Sunday, 11 December 2016

Ubi Ungu Sebagai MPASI Super


SUN Ubi Ungu
Sebagai ibu yang baik kita harus memperhatikan asupan gizi pada anak. Pembentukan otak sangatlah penting dalam masa tumbuh kembang bayi, oleh sebab itu usia 6 bulan pertama, asupan gizi dapat terpenuhi oleh Air Susu Ibu, karena ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Di dalam kandungan ASI selain nutrisi juga terdapat zat imun yang penting bagi daya tahan tubuh. Namun setelah usia 6–12 bulan kebutuhan ASI menurun menjadi 70%, dan usia 12–24 bulan menjadi 30%, oleh sebab itu sisihkan waktumu untuk memberi perhatian pada anak, hanya 6 hingga 24 bulan saja kita harus memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang padat gizi untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan dapat tumbuh optimal.

MPASI berkualitas itu seperti apa?
Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir itu hanya bisa menghisap dan menelan. Setelah 6 bulan lidah bayi baru bisa menjulur kedepan dan melempar makanan ke belakang lalu ditelan. Boleh saja MPASI dibuat sendiri asalkan lengkap dengan asupan gizi yang cukup seperti karbohidrat, zat pembangun hewan nabati, pengatur sayuran dan buah-buahan. Disamping itu kita perlu memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan, selain mengandung zat gizi makro, perlu dilengkapi dengan zat gizi mikro.    
Namun jika memang ingin menggunakan MPASI yang diolah oleh Industri pangan harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), dimana produksi MPASI wajib menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).  
Bagaimana mengenali kesiapan bayi untuk mengkonsumsi makanan padat?
*  Kontrol kepala tetap tegak dan stabil jika bayi didudukkan.
*  Reflex menjulurkan lidah ketika melihat makanan.
*  Selera makan meningkat.
*  Tertarik ingin tahu apa yang kita makan dan mulai menatap mangkok makanan dan mencoba meraih makanan yang sedang kita suap.
Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan , Dr. Julistio Tryoga , Desi Hendradiani
Memahami pentingnya periode kritis untuk tumbuh kembang bayi, kini PT. Indofood CBP Sukses Makmur tbk telah meluncurkan SUN Ubi Ungu Sebagai MPASI fortifikasi dengan varian rasa Ubi Ungu pertama di Indonesia. Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS., sebagai guru besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa Ubi Ungu adalah salah satu bahan pangan lokal yang tergolong superfood karena mengandung betakaroten dan antosianin yang berperan penting mendongkrak otak kepala dan otak pencernaan kesehatan tubuh berkualitas. Ubi Ungu mengandung antosianin sebagai antioksidan alami untuk mendukung daya tahan tubuh Adek Bayi, karena Ubi Ungu merupakan sumber serat  pangan, tinggi zink mengandung 11 vitamin dan 7 mineral yang baik untuk kesehatan. 

Teknologi Indofood dalam pengeringan Ubi Ungu menggunakan Dream Drying, dimana fungsi dream drying itu untuk mengurangi kadar air dengan waktu beberapa detik saja sehingga kadar gizi yang ada di produk SUN bisa dipertanggung jawabkan. Brand SUN telah mempersembahkan "Kasih SUN" kepada ibu selama 25 tahun dalam hal pemenuhan gizi anak Indonesia. 
Ini dia Demo masak dalam acara Blogger Gathering di Coffe Beranda pada tanggal 8 Desember 2016 besama Chef Giovanni :
1. SUN Ubi Ungu with Mix Fruits
Bahan-bahannya :
·         40 gr bubur SUN
·         200 ml ASI perah / air panas
·         1 buah Sunkist Orange
·         1 buah Naga Merah
·         1 pack Strawberry
·         10 buah Anggur
Cara Pembuatan :
Sunkist Orange, buah Naga Merah, dan Strawberry di blender, masing-masing buah diblender terpisah. Kemudian 2 sendok Sun Ubi Ungu dicampur dengan ASI perah / air panas lalu aduk hingga merata. Setelah itu masukkan SUN Ubi Ungu yang sudah dilarutkan ke dalam mangkok gelas kecil sambil diketuk-ketuk agar padat, lalu taburkan Sunkist Orange yg sudah diblender, disambung dengan buah Naga Merah dan Strawberry yang terakhir dihiasi dengan anggur yang telah dipotong sebagai hiasan. Inilah MPASI SUN Ubi Ungu with Mix Fruits :    

SUN Ubi Ungu with Mix Fruits

2. SUN Ubi Ungu with Sweet Corn Creamy Soup.
Bahan-bahannya :
* 40 gr bubur SUN
* 200 ml air panas
* 1 buah Jagung rebus
* 1 sdt bawang putih yang sudah dicincang.
* 2 sdm tepung maizena.
* 100 ml ASI perah.
Cara Membuatnya :
2 sdm tepung maizena dilarutkan  dengan 100 ml ASI perah, kemudian 1sdt bawang putih ditumis tanpa minyak goreng, setelah harum masukkan larutan tepung maizena aduk hingga merata, ambil jagung rebus lalu parut, kemudian dimasukkan kedalan adonan tepung maizena aduk hingga mengental dan angkat. 40gr bubur SUN dicampur dengan air panas lalu aduk hingga merata, kemudian masukkan kedalam mangkok gelas sambil diketuk-ketuk agar padat, lalu taburkan adonan tepung maizena . Jadi deh sajian Sun Ubi Ungu with Sweet Corn Creamy Soup.

SUN Ubi Ungu with Sweet Corn Creamy Soup
Didalam komposisi SUN terdapat Beras dan Ubi Ungu 34%, Gula dan Susu Bubuk SKIM 8%, Minyak Nabati (mengandung antioksidan serta campuran tokoferol), Inulin, Lisin, Pemix Vitamin, 7 Mineral DHA (mengandung antioksidan natrium askorbat dan tokoferol).

Yuk kita berburu SUN Ubi Ungu, karena bubur sereal susu ini, bisa divariasikan dengan berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Selain buah Naga Merah dan Strawberry, bisa juga di variasikan dengan Labu Kuning yang kaya akan vitamin A sehingga bisa meyehatkan mata Adek Bayi. Selamat mencoba !!!, pastinya mengandung gizi seimbang.    

Salam Blogger
Sumiyati Sapriasih
Email : sumiyatisapriasih@yahoo.com
 

2 comments:

  1. Reportasenya oke Bu, Terima kasih. Maski saya tak lagi punya baby yang perlu MPASI..Tapi produk ini bisa direkomendasikan buat teman yang membutuhkan :)

    ReplyDelete
  2. Wah ubi ungu? cita rasa asli Indonesia tu :D

    ReplyDelete