Wednesday, 8 March 2017

Quilt Workshop Bersama Brother GS 2500

 Quilt Workshop Titik Temu Motif Pinwheel With Brother GS 2500 
Untuk acara Workshop Jahit menjahit dengan menggunkan Mesin Jahit Brother GS 2500 sudah 3 kali, namum temanya berbeda. Yang pertama kali saya menggunakan mesin jahit Brother GS 2500 yaitu workshop menjahit baju Blues di Pekan Raya Indonesia BSD - Tangerang.

Pertama kali memang sulit menggunakan mesin jahit Brother GS 2500, namun mbak Astri sangat telaten dalam mengajarkan anak muridnya, dari mulai potong bahan, beri jarum pentol agar dijahit tidak lari kemana-mana, kemudian diobras dengan mesin jahit GS 2500. Mesin jahit GS 2500 ini memang mempunyai fungsi ganda seperti jahit lurus, obras dan neci atau jahit zigzag serta bisa menjahit huruf nama yang kita inginkan.

Yang kedua saya diberi kesempatan untuk menjahit Cluth Bag dari kain kulit kayu, bila ingin mengetahui cara pembuatannya dari awal hingga menjadi cluth bag ini dia liputanya ada disini : http://www.sumiyatisapriasih.com/2016/11/hasil-karya-kain-kulit-kayu-bersama.html

Sedang Perbaikan ketika benang putus dari jarum 
Sebelum lanjut ke Quilt Workshop, saya akan jelaskan tentang mesin jahit Bother GS 2500?
Mesin jahit Brother GS 2500 adalah Mesin Jahit Portable dengan 25 pola fungsi jahitan yang sangat mudah digunakan, sangat cocok bagi penjahit pemula hingga mahir yang mencari kemudahan dan keringkasan dalam menjahit.

Fitur Mesin Jahit Brother GS 2500 dapat memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya seperti :
  •      Selain jahitan lurus ada 25 macam jahitan variasi seperti gelombang yang bisa mempercantik tampilan baju atau kreasi yang kita buat.
  •           Mempunyai sistem 4 lubang kancing dengan 4 jenis jahitan lubang kancing yang bisa kita pilih sesuai dengan baju yang akan kita buat hanya dengan mengganti sepatu maka kita bisa membuat lubang kancing yang diinginkan.
  •     Pemasangan sepatu yang mudah dengan beberapa jenis sepatu yang tersedia seperti sepatu standar untuk menjahit lurus dan variasi, sepatu untuk memasang resleting dan sepatu untuk membuat lubang kancing.
  •          Mesin jahit Brother GS 2500 tidak boros listrik hanya memerlukan daya listrik 51 watt saja.
  •          Ada 6 baris gigi dalam pengaturan jahitan yang bisa diatur sesuai dengan tebal tipisnya bahan yang akan kita jahit.
  •     Built in free arm artinya ketika menjahit kain yang lebarnya kecil, misalkan ketika membuat tali yang berbentuk silindris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.
  •     Pisau pemotong benang, di dekat area mesin jahit kita bisa menemukan sebuah benda yang bentuknya mirip pengait menghadap keatas, nah benda ini menempel pada badan mesin dan gunanya untuk memotong benang.
Oke, selanjutnya kita akan belajar Quilting.
Apa itu Quilt Workshop?
Quilt Workshop adalah kerajinan yang dapat menyatukan potongan kain perca yang seluruhnya dijahit dengan tangan memakai teknik tusuk tindas.

Dikarenakan para blogger kebagian sesi ke 2 dari jam 12.00 hingga jam 15.00, maka sebelum dimulai quilt workshop, blogger dihidangkan dengan makanan pecel, yang isinya lontong, tempe, tahu, bakwan, sayuran hijau yang bumbu kacangnya sangat khas Yogyakarta serta peyek kacang yang menemani kriuk pecel makin lezat.

Mbak Astri Damayanti Mengajarkan Peserta Quilt Workshop
Acara dimulai dengan pembagian bahan motif Pinwheel untuk dijahit sarung bantal. Jujur saja workshop yang ketiga ini sangat sulit karena pengerjaannya harus mempersatukan titik temu antara motif Pinwheel yang satu dengan lainnya.

Bahan motif Pinwheel dan kain putih ada 4 bagian yang harus membentuk segi empat. Ujung jahitan harus bertemu titik kumpul membentuk segi 4. Akhirnya setelah dua kali jahitan bongkar pasang agar titik motif Pinwheel bertemu selesai juga.

Kemudian langkah selanjutnya kain yang sudah terbentuk segi 4 disetrika dengan kain pelapis atau kain dakron agar lengket, setrikanya pun harus extra hati – hati tidak boleh menggunakan suhu terlalu panas, jadi yang sedang-sedang saja.


Sedang Pengerjaan Setrika bersama Mak Muthia
Setelah selesai disetrika, langkah selanjutnya menjahit bahan lainnya sebagai penutup bantal. Lakukan jahitan 3 cm masing-masing antara kain penutup dan kain pembuka, lalu disatukan dengan kain motif Pinwheel yang sudah ada bahan puringnya. Lakukan jahitan membentuk sarung bantal. Taraaa …… jadi deh sarung bantal motif Pinwheel.

Oh ya … hampir lupa bahan motif Pinwhell dan kain putih yang dijadikan sarung bantal kursi, itu product ZY Textile loh …!!! Harganya pun sangat murah.
Textilezy.com merupakan toko kain online di Jakarta, yang mana ZY TEXTILE merupakan situs ecommerse textile pertama yang memudahkan pembelian secara online dan menjadi pioner textile online pertama di Indonesia, berbasis teknologi modern, bersistem dan berintegritas. 

mau tahu cara mendapatkan bahan murah kualitas tebaik, klik aja : http://www.textilezy.com/ berbagai jenis kain dijual antara lain : Golden rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, Linen Crepe, Cotton Japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish.

Terima kasih Kriya Indonesia, bagi saya merupakan pengalaman tak terlupakan, semoga kedepannya bisa lebih berkarya lagi.
       
Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com
 



No comments:

Post a Comment