Sunday, 16 June 2019

Atasi susah BAB saat berpuasa



Dua bulan yang lalu, telah hadir seorang cucu pertama, tentunya kami semua merasa senang. Untuk menjaga seorang bayi yang baru lahir sangatlah diperlukan perhatian khusus, terutama dalam sistem pencernaan pada bayi kerap kali sulit untuk dikenali. Masalah bayi susah BAB jangan dianggap sepele, karena dapat berakibat buruk bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua sangatlah penting untuk mengetahui cara menyikapi kondisi ini.

Setiap bayi pastilah memiliki siklus frekuensi buang air besar yang berbeda, karena kebiasaan BAB pada bayi dipengaruhi oleh banyak hal, seperti pola makan dan minum, aktivitas gerak sehari-hari, seberapa cepat kemampuan tubuh bayi mencerna makanan yang masuk. Inilah sederetan hal yang menentukan seberapa bayi BAB. Jika bayi mengalami konstipasi lebih dari 2 minggu segeralah periksa ke dokter.

Bicara soal susah buang air besar, kemarin ketika bulan ramadhan pada saat puasa, kejadian sembelit 2 x lebih besar, karena sembelit terjadi ketika saluran pencernaan tidak berfungi normal dimana BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kemudian berkurangnya asupan kalori ke dalam tubuh dan penurunan aktivitas fisik menyebabkan terjadinya sembelit saat berpuasa. 

Pentingnya menjaga kesehatan pencernaan pada saat berpuasa :
· Makan makanan berserat pada saat sahur dan buka puasa seperti biji-bijian, sayuran, kacang polong, dan buah-buahan  
·     Batasi makanan berlemak
·     Minum air secukupnya kurang lebih 8 gelas sehari
·     Makan makanan probiotik seperti youghurt yang mengandung bakteri baik
·     Kurangi dan hindari stress, karena stress bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

Karena kita sedang berpuasa, bila mengalami sembelit semuanya serba tidak nyaman, bentar-bentar ke kamar kecil, namun BAB tidak bisa keluar karena kerasnya tinja. Jadi jangan biarkan numpuk di dalam perut, karena tidak sehat dan tidak nyaman berlama-lama kotoran tersimpan di dalam perut. Oleh karena itu gunakan obat pencahar Dulcolax atasi susah BAB. Dulcolax merupakan obat yang mengandung bahan aktif bisacodyl. Sembelit itu terjadi karena berkurangnya asupan kalori ke dalam tubuh dan penurunan aktivitas fisik.


Dulcolax tersedia dalam bentuk :
1.   tablet yang diminum sesuai aturan :
·     Dewasa dan anak 12 tahun ke atas 1-3 tablet sekali minum.
·     Anak usia 6-12 tahun 1 tablet sekali minum.
·     Anak di bawah usia 6 tahun silahkan konsultasikan dengan dokter.
2.  Dulcolax kapsul dimasukkan melalui dubur (supositoria) digunakan sesuai aturan :
·   Dewasa dan anak 12 tahun ke atas 1 kapsul dalam sekali penggunaan.
·   Anak usia 6-12 tahun ½ kapsul dalam sekali penggunaan
·   Anak dibawah usia 6 tahun silahkan konsultasikan dengan dokter.

Untuk menggunakan Dulcolax supositoria, cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat. Cara penggunaan Dulcolax supositoria sebaiknya berbaring menyamping dengan bagian kiri tubuh berada di bawah dan tekuk tungkai kanan seperti ingin memeluk tungkai kanan. Kemudian masukkan kapsul perlahan dengan ujung yang runcing masuk terlebih dahulu.

Setelah obat masuk, dianjurkan tetap berbaring selama 15-20 menit, sampai muncul rasa ingin buang air besar. Ada beberapa tips mencegah sembelit saat berpuasa antara lain : konsumsi makan sayur-sayuran dan buah saat sahur, menjaga kecukupan cairan untuk menghindari dehidrasi dan sembelit minumlah 8 gelas perhari dan tetap aktif dengan berolahraga teratur minimal 30 menit setelah berbuka dengan intensitas ringan sampai sedang, serta jangan menunda keinginan untuk buang air besar dan melatih kebiasaan buang air besar.


Tentang Dulcolax 

Selama lebih dari 60 tahun, Dulcolax telah teruji klinis dan dipercaya di seluruh dunia untuk atasi masalah sembelit, karena rangkaian produk Dulcolax memberikan rasa nyaman, sehingga kita dapat kembali melakukan aktivitas. Dulcolax tidak menyebabkan diare, karena berkurangnya cairan dan elektrolik tubuh yang dapat menyebabkan kelelahan otot, jadi minumlah sesua aturan pakai.


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. : 085779065707
     


42 comments :

  1. Memang setiap bulan puasa , pada minggu ke dua, pasti mengalami konstipasi..kalau saya selalu nyediain Dulcolac setiap bulan puasa, karena pasti ga terkejar buat minum 8 gelas sehari ataupun makan asupan berserat tinggi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak Kartika, pernah mengalami sembelit ya kak, rasanya ga enak ya .... susah buang air besar itu sangat menyebalkan !!!

      Delete
  2. Sembelit emang bikin risih dn gk enak ya.. Semoga kita semua tetap diberikan kesehatan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robbal alamin, jaga kesehatan paling penting ya kak Sae

      Delete
  3. Obat ini ampuh banget. Saya juga pakai Dulcolax kalau tiba-tiba sembelit. Asli gak enak bgt kalau sembelit. Teratasi dengan obat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kakak Auda, sembelit banyak minum air putih disertai dengan minum obat pencahar dulcolax

      Delete
  4. Di rumah saya juga sedia dulcolax selain kolak saat bulan puasa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak Adi Pradana, jaga-jaga ya kak... bila sembelit datang, dulcolax siap obat pencahar sembelit

      Delete
  5. Saat susah bab saya juga menggunakan Dulcolax ini sebagai solusinya. Sudah lebih dari 6o tahun sehingga terpercaya secara turun-temurun. Apalagi harganya terjangkau dan bisa dibeli bebas di toko obat atau minimarket.

    Lancar peencernaah itu memang menyenangkan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kakak Okti, BAB sangat menyulitkan dan bolak balik ke kamar kecil, namum tinja ga keluar karena keras, jadi solusinya minum obat pencahar bab DULCOLAX

      Delete
  6. Susah bab itu emang ganggu banget. Selain bikin perut terasa ngga nyaman. Juga bikin mood ga enak. Kayak ada yang ganggu gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget konsentrasipun jadi hilang, ga bisa kerja apa-apa hanya bisa menahan sakit, jadi solusinya minum obat pencahar BAB DULCOLAX

      Delete
  7. Pas nih obat sembelit buat persediaan di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget kak, obat pencahar BAB ya DULCOLAX, BAB jadi lancar

      Delete
  8. Ini untuk dewasa ya, kalau anak2 boleh pakai ini juga buat sembelit?

    ReplyDelete
  9. paling gak enak kalo menjalani puasa trus susah BAB, duh itu rasanya double lemes ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, bolak balik ke kamar kecil perut mules, tapi ga bisa BAB, solusinya minum obat pencahar BAB DULCOLAX

      Delete
  10. Ini nih salah satu penyakit yang bikin ga nyaman ketika puasa, sembelit. dan sekarang ada obatnya ga ga bikin ribet ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, sekarang sudah aman, sembelit gunakan obat pencahar Dulcolax

      Delete
  11. Sembelit ketika puasa sebenernya serba salah, karena lagi gak bisa banyak minum air putih, maka dari itu kudu banyak asupan n serat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, karena bulan puasa itu minum air putih terbatas, jadi ketika sahur bila sembelit minum obat pencahar Dulcolax

      Delete
  12. Paling menyebalkan ya bu kalau pas puasa tapi susah buang air besar, sekarang ini jadi lebih tenang karena terbantu dengan adanya Dulcolax. Aku selalu sedia dirumah nih, lumayan soalnya buat senjata kalau susah BAB

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, sembelit bikin mager untung ada obat perncahar Dulkolax

      Delete
  13. Anak saya malah belakangan ini jarang BAB, apa BAB tidak lancar bagi anak bisa pakai ini? Dosisnya untuk dewasa, ya?

    ReplyDelete
  14. Banyak makan sayur dan buah untuk mencegah sembelit, terimakasih atas infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, namun bila masih sembelit dianjurkan minum obat pencahar Dulkolax

      Delete
  15. Selanat Bu Sumi atas kelahiran cucunya. Kudu sehat2 nih ya jagain cucu. Jgn sampai sakit apalagi krn masalah pencernaan. Salah satu caranya biar gk kena sembelit selali sedia Dulcolax yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak terima kasih, cucu pertama pastinya dijagaain kakak. Sembelit siapkan selalu obat pencahar Dulcolax

      Delete
  16. alhamdulillah ya bun, kalo asupan mineralnya baik, tdk ada ceritanya mengalami konstipasi dan susah BAB ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, yang terpenting minum air putih 8 gelas sehari, tapi kalau puasa memang tidak mencukupi minum air, ya akibatnya sembelit, namun kini ada obat Pencahar Dulcolax

      Delete
  17. Ini masalah aku banget...
    Dan mulai sekarang, aku rajin minum air mineral pakai botol minum takaran, agar asupan cairannya benar-benar 1 L/hari.
    Alhamdulillah,
    Kemarin sempat coba Dulcolax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum 8 gelas perhari sudah cukup, namun bila bulan puasa minum air putih tidak mencukupi, jadi sembelit sediakan selalu obat pencahar Dulcolax

      Delete
  18. pasca operasi sesar karena susah BAB aku minum ini Bu,alhamdulilah lancar jaya emang cucok banget atasi sembeli atau susah BAB

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, sudah terbukti obat pencahar Dulcolax mengatasi sembelit

      Delete
  19. Memang paling ngga enak susah BAB yg bu, terasa teriksa dan perut penuh. Dulcolax salah satu obat pencaharian yg tepat ketika sulit BABB menurutku

    ReplyDelete
  20. Dulcolax ini kesayangan banget. Kalau lagi sembelit minum ini langsung lancarrrrr....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kakak sembelit datang minum obar pencahar dulcolax

      Delete
  21. Saya pernah nyobain minum Dulcolax juga waktu sembelit, setelahnya langsung lancar deh buang air nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sembelit datang minum selalu obat pencahar Dulcolax

      Delete