dan warna yang sama.
Foto Bersama Owner Promag
Ada bebrapa langkah untuk menuju sukses marketing campaign yaitu :

1. Memiliki pengetahuan tentang siap target pasar, dengan begitu lebih mudah menentukan pesan apa yang disampaikan dalam promosi dan bagaimana cara terbaik untuk mengkomunikasikan apa motivasi dan bagaimana diperlakukan ketika berkomunikasi.

2. Memilih Saluran yang digunakan untuk promosi. Pertimbangkanlah kekuatan dan kelemahan saluran yang akan digunakan dalam mempromosikan barang dan jasa.

3. Memiliki tampilan yang konsisten, artinya dalam promosi di media apapun tampilan visual barang dan jasa harus sama. Dan tampilan visual ini tidak sebatas logo saja, akan tetapi warna dan gaya fotografi yang dapat menjadi ciri khas suatu produk.

4. Buatlah secara jelas, setiap konten dapat digunakan tampilan yang konsisten, setelah membuat konten yang menangani agar mengenali brand dan menerima pesan spesifik marketing.

5. Pastikan pesan terintegrasi, buatlah konten yang dapat mengarahkan pelanggan ke tujuan akhir.

6. Jika kita sedang menangi suatu campaign kita perlu menyediakan 1 orang sebagai mandor untuk memastikan proses branding yang memiliki tampilan dan rasa yang konsisten diberbagai saluran.

7. Perhatikan hasil campaign yang telah kita lakukan dengan analisa yang tepat dan metode atribusi pada tempatnya untuk mendapatkan hasil yang baik.

Itulah beberapa agar marketing campaign dapat sukses yang kita kehendaki. Dengan begitu campaign proses branding akan menjadi lebih cepat dan mudah.        
                                                                           

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. : 089616613396


2 comments :