Saturday, 14 January 2017

Hidup Sehat Aktivitas Fisik, Makan Buah Dan Sayur.


Pembangunan kesehatan merupakan komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memperbaiki lingkungan serta perubahan perilaku kearah hidup lebih sehat, oleh karena itu Bapak Presiden Jokowi mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang telah diresmikan di Yogyakarta pada tanggal 15 Nopember, kegiatan GERMAS ini dapat dijadikan acuan bagi semua pimpinan institusi pemerintah maupun daerah, dunia pendidikan seperti gerakan cuci tangan sebelum makan, sikat gigi sebelum tidur yang telah dibina oleh UKS sekolah, dunia usaha dan swasta, organisasi kemasyarakatan baik individu, keluarga dan masyarakat pada umumnya untuk melaksanakan kegiatan GERMAS di lingkungan masing-masing.

Jum’at, 13 Januari 2017 kami para blogger diundang oleh Ibu Nila Moeloek Menteri Kesehatan untuk melakukan Olah Raga bersama di lapangan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jl. HR Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9 Jakarta Selatan. Acara ini dimulai pukul 06.30 pagi, kami berbaris untuk melakukan senam peregangan, senam poco-poco dan pendinginan. Senam peregangan ini bisa melenturkan tubuh kita agar hidup sehat. Kegiatan ini dilakukan setiap hari jum’at bagi seluruh karyawan kementerian kesehatan, jadi tidak ada kesenjangan antara karyawan atasan dan bawahan. Ibu Nila Moeloek juga mengatakan bahwa masyarakatpun boleh ikut datang beramai-ramai untuk melakukan senam, setelah senam dianjurkan untuk pengecekan kesehatan berkala di pojok tensi, juga tersedia jamu gendong karena disamping sehat berolah raga menteri kesehatan juga mensosialisasikan minum jamu sehabis olah raga,  tersedia juga stand bermacam tanaman pot, sayur dan buah serta ikan sehingga habis senam bisa berbelanja dengan harga murah.

Gaya Hidup sehat itu sangat mudah, asalkan ingat 3 langkah berikut ini :

·         Lakukan aktifitas fisik selama 30 menit setiap hari seperti jalan kaki, bersepeda, menyapu rumah dan membersihkan kebun. Untuk latihan fisik berupa senam sebaiknya dilakukan 150 menit perminggu artinya 3-5 kali diawali dengan pemanasan, latihan inti dan pendinginan, sebaiknya menggunakan sarana dan prasarana yang aman dan nyaman termasuk pakaian olah raga dan alas kaki. Untuk peregangan di tempat kerja bisa dilakukan secara berkala setelah 1-2 jam bekerja pada posisi lama, menggerakkan otot dan sendi kepala, leher, bahu, lengan, pinggang, kaki untuk menghilangkan kekakuan tubuh, lakukan gerakan ini perlahan-lahan, tidak dipaksakan dan tidak dihentakkan.

·         Gizi Seimbang, Konsumsi sayur dan buah merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh serta serat pangan yang tinggi. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang, dan akan menurunkan resiko sulit buang air besar (BAB/Sembelit) dan kegemukan. Untuk mengkonsumsi sayur dan buah dianjurkan 300-400 gram/orang perhari bagi anak balita dan anak usia sekolah, sedangkan bagi remaja dan orang dewasa cukup 400-600 gram/orang.  

·         Pemeriksaan Kesehatan secara rutin sebagai upaya pencegahan yang harus dilakukan oleh setiap penduduk usia>15 tahun keatas untuk mendeteksi secara dini adanya faktor resiko perilaku yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit Jantung, Kanker, Diabetes dan Tidak merokok, karena rokok adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Saat batang rokok terbakar, asapnya mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang siap menghancurkan tubuh kita.

Menteri Kesehatan Ibu Nila Moeloek dan Para Blogger
Dengan adanya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini, mari kita bersama menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit, lakukan aktifitas fisik dengan berolah raga, Makan sayur dan buah setiap hari. Karena manfaat vitamin dalam sayur dan buah mengandung zat yang berbeda seperti Vitamin A untuk Pemeliharaan kesehatan mata, Vitamin B untuk Mencegah penyakit beri-beri, Vitamin B12 dapat meningkatkan napsu makan, Vitamin K untuk pembekuan darah, Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, Vitamin E untuk kesuburan dan awet muda, Vitamin D untuk kesehatan tulang. Dan .... jangan lupa ya pemeriksaan kesehatan berkala secara rutin.  


Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com
 

22 comments:

  1. Ayuk rajin olahraga dan makan makanan bergizi #dukungGERMAS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat setiap hari jum'at di lapangan KEMENKES :)

      Delete
  2. Sehat secara psikis jg penting yaa bu.selalu positif thinking bs menjauhkan diri dr stres yg konon jg bs mempengaruhi kesehatan fisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak cii yuniaty memang benar harus positif thinking agar jiwa dan raga sehat selalu, karena sehat itu mahal harganya :)

      Delete
  3. Siaap!!! dilaksanakan mbak :) biar nggak sakit..karena emang sehat itu mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat itu mudah , lakukan olah raga setiap hari 30 menit saja luangkan waktumu dengan jalan kaki, cek kesehatan berkala dan makan sayur serta buah :)

      Delete
  4. Di antara semua hal yg tersebut di atas yg paling malas (kalau saya) adalah olahraga/senam. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mbak Rita Dewi malas olah raga, habis makan enak, numpuk dong makanan tidak diolah tubuh karena tidak berolah raga, cuma 30 menit sehari untuk mengeluarkan lemak makanan mbak, ayo semangat lakukan GERMAS :)

      Delete
  5. sekarang aku juga banyak makan sayur dan buah dan olahraga ringan jalan kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan agak langsing, ternyata oh ternyata makan sayur dan buah serta jalan kaki, sip mbak Tika Soekardi :)

      Delete
  6. hidup sehat itu mudah y mba hanya saja butuh komitmen buat jalaninnyaa agar selalu konsisten :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat itu memang mudah, murah asalkan lakukan GERMAS, Cek kesehatan rutin dan makan sayur serta buah :)

      Delete
  7. iya mbak setuju tiap hari harus makan sayur ma buah ya.untunglah aku termasuk orang yg membiasakan itu ke keluarga.klo enggak mau sayur malah tak paksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat mbak Prana Ningrum sudah membiasaka makan sayur dan buat yang telah diterapkan di keluarga , sukses selalu mbak :)

      Delete
  8. Aku juga dukung Gerakan Hidup sehat, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Rach Alida , tinggal cek kesehatan rutin sama makan sayur dan buah :)

      Delete
  9. Sekarang memang lagi gencar2nya gizi seimbang, ya. Ayo Indonesia sehat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat itu harus berbagi info agar masyarakat juga mengenal gerakan GERMAS, agar Indonesia kuat dan sehat :)

      Delete
  10. Alhamdulillah saya suka sayur dan buah, tapi anak2 kurang suka hehe masalah khas emak2 memang ya TFS infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantesan Mbak April Hamsa badannya langsing ternyata makan sayur dan buah, terapkan juga dong pada anak agar sukan buah dan sayur :)

      Delete
  11. Makasih makk.. btw itu beneran foto para emak2 blogger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan emak2blogger, tetapi para blogger yang ikut kegiatan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

      Delete