Friday, 23 June 2017

Kementerian ESDM Perduli Terhadap Pemudik Lebaran 2017

Kantor Kementerian ESDM
Dua hari lagi kita akan menyambut Kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, oleh sebab itu para pemudik sudah ramai untuk pulang kampung, dimana pihak pemerintah Kementerian ESDM telah antisipasi dalam ketersediaan pasokan BBM dan Listrik untuk nasional.

Kami, sebagai Sobat Energi diundang oleh Biro Komunikasi Layanan Informasi untuk mensosialisasikan tentang “Posko Nasional Kesiapan Sektor ESDM Sambut Idul Fitri 1438H” dengan nara sumber Bapak Hadi M Djuraid sebagai Staff Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi, Bapak Rudi Ariffianto sebagai Senior Officer Media Communication Upstream PT. Pertamina (Persero) dan Bapak I Made Suprateka sebagai Kepala Satuan Komunikasi Korporat.

Bapak Rudi Ariffianto mengantisipasikan mudik lebaran bahwa pihak Pertamina tetap menyiapkan Satgas BBM dan LPG Lebaran 2017 antara lain : Himbauan pengisian BBM sebelum masuk tol berangkat mudik, Pertamina telah siap mengamankan mudik-balik dengan letak kios atau serambi Pertamax serta kesiapan melayani BBM kemasan dengan motor, Aplikasi milik Pertamina untuk info produk SPBU terdekat dan program promo selama masa mudik – balik lebaran.
Narasumber : Bp. Rudi, Bp. Hadi M, Bp. I Made
Lebih lanjut dikatakan Rudi bahwa Issu Utama dari Satgas BBM dan LPG 2017 adalah memperkuat stok BBM di storage RU di terminal BBM dan Depot LPG Pertamina, Mengamankan suplai ke terminal BBM/LPG lembaga penyalur, Memperkuat stok di lembaga penyalur BBM dan LPG, dan Memberikan layanan BBM dan LPG di tempat yang berpotensi macet (MT PTO, Kiosk, Serambi Pertamax, Pangkalan LPG Siaga).

Sebagai Kepala Satuan Komunikasi Korporat Bapak I Made Suprateka mengatakan bahwa listrik di Jakarta pasti berkurang pemakaiannya saat libur lebaran karena banyak penghuni Jakarta mudik. Dalam pemberian stock BBM LPG banyak memberikan kredit atas fasilitas yang diberikan. Dalam LPG konsumsi bergerak kea rah para mudik berada ketika pasokan kebutuhan dibutuhkan.

Dalam forum diskusi Bapak I Made menyampaikan bahwa strategi Operasi dilapangan semua pekerjaan pemeliharaan instalasi di transmisi dan gardu induk tidak diijinkan dilaksanakan kecuali pekerjaan emergency/perbaikan kerusakan dan gangguan peralatan, Menyiapkan piket pemeliharaan/perbaikan gangguan 24 jam, Menyiapkan cadangan putar lebih besar dibandingkan waktu regular, Mengatur pola operasi dengan mempertimbangkan fenomena tegangan lebih, Melakukan operasi regional balance dengan meminimalkan transfer daya antar subsistem barat/timur dan Mengoptimalkan kerja pembangkit yang lebih efisien.


Tahun 2017 ini akan di fungsikan tol baru serta 10 pintu keluar agar tidak terjadi kemacetan di cipali. Pemerintah menyiapkan ketersediaan listrik dan BBM lebaran secara maksimal pada serambi pertamax ada relax room, air bersih dan sanitasi, free wifi & charging, ruang makan, ruang anak. Serambi pertamax merupakan fasilitas tambahan dari pertamina untuk beristirahat selama perjalanan mudik. Ada beberapa daerah yang tidak memungkinkan menggunakan PLTU akhirnya dipilihlah PLTD karena keterbatasan.

Nah … untuk para pemudik tidak usah khawatir mengenai ketersedian BBm dan Listrik sudah cukup aman, Hati-hati di jalan dan selamat sampai tujuan.

Salam
Sumiyati Sapriasih
No. Telp : 089616613396
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com


No comments:

Post a Comment