SOCIAL MEDIA

Tuesday, 18 September 2018

Satu Kantong Donor Darah, Dapat Menyelamatkan Hingga Tiga Orang #AksiSehatCeria



Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Palang Merah Indonesia yang ke-73, PT Media Kesehatan Indonesia (DokterSehat) menggalang #AksiSehatCeria, dengan mengajak masyarakat dari semua golongan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan pentingnya berbagi dengan sesama melalui kegiatan Donor Darah dan health talk di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt.5, Jakarta Selatan yang baru saja berlangsung 15 September 2018.

DokterSehat adalah salah satu portal kesehatan di Indonesia yang menyediakan informasi, panduan, dan konsultasi online.

DokterSehat berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih sadar bahwa menjaga kesehatan itu adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat, karena pola hidup sehat adalah Syukur, Sehat, Sesama.

Pentingnya Pola Hidup Sehat


Acara dibuka dengan sesi health talk tentang pola hidup sehat dari dr. Christopher Andrian, M. Gizi, Sp.Gk selaku Clinical Nutrition Specialist Ciputra Medical Center.

Masalah yang dihadapi masyarakat kita dewasa ini adalah obesitas. Hal itu disebabkan oleh ketidakseimbangan antara asupan makanan kita dengan aktivitas fisik yang dilakukan.

“Angka kebutuhan gizi (AKG) harian laki-laki ialah 2.500 kkal, sedangkan pada perempuan 2.100 kkal. Kalau lebih dari itu dan tidak diikuti dengan aktivitas fisik yang cukup, akan mengakibatkan obesitas,” tutur dr. Chris.
Angka obesitas di Indonesia tahun 2007 hanyalah sebesar 18,8%, namun tahun 2013 meningkat menjadi 26,6%.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan teknik memasak makanan yang kita santap sehari-hari.
Makanan yang dikukus, direbus, pepes, panggang, kuah, dan tumis lebih sehat dari makanan yang digoreng atau deep fried.

Kebutuhan air putih juga harus diperhatikan. Minum air putih minimal 7-8 gelas sehari. Ikuti dengan aktivitas fisik minimal 150 menit/minggu (intensitas ringan-sedang) atau 5x seminggu @30 menit. Bisa dengan berolah raga sepeda statis, berenang, senam, atau jalan cepat.

Mari Rutin Berdonor Darah


Selanjutnya, Bapak Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator divisi edukasi Blood4lifeID memberikan penuturan tentang peduli dan Berbagi Kebutuhan Darah terhadap kesehatan pribadi dan masyarakat.

Indonesia masih kekurangan 500 ribu kantong darah per tahun.


Awal mulanya Blood4Life Indonesia berdiri tahun 2009, saat ini Chapter Blood4Life ID sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sudah 9 tahun Blood4LifeID menggalang acara donor darah dengan slogan “Ayo berkontribusi, karena satu kantong darah Anda dapat menyelamatkan hingga tiga orang.”

Selain Blood4LifeID, DokterSehat bekerja sama dengan Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax). Acara #AksiSehatCeria merupakan bentuk CSR dari Indodax sebagai kepedulian akan sesama.

Indodax sendiri adalah platform tempat bertemunya penjual dan pembeli Aset Digital seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.


Setelah acara Blogger Gathering peserta ikutan donor darah. Sebelum berdonor darah, kita mengisi formulir berisi rincian riwayat kesehatan kita, kemudian pengecekan tensi darah, kemudian cek HB. Setelah dinyatakan lolos semua, baru deh bisa donor darah. Pengambilan donor darah dalam 1 kantong berisi 350cc.

Terakhir, para blogger touring rumah sakit Ciputra Medical Center dengan guide bapak Raymond Chandra selaku Marketing Communications Officer CMC. Kita semua diajak untuk melihat ruang praktek kerja, mulai dari ruang tunggu, ruang perawat, ruang X-ray, ruang dental clinic gigi.

Ciputra Medical Center berlokasi di lantai 5 Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan, Di dalam suatu superblock yang terdiri dari perkantoran, pusat perbelanjaan, apartement atau residensial & hotel. Ciputra Medical Center menempati area seluas 1.500m2 dengan interior eksklusif, bernuansa nyaman & bersahabat. 


Fasilitasnya terdiri dari :

·     Laboratorium yang ditangani sumber daya terlatih dengan peralatan modern & akurat.
·     Treadmill merupakan pemeriksaan jantung tahap lanjut setelah EKG untuk mendeteksi kelainan jantung.
·     EKG pemeriksaan keadaan jantung pada saat istirahat untuk mendeteksi adanya gangguan pada irama jantung.
·     Audiometri pemeriksaan untuk mengetahui gangguan pada pendengaran.
·     Spirometri pemeriksaan untuk mengukur kapasitas fungsi paru.
·     Radiologi layanan seperti digital X Ray dan foto Panorsmic 3 Dimensi.
·     USG sebuah teknik diagnostik pencitraan yang berguna untuk memeriksa organ.

DokterSehat juga bagi-bagi hadiah senilai jutaan rupiah lho !

Ikutan Lomba Blog #AksiSehatCeria tentang pola hidup sehat! Caranya, tulis artikel 500 kata tentang pengalamanmu dalam menerapkan pola hidup sehat, kemudian submit ke www.bit.ly/BlogSehatCeria

Tulisanmu ditunggu sampai 16 Oktober 2018. Jangan lupa baca ketentuan selengkapnya di sini www.doktersehat.com/blogsehatceria

Ditunggu ya tulisanmu !


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com



2 comments :

  1. wahh ada dokter christopher, itu dokter seleb dia sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih ... dr. christopher andrian dokter selebritis, wah berarti aku beruntung banget bertemu dengan dokter para artis, thanks informasinya.

      Delete