SOCIAL MEDIA

Wednesday, 8 August 2018

Jalan-Jalan Naik Kereta Api Mini Mengingatkan Memoriku


Kereta Api Mini Taman Mini Indonesia Indah
Teringat ketika anak-anak masih kecil, kami sekeluarga berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Waktu itu anak-anak masih balita, dimana jarak tiga orang anak hanya berselisih 2 tahunan, jadi agak rempong ketika itu. Meskipun rempong, namun kami berdua masih bisa mengatasinya. Kebetulan dari Blogger perempuan mengadakan gathering family untuk liburan, wah … senangnya kami berdua bisa liburan untuk mengingat kembali memoriku dimasa lampau.

Sekarang ini, Kereta Api Mini sudah bukan milik Taman Mini Indonesia Indah lagi, namun di kelola oleh PT. Polindo Jasa Utama. Perkembangan Wahana Kereta Api Mini lebih terlihat besar dengan adanya peron atau ruang tunggu dan lokomotif serta gerbong yang terbuka. Lokomotif besar terdiri dari 4 gerbong sedangkan lokomotif kecil ada 2 gerbong, setiap gerbong bangkunya terbuat dari kayu dan dinding gerbong kereta api di cat warna hijau dan merah. Satu gerbong kereta api isinya untuk 30 orang. Jadi, setiap perjalanan kereta Api Mini terdiri dari 4 gerbong yang  bisa mengangkut 120 orang penumpang.

Tahun 2016, PT. Polindo Jasa Utama mulai merenovasi Wahana Kereta Api Mini, karena rel-relnya sudah banyak tertanam. Dengan Wahana Kereta Api Mini ini, para pengunjung bisa berkeliling selama 30 menit sekitar 4 km, kita dapat melihat anjungan rumah adat dari beberapa provinsi di Indonesia. Rencana kedepan akan dibangun 4 shelter pemberhentian Kereta Api Mini, karena saat ini cuma ada 2 shelter sehingga belum bisa mengangkut atau memberhentikan penumpang di sembarang tempat. 

Tiket Kartu Kereta Api Mini
Untuk tiket masuk Kereta Api Mini hari senin-jum’at sebesar Rp 20.000,- , sedangkan hari weekend sebesar Rp 25.000,-. Sama seperti halnya bila hendak naik Commuter Line tiket masuknya menggunakan kartu. Di Kereta Api Mini pun menggunakan kartu dengan 6 edisi ber-aneka anjungan rumah adat Taman Mini Indonesia Indah. Kartu berlaku satu tahun ke depan. Apabila ingin tiket terusan hanya dapat membeli di loket dengan tunai dan akan mendapatkan tiket kertas, karena tiket kartu hanya digunakan wahana kereta api saja. Jam operasional dibuka  mulai jam 09.00 – 17.00 dihari senin-jum’at sedangkan weekend jam 08.00 – 18.00

Pemesanan tiket Wahana Kereta Mini bisa lewat online yang telah bekerjasama dengan lakupon, Groupon dan Traveloka dengan diskon 24% allday. Dan bila ingin datang bareng rombongan 30 orang harga tiket lebih murah dapat diskon 10% untuk anak sekolah dan umum. Wah senangnya bisa ngobol bareng bersama mbak Vivi dan Mas Erwin Nasution Selaku Manager Operasional Wahana Kereta Api Mini

Bersama Family Blogger Perempuan
Outlet tempat makanan di area wahana Kereta Api Mini banyak pengunjungnya loh … !!! karena, setelah berkeliling kita bisa menikmati jajanan yang ada di outlet tersebut seperti dunkin donat dll. Sebagai penutup pembicaraan, Mas Erwin Nasution mengatakana bahwa Wahana yang ada di Taman Mini Indonesia Indah masih ada 3 yaitu : Keong Emas, Dunia Air Tawar dan Taman Burung. Yuk akh … kepoin instagramnya Wahana Kerta Api Mini.

 
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. 089616613396
Email : sumiyatisapriasih


2 comments :

  1. Terakhir kali ke TMII waktu aku masih SD.. Wkwk ntar mau ajak jalan anak ke sini aah dan nyobain kereta nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk akh ... kita jalan jalan naik Kereta Api Mini berkeliling mengitari anjungan rumah Adat yang ada di Indonesia dan Wahana lainnya, dijamin puas ... !!!

      Delete