Monday 29 July 2019

Dengan Gernas Baku Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini



Apa itu Gernas Baku?
Gernas Baku adalah Gerakan Nasional orang tua membacakan buku untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di PAUD dan di masyarakat. Tujuannya, agar orang tua dapat membiasakan membaca buku bersama anak, mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orang tua serta menumbuhkan minat baca sejak dini.

Dari hasil survey penilaian siswa pada PISA 2015 menunjukkan bahwa Indonesia berada diurutan ke 64 dari 72 negara yang gemar membaca, sedangkan Menurut BPS tahun 2015 sebanyak 91,4 % anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dari pada membaca buka dan sisanya 13,11 % yang suka membaca. Oleh karena itu Sekolah Penitipan anak Al Hadi Daycare mengadakan Gernas buku yang dihadiri oleh bapak Sunar dan Bapak Zaenudin selaku RT dan Lurah Meruya.

Sabtu, 27 Juli 2019 kami meluncur dari bekasi ke Sekolah Al-Hadi Daycare Jl. Taman Aries Blok F12 No.8 Meruya Utara Kembangan - Jakarta Barat. Dalam pembukaannya pak Zaenudin selaku Lurah Maruya mengatakan kami selaku pak lurah sangat mendukung kegiatan sekolah penitipan Anak Al-Hadi Daycare karena tidak mudah untuk mendirikan sekolah penitipan anak yang mana guru-guru disini sangat penuh perhatian dalam mendidik anak asuhnya, sesuatu yang patut diberi apresiasi. Dan kami sangat bangga terhadap Ibu Anifah Qoniyatun dapat membangun pendidikan untuk memajukan warga Meruya.


Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengocokan nama, jika namanya terpilih maka wali murid selaku orang tua bisa memberi contoh bagaimana membacakan buku terhadap anaknya. Kebetulan yang keluar namanya adalah Bunda Azam umur 4 tahun dia masuk kelompok A, dimana kelompok A itu tercakup dalam 5 mata pelajaran yaitu, agama, moral, bahasa, fisik motorik dan seni. Jam masuk sekolah dimulai pukul 08.00-10.00 dimulai dengan tahfizd, kemudian jam 11.00 belajar mengenal surat pendek dan kisah-kisah nabi.

Selanjutnya terpilih wali muri Ibu Anifah Qoniyatun membacakan buku cerita tentang legenda Situ Bagendit, sepenggal cerita yang dapat diambil kesimpulannya adalah : Bahwa hidup di dunia sebaiknya berbagi, jangan menjadikan hartamu menjadi sombong semata, karena harta merupakan titipan dari allah, jika allah sudah mengatakan kun fa yakun, maka jadilah apa yang terjadi.


Terakhir Pesan dari ibu Anifah Qoniyatun mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak RT dan bapak Lurah atas dukungan baik moril maupun spiritual terhadap berdirinya Yayasan Sekolah Preschool PAUD dan Daycare Penitipan Anak 

Perlu diketahui bahwa GERNAS BAKU dimulai bulan Maret 2019 yang merupakan bulan donasi buku yang menyediakan buku bacaan anak usia dini dan bacaan orang tua di dalam lingkungan keluarga. Yuk … dukung GERNAS BAKU Karena tujuan gerakan ini adalah membiasakan dan menumbuh kembangkan minat baca anak usia dini. Bersama orang tua dan anak akan mempererat hubungan sosial emosional antara anak dan orang tua, yang saat ini sudah mulai luntur dengan kesibukan orang tua di dunia kerja. Selain anak, gerakan ini juga akan membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak tercinta.


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wn No. 085779065707
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com

20 comments :

  1. Sumbangan ilmu pengetahuan bagus untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau kakak Najmi Almanar sudah lulus Sarjana, jangan lupa ilmunya dikembangkan dan digunakan untuk masyarakat ya .....

      Delete
  2. Replies
    1. berbagi ilmu itu atau berbagi informasi kepada masyarakat sangat berguna kakak

      Delete
  3. Gerakan kemanusiaan dn sosial memang selain meningkatkan kepedulian juga bisa merasakan kebersamaan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi mendidik usia dini dalam ilmu agama dapat membentuk karakter anak indonesia secara islami

      Delete
  4. Kegiatan ini harus sering dilakukan, mengingat sekarang, orangtua malah terlalu sibuk dengan gadget dari pada membacakan buku untuk anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups bener banget kakak, saat ini sudah jarang para orang tua membacakan buku atau dongeng kepada anaknya

      Delete
  5. Gernas ini harus di galakkan ya mak karena bagus banget untuk mengajarkan oramg tua agar mau membacakan buku untuk anak2nya shingga anak2 juga akan terbiasa untuk membaca buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak apalagi usia dini, saat ini banyak para orang tua membiarkan anaknya main games sendiri tanpa diawasi orang tua.

      Delete
  6. Alhadi Daycare kegiatannya makin bagus ya, dan sangat bermanfaat juga buat para wali murid

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sekolah Al-hadi daycare basic nya islami sehingga anak didiknya di ajarkan nilai-nilai agama

      Delete
  7. gernas baku tuh serentak diadakan 27 Juli 2019 tapi sayangnya saya ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, sangat bagus GERNAS BAKU ini untuk kelangsungan masa depan anak indonesia

      Delete
  8. Bagus jg acaranya bu,Setiap hari pun para ibu pasti suka melakukan gernas baku buat anaknya termasuk saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kak, karena membacakan buku atau dongeng sangat diperlukan untuk anak, agar komunikasi dan interaksi kepada orang tua saling terjaga

      Delete
  9. Di sekolah anak saya yang preschool juga ngadain gernas baku bun saat tanggal 27 july lalu..dan 1 minggu kemudian kepala sekolahnya follow up lagi menanyakan perkembangan si anak apakah dia menyukai baca buku? Ini membuat saya lebih memperharatikan dan meluangkan waktu untuk bacain buku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selaku orang tua memang harus rajin membacakan buku untuk anak untuk menunjang aktifitas anak dalam berbagai kegiatan yang menggunakan pengetahuan

      Delete
  10. betul nih mak, memang dari kecil harus dibiasakan membaca buku biar terbawa hingga dewasa kelak. mengenai gernas buku, beberapa waktu lalu disekolah anak ku juga ngadain nih..

    ReplyDelete
  11. iya, karena literasi menjadi tolak ukur keceerdasan bangsa

    ReplyDelete