SOCIAL MEDIA

Monday, 19 February 2018

Hijrah Merupakan Proses Sebuah Perjalanan

Hijah Khadijah Bagi Peggi Melati Sukma 
Sabtu pagi dengan gerimis hujan saya meluncur ke IT Learning Center sebuah perusahaan konsultan dengan manajemen terpercaya dan berpengalaman dalam membantu perusahaan nasional atau mutinasional melalui berbagai training yaitu “Proxsis Consulting Group” Gedung Permata Kuningan Lantai 17 Jl. Kuningan Mulia - Jakarta Selatan. Ada apa gerangan?

Tepat jam 09.00 saya hadir di acara “Muslimah Berdaya dan Menginspirasi” dengan narasumber Peggi Melati Sukma yang memiliki nama hijrah Khadijah, beberapa tahun terakhir disebut sebagai inspirator hijrah, aktivis Kemanusiaan.

Siapa yang tidak kenal Peggi Melati Sukma? lebih dari 20 tahun ia dikenal sebagai selebriti multitalenta di dunia hiburan Indonesia, pebisnis wanita, dan sudah aktif pada gerakan sosial baik melalui yayasan milik pribadi atau bersama pemerintah dengan penyandang tugas sebagai duta di berbagai bidang.

Khadijah Peggi Melati Sukma
Khadijah seorang yang pintar terbukti dalam pendidikan S1 dan S2 hingga selesai dengan gelar Cum Laude sempurna, dia memiliki beragam penghargaan, juga berpengalaman kerja di lingkup International dengan lembaga-lembaga seperti PBB-Word Bank-Asean Youth Forum dan lainnya.

Saat ini, ia sudah berpindah dari berbagai kesibukan dunia tersebut, yang sempat membuatnya lalai dari kedekatan dengan allah ta’ala, lalu terjun sebagai aktivis dakwah & kemanusiaan, baik di Indonesia, maupun berkeliling di luar Indonesia. Khadijah sudah menjalankan misi dakwah, sosial dan kemanusiaan pada 22 negara seluruh dunia, termasuk misi Palestina, Suria, benua Afrika, berbagai negara Eropa, juga Amerika Serikat.

Sebagai contoh misi dakwa kemanusiaan di Palestina, membangun sekolah untuk anak-anak cacat, pabrik kecil untuk produksi pakaian yang dikelola oleh janda-janda syuhada, klinik yang memberikan bantuan kaki tangan palsu untuk korban-korban kebrutaalan zionis Israel dan program lainnya.

Untuk membagi ilmunya, Khadijah yang lulusan S2 ini aktif di dunia literasi dan sudah menulis beberapa buku yang inspiratif bernuansa islami seperti : My Life My Hijab, Kujemput Engkau di Sepertiga Malam, Ya Rabbana aku ingin pulang, Kun Fayakun Menembus Palestina.

Sumiyati Sapriasih
Hijrahnya Khadihjah bukan one minute moment namun proses perjalanan. Inilah 4 Fase Kehidupan Khadijah :
  • Fase 1 sejak lahir sampai usia 13 tahun, dalam fase ini kehidupan khadijah terhitung normal. Layaknya anak yang lahir dari keluarga bersahaja. Orang tuan khadijah termasuk yang sudah menanamkan akidah dan agama sejak kecil, bahwa allah tempat bergantung. Dalam hal ini khadijah menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai tauhid  dini, karena sangat berpengaruh pada proses menemukan hidayah pada jalan allah.
  • Fase 2 remaja dan puncak karier, usia 14 tahun mulai masuk dunia entertainment, 1 tahun kemudian bekerja secara professional. Sejak Qadarullah dimudahkan allah, Peggi Melati Sukma focus ke urusan dunia hingga usia 19 tahun kariernya meledak yaitu sinetrom Gerhana, sehingga khadijah makin jauh hatinya dengan allah. Padahal hati merupakan inti yang utama dari diri kita. Dalam Q.S Hud ayat 15-16, Q.S al A’la ayat 168, Q.S Al An’am ayat 144 dan Q.S At Taubah ayat 24 menyebutkan bahwa Apabila kita sudah semakin terikat dengan dunia, maka allah akan datang dalam bentuk peringatan. Jika sudah diberi peringatan namun masin membandel lalu akan didatangkan ujian berupa kesenangan dan kemudahan, sehingga kesenangan itu sekonyong-konyong allah murka dan allah azab kita dwngan putus asa. Saat hati sudah ditutup dari kebaikan dan hidayah siapa yang bias buka? Hanya kuasaan allah yang bisa membukanya. Nauzubillah Minjalik. “Hidup ini bukan untuk mencapai sesuatu tapi untuk menerima ketentuan allah”.   
  • Fase 3 Transisi, Ketika kita sampai pada satu titik dimana muncul kesadaran untuk kembali pada allah. Kemudian Khadijah merecall kembali apa yang pernah ditanamkan nilai-nilai aqidah dan tauhid yang pernah ditanamkan dulu pada masa kecilnya.
  • Fase 4 Hijrah, khadijah mulai membenahi dan melakukan proses perbaikan diri dengan meningkatkan amalan kepada allah. Hijrah bagi khadijah adalah proses dalam sebuah perjalanan, proses kelahiran hingga kehidupan setelah kematian dimana ada kesinambungan untuk menjadi lebih baik lagi dimata allah.  

Ria, Opi, Khadijah, Bunda Siti, Sumiyati Sapriasih

Khadijah mempunyai program sosial berbasis syiar islam, Khadijah fokus membumikan al’quran yaitu pelatihan baca al qur’an gratis bagi kelompok-kelompok muslimah di pelososk Indonesia, dalam 3 tahun ini memberi manfaat lebih dari 10.000 kepada muslimah dan bekerjasama dengan Corps Dai Dompet Dhuafa.

Selain itu, Khadijah masih menjalankan proyek sosialnya yaitu 99 rumah Belajar Al’quran Asmaul Husna untuk anak Indonesia. Dalam 2 tahun sudah membangun 6 rumah Qur’an di beberapa wilayah Indonesia, Alhamdulillah sebuah pencapaian yang luar biasa

Acara Blogger Muslimah Meet Up berlokasi di gedung Proxsis dengan suasana yang Cozy, hidangan dari ahmah Cake Indonesia dengan cake rasa keju yang sangat lembut dan hijab berlapis 2 bahannya tidak panas, adem dipakainya persembahan dari Rumah Hijab Alsa.

                                         
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Wa No. : 089616613396

    


6 comments :

  1. Benar-benar sosok inspiratif ya Teh Peggy Khadija ini, Bun...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh sebab itu kita ikuti jejaknya Khadijah Sholat diawal waktu

      Delete
  2. saya juga mengagumi mbak khadijah..beliau rasa peduli terhadap sesama tinggi..barakallah buat mbak Khadijah dan mbak sumi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tadinya artis hebat hijrah ke jalan allah, sesuatu banget .... !!!

      Delete